Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Soal (Essay) Filsafat Administrasi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian/Esai) Materi Filsafat Administrasi 

1. Tuliskan pengertian filsafat administrasi menurut H. Makmur !

2. Bagaimana korelasi filsafat dan administrasi?

3. Mengapa perlunya filsafat administrasi?

4. Jelaskan filsafat administrasi secara aksiologis !

5. Tuliskan filsafat administrasi secara epistemologi !

6. Tuliskan filsafat administrasi secara fenomenologis !

7. Jelaskan filsafat administrasi secara ontologis !

8. Jelaskan pengertian filsafat administrasi menurut H. Rahmat !

Kunci Jawaban

1. Pengertian filsafat administrasi menurut H. Makmur:
Filsafat administrasi adalah proses berpikir secara matang, berstruktur, dan mendalam terhadap hakikat dan makna yang terkandung dalam materi ilmu administrasi. Memang disadari atau tidak, sesungguhnya ilmu administrasi memfokuskan diri terhadap aspek manusia, terutama pelaksanaan aktivitas, dilakukan secara kerja sama. Dalam mewujudkan kerja sama, diperlukan kematangan pengaturan dan ketertiban dalam keteraturan agar upaya pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dapat terwujud dengan baik dan memuaskan dari seluruh yang terlihat.

2. Korelasi filsafat dan administrasi:
Berfilsafat merupakan rangkaian kegiatan atau aktivitas dengan menggunakan pemikiran dan perasaan manusia. ... Dapat dipahami bahwa korelasi antara filsafat dengan administrasi terletak pada bidang kajiannya, yaitu sama-sama mengkaji tentang manusia dan masyarakat

3. Perlunya filsafat administrasi
Pentingnya Sarjana Administrasi Publik mempelajari filsafat administrasi adalah : ... Filsafat membantu kita untuk berpikir dan, dengan demikian, kita akan dipandu untuk memahami dunia bersama misteri-misterinya, dunia seakan menjadi gamblang dengan permasalahan-permasalahnnya.

4. Adapun dilihat secara aksiologis, fokus kajian administrasi berkaitan dengan manfaat administrasi secara pragmatis yang berkaitan dengan kehidupan ketatausahaan, pengorganisasian, pelimpahan wewenang, dan kerja sama dalam melaksanakan tugas perkantoran ataupun organisasi demi tercapainya tujuan.

5. Dalam perspektif epistemologi, pengkajian administrasi menekankan pada penggalian sumber pengetahuan administrasi, dilihat dari perkembangan administrasi, hingga administrasi sebagai ilmu yang dapat diteliti dan diterapkan dalam kehidupan manusia.

6. Secara fenomenologis, komunitas dengan organisasi sangat sulit dibedakan.Hal semacam inilah merupakan keajaiban ilmu pengetahuan, dimana pandangan ilmuwan administrasi lebih populer dengan menggunakan istilah organisasi, sedangkan bagi ilmuwan sosiologi lebih populer dengan menggunakan istilah komunitas masyarakat.

7. Filsafat administrasi adalah pemikiran mendalam, logis, sistematis, rasional, dan radikal dalam mendalami administrasi secara teoretis dan praktis.

8. Filsafat administrasi mengkaji secara kontemplatif hakikat administrasi yang di dalamnya terdapat kajian hakikat organisasi, hakikat kepemimpinan, hakikat tugas dan kewajiban administrator, dan hakikat kerja sama dalam menerapkan prinsip-prinsip administrasi dan sistem pengelolaannya.