Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

120 Ucapan Terima Kasih untuk Guru

Ucapan Terima Kasih buat Guru 

1. Aku bisa tahu akan sesuatu dan mendapatkan sebuah ilmu karena seseorang telah mengajarkan dan memberitahukan kepadaku. Terima kasih Guru.

2. Aku tahu betapa besar jasa-jasamu kepadaku yang telah mendidikku selama ini. Aku tak mampu membalasnya hanya ucapan terima kasih setulus hati dan doa. Semoga panjang umur selalu dan bahagia wahai para guruku!

3. Apa yang ingin dipelajari murid sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan guru. Terima kasih.

4. Apa yang sudah Anda lakukan selama ini begitu berguna bagi saya. Saya tidak mampu membalas kebaikan Anda. Saya hanya bisa mengucapkan terimakasih dan biarkan Tuhan yang membalasnya.

5. Bapak / Ibu adalah guru favorit saya karena suatu alasan. Bapak / Ibu selalu tahu bagaimana membuat saya tersenyum. Terima kasih banyak!

6. Bapak / Ibu benar-benar seorang guru yang fenomenal. Terima kasih telah bekerja ekstra keras untuk membantu saya berada di jalur kesuksesan!

7. Bapak / Ibu benar-benar seorang guru yang luar biasa! Terima kasih banyak untuk semua hari yang penuh kegembiraan dan pelajaran tak ternilai yang telah Bapak / Ibu bagikan dengan saya! Tolong jangan pernah berubah!

8. Bapak / Ibu melakukan lebih dari mempersiapkan saya secara akademis, Bapak / Ibu mempersiapkan saya untuk hidup. Terima kasih atas semua pelajaran yang telah Bapak / Ibu ajarkan kepada saya. Saya akan mengingat Bapak / Ibu dan ilmu-ilmu yang telah Bapak / Ibu ajarkan kepada saya selamanya. Terima kasih Guru.

9. Bapak / Ibu mengharapkan saya untuk berhasil, dan ini memotivasi saya untuk terus berusaha sampai saya berhasil. Bapak / Ibu menetapkan standar yang tinggi, dan saya belajar lebih banyak daripada yang saya kira. Bapak / Ibu mengajari saya bahwa saya lebih pintar dari yang saya kira dan kegagalan itu baik-baik saja selama saya bangkit dan mencoba lagi. Terima kasih sudah percaya padaku.

10. Bapak / Ibu selalu melakukan yang terbaik untuk kami, dan kami sangat berterima kasih. Terima kasih telah menjadi guru yang fenomenal dan membuat semester ini sangat menyenangkan!

11. Bapak / Ibu tampaknya memiliki cara untuk membaca diri saya seperti sebuah buku terbuka (maksudnya kira-kira mereka mengetahui bagaimana perasaanmu yang sebenarnya) dan mengetahui ketika ada sesuatu yang salah. Saya selalu tahu bahwa Bapak / Ibu benar-benar menyayangi saya dan bahwa saya dapat pergi kepada Bapak / Ibu dengan masalah saya. Bapak / Ibu selalu punya waktu untuk saya. Saya beruntung memiliki Bapak / Ibu dalam hidup saya. Bapak / Ibu adalah guru yang luar biasa dan orang yang luar biasa. Terima kasih.

12. Bapak / Ibu telah mengajari saya banyak hal yang tak ternilai. Melalui rintangan dan hari-hari sulit, Bapak / Ibu tetap memiliki kepala yang dingin dan hati yang hangat. Saya benar-benar dan tulus berterima kasih.

13. Bekal yang diterima peserta didik pertama kali adalah bekal kepercayaan diri, guru engkau yang telah mengajariku percaya diri hingga kini aku menjadi orang yang sukses. Terima kasih, Pak/Bu guru.

14. Dalam banyak hal, Bapak / Ibu telah melampaui kemampuan siswa Bapak / Ibu. Dari membelikan kami persediaan tambahan hingga membimbing kami setelah kelas selesai, Bapak / Ibu benar-benar peduli untuk memberi kami yang terbaik. Terima kasih dari lubuk hati kami.

15. Dear Guru. Terimakasih telah membuat kamu seperti sekarang ini.

16. Dengan bantuan Bapak / Ibu, saya sangat bangga dengan semua yang telah saya capai. Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa

17. Di bawah bimbingan Bapak / Ibu, saya tidak hanya menjadi siswa yang lebih baik, tetapi juga menjadi anak, saudara, dan teman yang lebih baik. Terima kasih telah membantu saya tumbuh.

18. Dibutuhkan banyak hal untuk membimbing begitu banyak siswa, tetapi saya dapat berbicara atas nama semua siswa dengan mengatakan bahwa pengaruh Bapak / Ibu terhadap kehidupan kita sangat besar. Terima kasih telah menjadi guru, pendukung, dan teman yang luar biasa.

19. Dibutuhkan kesabaran, daya tahan, dan bakat untuk menjadi seorang guru, tetapi Bapak / Ibu membuatnya terlihat begitu mudah hari demi hari. Saya harap Bapak / Ibu tahu betapa kami semua menghargai Bapak / Ibu.

20. Guru ,engkau bagaikan setitik secahaya di gelapan, walaupun sinarmu kecil tapi cahayamu mampu menerangi gelapan, begitu lah perumpamaan dahsyatnya kebaikan yang telah kau berikan untuk dunia pendidikan agar lebih baik lagi. Terima kasih guruku, tanpamu apa jadinya aku.

21. Guru adalah lentera hidup. Pahlawan tanpa tanda jasa, terima kasih guru, karena jasamu kini aku bisa menatap dunia dan membahagiakan orang tuaku.

22. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bukan karena tidak berjasa, tapi karena kita tidak bisa membalas jasanya. Terima kasih guru.

23. Guru adalah pahlawan yang membimbing anak-anak Indonesia untuk menjadi penerus Bangsa yang berprestasi. Terima kasih atas kesabaranmu, keikhlasanmu, dan keteguhanmu dalam membimbing kami.

24. Guru biasa memberitahukan, Guru baik menjelaskan, Guru ulung memeragakan, Guru hebat mengilhami.

25. Guru memang bukan orang hebat, tapi semua orang hebat adalah berkat dari jasa seorang guru. Terima kasih guru.

26. Guru saya yang luar biasa dan satu-satunya, terima kasih banyak atas semua pengetahuan dan bimbingan yang telah Bapak / Ibu bagikan dengan murah hati kepada saya. Saya akan selamanya berterima kasih atas semua peran yang telah Bapak / Ibu mainkan dalam hidup saya. Terima kasih banyak!

27. Guru seperti lilin, yang menghabiskan dirinya sendiri untuk mencerahkan kehidupan orang lain.

28. Guru siap dikritik jika salah dan tidak dipuji, meski berbuat benar. Terima kasih wahai para guru.

29. Guru siap dikritik jika salah dan tidak dipuji, meski berbuat benar. Terima kasih wahai para guru.

30. Guru siap dikritik jika salah. Dan tidak dipuji meskipun berbuat benar. Terima kasih.

31. Guru yang baik itu membuat siswa bodoh menjadi cerdas dan membuat siswa cerdas menjadi lebih cerdas.

32. Guru yang baik itu sabar, baik hati, dan bijaksana. Bapak / Ibu telah menjadi semua ini dan lebih bagi saya. Terima kasih!

33. Guru yang baik tidak pernah bilang muridnya bodoh; tapi guru yang baik selalu bilang, ‘Muridku belum bisa

34. Guru yang berhasil adalah guru yang mampu mengantarkan muridnya lebih berhasil darinya. Terima kasih.

35. Guru, engkau adalah pelita dalam kegelapan.

36. Guru, jasamu sangatlah besar, tidak ada kata lain selain ucapan terima kasihku kepadamu Bapak/Ibu guru. Jasamu sangatlah berarti dan tak akan terganti.

37. Guruku, engkau cahaya yang selalu menerangi setiap kegelapan. Semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan.

38. Guruku… Pelita dalam kegelapan, maafkan diriku yang belum mampu membalas jasamu. Terima kasih dari hati yang terdalam atas semua kebaikanmu

39. Ilmu yang telah engkau ajarkan adalah hadiah paling indah yang pernah engkau berikan, Terima kasih guru.

40. Jangan lelah untuk membimbing siswa mu ini, Pak. Aku akan berusaha lebih giat belajar untuk membuatmu bangga.

41. Jasa-jasamu sangat mulia sekali, engkau adalah guru terbaik yang pernah aku temui. Nasihat dan juga bimbingan darimu akan selalu aku ingat selama-lamanya. Semoga Allah SWT selalu melindungimu.

42. Jika ditanya pekerjaan apa yang paling mulia, tentu jawabannya adalah guru. Mereka yang membantu mendidik dan mencerdaskan kehidupan manusia. Terima kasih guru.

43. Jika saya mendapat kehormatan untuk mengajar, saya akan berusaha melakukannya sesempurna yang Bapak / Ibu miliki! Terima kasih telah menjadi guru terhebat yang pernah saya temui dengan senang hati! Bapak / Ibu memang yang terbaik.

44. Jika saya sukses nanti, semua itu bukan karena usaha saya sendiri, tetapi karena Bapak dan Ibu Guru.

45. Kami selalu bersyukur atas apa yang diberikan kepada kami. Guru bukan hanya mengajar kami, akan tetapi juga membimbing kami. Terima kasih wahai para Guru.

46. Kami selalu bersyukur atas apa yang diberikan kepada kami. Guru bukan hanya mengajar kami, akan tetapi juga membimbing kami. Terima kasih wahai para Guru."

47. Kami selalu bersyukur atas apa yang diberikan kepada kami. Guru bukan hanya mengajar kami, akan tetapi juga membimbing kami. Terima kasih wahai para Guru.

48. Kami semua sangat beruntung memiliki guru seperti Bapak / Ibu yang membuat belajar menjadi sangat menyenangkan. Terima kasih atas semua hal luar biasa yang Bapak / Ibu lakukan!

49. Karena berkat jasamu, ke manapun saya pergi dan di manapun saya berada, jasamu kan selalu aku kenang. Terima kasih wahai Bapak/Ibu guru

50. Karena seorang guru pun selalu mengajarkan kita untuk menghafal dan mengingat, bukan untuk melupakan. Terimakasih Guru.

51. Kelas Bapak / Ibu adalah favorit saya sepanjang semester, dan saya sangat berterima kasih atas pendekatan Bapak / Ibu yang menyenangkan dan menarik. Itu membuat pelajaran menjadi menarik dan membuat saya ingin belajar. Terima kasih telah menjadi guru terbaik untuk saya.

52. Kepada seorang pemimpin yang luar biasa, seorang mentor yang luar biasa dan seorang guru yang tak tertandingi. Terima kasih saya untuk Bapak / Ibu hari ini, dan selamanya setelahnya. Terima kasih atas semua yang Bapak / Ibu lakukan.

53. Kesabaran dan keikhlasanmu menjadikan ilmu bermanfaat bagi kami. Terima kasih Guru.

54. Ketika saya besar nanti, saya harap saya mencintai pekerjaan saya seperti Bapak / Ibu mencintai pekerjaan Bapak / Ibu. Terima kasih telah menjadi panutan terbesar saya.

55. Kini kusadari, tiada pemberian yang sangat berarti setelah kasih sayang orang tua yaitu pemberian jasa Bapak/Ibu guru yang tiada tara.

56. Maaf kalau tindakan kami seperti tidak menghargai ibu ketika sedang belajar. Kami harap Ibu mau memaafkan kami, dan Ibu jangan bosan mengajari kami. Sebab, tanpa guru kami tidak akan memiliki karakter serta ilmu. Terima kasih, Bu Guru.

57. Maafkan aku yang masih belum maksimal dalam mengamalkan segala hal yang telah aku pelajari dari guru-guruku. Terima kasih untuk ilmunya dan aku masih akan terus berusaha.

58. Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang yang hebat. Terima kasih guru.

59. Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang yang hebat.

60. Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang yang hebat. Terimakasih Guru.

61. Pendidikan adalah kunci kemajuan suatu bangsa, dan guru adalah pejuang-pejuangnya. Terimakasih untuk semua pengabdianmu.

62. Pengetahuan dan kecerdasan saya jauh lebih berkembang dan lengkap berkat Bapak / Ibu. Hati saya mengungkapkan rasa terima kasih untuk Bapak / Ibu, hari ini dan untuk selamanya. Terimakasih banyak!

63. Penghargaan saya untuk memiliki Bapak / Ibu sebagai guru saya melampaui kata-kata! Bapak / Ibu selalu menjadi seseorang yang saya hormati dan ikuti teladannya. Tetap luar biasa!

64. Saat saya datang ke sekolah dan melihat Bapak / Ibu, saya tahu ini akan menjadi hari yang baik. Terima kasih telah menjadi guru yang suportif dan berdedikasi.

65. Saya jarang memiliki kesempatan untuk memiliki panutan yang luar biasa seperti Bapak / Ibu dalam hidup saya. Bapak / Ibu telah menjadi sumber pengetahuan dan inspirasi saya. Saya tidak bisa cukup berterima kasih atas semua hal luar biasa yang telah Bapak / Ibu ajarkan kepada saya! Bapak / Ibu telah menjadi anugerah dalam hidup saya.

66. Saya merasa sangat beruntung memiliki guru seperti Bapak / Ibu. Terima kasih telah membantu saya untuk mengekspresikan sisi kreatif saya dan keluar dari cangkang saya. Bapak / Ibu telah memberi saya kepercayaan diri yang tak ternilai harganya!

67. Saya merasa sangat beruntung memiliki seorang guru yang menunjukkan semua perhatian, pengertian, dan kesabaran yang Bapak / Ibu lakukan. Terimakasih untuk semuanya.

68. Saya sangat bersyukur Bapak / Ibu adalah guru saya. Bapak / Ibu menumbuhkan dalam diri saya cinta untuk belajar dan membuka dunia kesempatan bagi saya. Terima kasih telah menempatkan saya di jalan menuju kesuksesan!

69. Saya sangat bersyukur memiliki hak istimewa menjadi murid Bapak / Ibu. Bapak / Ibu adalah guru terbaik yang pernah saya miliki!

70. Saya tahu Bapak / Ibu ingin melihat saya sukses, dan itulah mengapa Bapak / Ibu memberi tahu saya untuk terus berusaha bahkan ketika saya ingin menyerah. Terima kasih, guru, karena telah mempercayai saya.

71. Saya telah menjadi salah satu siswa paling beruntung di muka Bumi ini karena memiliki Bapak / Ibu sebagai guru saya yang fenomenal! Saya berterima kasih dengan sepenuh hati. Saya tidak ingin mendoakan apa pun selain yang terbaik untuk kedepannya, dan saya tidak akan pernah melupakan Bapak / Ibu!

72. Saya tidak berpikir saya bisa melewati tahun ini tanpa Bapak / Ibu. Ketika saya sangat membutuhkannya, Bapak / Ibu ada di sana untuk membantu. Terima kasih atas semua bimbingan dan dukungannya.

73. Saya tidak mungkin membuat daftar semua hal yang telah Bapak / Ibu ajarkan kepada saya, tetapi yang paling penting adalah Bapak / Ibu telah mengajari saya untuk menjadi orang baik, dan saya akan membawanya seumur hidup. Terima kasih telah menjadi inspirasi saya.

74. Sebagai guru, Bapak / Ibu benar-benar yang terbaik! Terima kasih telah mengetahui cara memotivasi dan menyemangati kami. Kami sangat menghargai Bapak / Ibu!

75. Sebagai orang tua, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada guru-guru yang telah mendidik anak anak menjadi pribadi yang baik, berbekal kepercayaan diri yang sangat cukup, dan saya bisa berbangga dengan apa yang diraih anak saya, ini semua berkat kerja kerasmu wahai Bapak/Ibu guru.

76. Semangat Bapak / Ibu untuk apa yang Bapak / Ibu lakukan telah membantu saya menemukan minat saya sendiri. Terima kasih telah menjadi inspirasi bagi saya.

77. Semua keluh kesah yang Kau utarakan pada kami adalah bukti bahwa Kau sangat peduli. Terima kasih, Bu Guru.

78. Seorang guru itu adalah orang mengajarkan kemudahan bukan itu menjelaskan kerumitan.

79. Seorang guru itu adalah orang yang mengajar untuk menciptakan semua profesi.

80. Seorang guru seperti Bapak / Ibu benar-benar sebuah anugerah. Terima kasih telah membantu saya untuk percaya pada diri sendiri dan keluar dari cangkang saya tahun ini.

81. Seorang guru yang jujur harus berniat agar muridnya lebih pintar darinya, dan seorang murid yang jujur juga harus mengakui kepintaran gurunya.

82. Seorang guru, sejatinya juga seorang murid, ia belajar banyak hal, karena tak seorang pun yang bisa mengerti semua hal di dunia ini.

83. Setiap pertanyaan yang saya miliki, bahkan yang konyol, Bapak / Ibu memiliki jawabannya. Terima kasih telah menjadi guru yang sabar.

84. Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. siapa yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar.

85. Terima kasih atas bimbingan dan ilmunya yang bermanfaat, amal kalian akan terus mengalir seiring dengan bermanfaatnya ilmu yang engkau berikan.

86. Terima kasih atas segala yg engkau korbankan untuk kami bu guru. Demi kami menjadi pribadi yang kuat dan bertanggung jawab. Bukan hanya untuk diri kami sendiri, tetapi untuk bangsa dan negri ini.

87. Terima kasih banyak guruku tercinta berkat jasamu kini aku bisa mengetahui berbagai hal yang telah engkau ajarkan, jasamu sangatlah besar untuk mencerdaskan anak bangsa, engkau tanpa letih selalu mengajarkan banyak kebaikan kepada para murid yang haus akan ilmu.

88. Terima kasih banyak karena telah berada di sana dan membimbing saya bahkan melalui situasi yang paling sulit. Bapak / Ibu benar-benar guru paling spektakuler sepanjang masa. Saya selamanya dalam rasa terima kasih Bapak / Ibu dan akan selalu mengingat Bapak / Ibu.

89. Terima kasih Bapak dan Ibu Guru, yang selalu sabar membimbing dan membekali berjuta ilmu pada kami, untuk kami menjadi generasi bangsa yang mampu menjaga serta membangun masa depan pribadi, keluarga, maupun untuk negara kita ini.

90. Terima kasih buat semua guruku dan guru kehidupan, yang telah mendidik dan membentuk aku menjadi seperti ini

91. Terima kasih guru-guruku. Pengetahuanku terbatas, ketidaktahuanku sungguh tak terbatas.

92. Terima kasih guruku yang telah memberiku berjuta pengalaman hidup dan berjuta ilmu pengetahuan.

93. Terima kasih karena selalu mendorong saya untuk menjadi yang terbaik. Semester ini telah menjadi favorit saya sejak lama, dan saya sangat beruntung memiliki Bapak / Ibu sebagai guru!

94. Terima kasih kepada setiap guru di seluruh pelosok Indonesia, terima kasih atas ilmu yang engkau berikan kepada kami. Maaf dari kami murid-muridmu yang dahulu belum mampu mengerti perjuangan dan pengorbananmu dalam memberikan pendidikan yang baik kepada kami.

95. Terima kasih telah mempercayai saya ketika tidak ada orang lain yang percaya. Saya menjadi orang yang jauh lebih baik karena Bapak / Ibu. Terima kasih, guru.

96. Terima kasih telah mengajari saya untuk mengekspresikan diri dan bekerja di luar zona nyaman saya. Saya beruntung berada di kelas Bapak / Ibu!

97. Terima kasih telah menginspirasi saya untuk menjadi yang terbaik, dan selalu ada untuk membimbing saya ketika saya membutuhkan bantuan. Memiliki Bapak / Ibu dalam hidup saya membuka mata saya pada kekuatan batin saya sendiri dan telah memotivasi saya untuk menjadi lebih baik dan berbuat lebih banyak. Bapak / Ibu telah menjadi guru pelajaran yang luar biasa baik di dalam maupun di luar kelas. Saya tidak pernah bisa cukup berterima kasih.

98. Terima kasih telah menjadi guru dan mentor, dan selalu mengharapkan saya menjadi yang terbaik!

99. Terima kasih telah menjadi guru favorit saya! Energi, humor, dan kasih sayang Bapak / Ibu adalah yang membuat semua perbedaan bagi saya.

100. Terima kasih telah menjadi guru terbaik di dunia. Bapak / Ibu telah mengilhami saya untuk giat belajar dan membuat saya merasa seperti saya bisa bertanya apa pun kepada Bapak / Ibu. Bapak / Ibu selalu memiliki kesabaran untuk setiap pertanyaan yang saya ajukan sewaktu belajar dan tahu bagaimana menjelaskan jawabannya. Kenangan indah saya saat di kelas Bapak / Ibu akan bertahan seumur hidup.

101. Terima kasih telah menjadi guru terbaik yang pernah saya minta. Bimbingan dan nasihat Bapak / Ibu membantu membuat saya menjadi siswa yang lebih kuat!

102. Terima kasih telah menjadi guru yang benar-benar luar biasa. Semangat Bapak / Ibu untuk mengajar dan dedikasi Bapak / Ibu kepada siswa terlihat jelas dalam segala hal yang Bapak / Ibu lakukan. Saya merasa sangat beruntung telah dimasukkan ke dalam kelas Bapak / Ibu. Saya harap Bapak / Ibu tahu dampak tak ternilai yang Bapak / Ibu buat dalam banyak kehidupan.

103. Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa! Bapak / Ibu benar-benar menginspirasi saya dan saya sangat bersyukur menjadi murid Bapak / Ibu!

104. Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa. Kesabaran dan usaha ekstra Bapak / Ibu sangat membantu kami untuk sukses.

105. Terima kasih telah menjadi lentera penerang kegelapan bagi kami.

106. Terima kasih telah menjadi tipe guru yang menginspirasi kami untuk menjadi yang terbaik. Kelas Bapak / Ibu adalah favorit kami semester ini!

107. Terima kasih telah merayakan pencapaian saya setahun terakhir ini dan membuat saya merasa seperti seorang bintang. Saya selalu merasa sangat bahagia ketika Bapak / Ibu bangga dengan saya. Bapak / Ibu akan selalu memiliki tempat khusus di hati saya. Terima kasih telah menjadi guru saya.

108. Terima kasih telah sabar mendidikku dan tak pernah lelah membagikan ilmumu kepadaku.

109. Terima kasih untuk ilmu-ilmu yang kau berikan pahlawan tanpa tanda jasaku.

110. Terima kasih untuk para guru yang telah menempa diri ini, Tanpa engkau, diri ini tak akan pernah mencapai sesuatu yang berharga di dunia ini.

111. Terima kasih untuk para guru yang telah menempa diri ini, Tanpa engkau, diri ini tak akan pernah mencapai sesuatu yang berharga di dunia ini.

112. Terima kasih wahai para guru kamu, karena engkaulah kami dapat membuka jendela dunia.

113. Terimakasih guru-guruku. Pengetahuanku terbatas, ketidaktahuanku sungguh tak terbatas.

114. Terimakasih karena engkaulah kami dapat membuka jendela dunia.

115. Terimakasih untukmu Bapak/Ibu guru, jasamu tak kan kulupakan. Perjuanganmu kan kulanjutkan. Cita-cita dan harapanmu kan kuwujudkan.

116. Tiada arti hidupku sekarang tanpa bimbingan darimu, engkau yang telah menunjukkan kepadaku mana hal yang benar dan mana hal yang salah, hingga kini aku menjadi sosok yang pantas untuk dikagumi. Terima kasih Bapak/Ibu guru.

117. Untuk guru yang mulia, jasa kalian akan selalu kami kenang, tetaplah menjadi pelita untuk anak bangsa. Terima kasih atas apa yang kalian berikan pada kami, baik itu ilmu, pembelajaran, dan harapan semangat.

118. Untuk guru yang mulia, jasa kalian akan selalu kami kenang, tetaplah menjadi pelita untuk anak bangsa. Terima kasih atas apa yang kalian berikan pada kami, baik itu ilmu, pembelajaran, dan harapan semangat.

119. Untuk guru-guruku tersayang, Semoga amal kalian jariah, jutaan orang kau bekali ilmu, meski tak semua bisa menggugu. Tapi, kau tetap berjuang karena itu tugasmu. Terima kasihku dari anak dan sekaligus muridmu.

120. Wahai Bapak/Ibu guruku, dalam hati terdalamku tiada untaian kata selain kata terima kasih untuk semua jasa yang telah kau berikan kepadaku.