Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

34 Soal (Essay) Membaca Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Membaca

1. Jelaskan tentang membaca Intensif!

Jawaban:
Membaca intensif adalah studi saksama, telaah, teliti, dan penanganan terperinci yang dilaksanakn di dalam kelas terhdap suatu tugas yang pendek kira-kira dua sampai empat halaman setiap hari. Membaca intensif dibedakan atas membaca telaah isi dan membaca telaah bahasa.


2. Jelaskan tentang membaca teliti!

Jawaban:
Membaca jenis ini sama pentingnya dengan membaca sekilas, maka sering kali seseorang perlu membca dengan teliti bahan-bahan yang disukai.


3. Jelaskan tentang membaca pemahaman (reading for understanding) !

Jawaban:
Sejenis membaca yang bertujuan untuk memahami tentang standar-standar/norma-norma kesastraan (literary standards), resensi kritis (critical review), dan pola-pola fiksi (patterns of fiction).


4. Jelaskan tentang membaca kritis!

Jawaban:
Kegiatan membaca yang dilakukan secara bijaksana, mendalam, evaluatif, dengan tujuan untuk menemukan keseluruhan bahan bacaan, baik makna baris-baris, makna antar baris.


5. Jelaskan tentang membaca ide!

Jawaban:
Sejenis kegiatan membaca yang ingin mencari, memperoleh, serta memanfaatkn ide-ide yang terdapat pada bacaan.


6. Jelaskan tentang membaca kreatif!

Jawaban:
Kegiatan membca yang tidak hanya sekedar menangkap makna tersurat, makna antar baris, tetapi mampu jg secara kreatif menerapkn hsil membacanya untuk kehidpn sehari-hari.Membaca telaah bahasa


7. Jelaskan tentang membaca Bahasa (Foreign Language Reading)!

Jawaban:
Tujuan utama membaca bahasa adalah memperbesar daya kata (increasing word power) dan mengembangkan kosakata (developing vocabulary).


8. Jelaskan tentang membaca Sastra (Literary Reading)!

Jawaban:
Dalam membaca sastra perhatian pembaca harus dipusatkan pada penggunaan bahasa dalam karya sastra. Membagi membaca berdasarkan tingkatannya menjadi empat jenis, yaitu membaca permulaan, membaca inspeksional, membaca analitis, dan membaca sintopikal.


9. Jelaskan tentang membaca Kilat (Skimming) !

Jawaban:
Membaca yang mengutamakan esensi materi bacaan, tanpa membaca keseluruhan isi bacaan tersbut. Tujuan membaca ini ialah menangkap seperangkat ide pokok, mendapatkan informasi yang penting dalam waktu singkat dan terbatas, dan menemukan pandangan/sikap penulis.


10. Jelaskan tentang membaca cepat (Speed Reading)!

Jawaban:
Membaca dengan kecepatan tinggi, hanya membaca kalimat demi kalimat dan paragaraf bukan per kata. Tujuannya memperoleh informasi, gagasan utama, dan penjelasan dari suatu bacaan dalam waktu yang singkat.


11. Jelaskan tentang membaca studi (Careful Reading)!

Jawaban:
Membaca yang dilakukan untuk memahami, mempelajari, dan meneliti suatu persoalan.


12. Jelaskan tentang membaca refleksi (Reflektive Reading)!

Jawaban:
Membaca untuk mendapatkan informasi yang terperinci lalu mengaplikasikannya. Contohnya membaca menu masakan.