Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Essay) Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia

1. Tuliskan ciri-ciri feature!

Jawaban:
Beberapa ciri feature yaitu adanya unsur: kreativitas, subjektivitas, informatif, dan menghibur.


2. Jelaskan tentang artikel majalah sekolah dan majalah dinding!

Jawaban:
Artikel majalah sekolah dan majalah dinding adalah tulisan yang dimuat di majalah sekolah dan majalah dinding yang berisi pendapat seseorang atau kelompok yang membahas tuntas suatu masalah yang menarik, aktual, atau kontroversial dengan tujuan untuk memberi tahu, mempengaruhi dan meyakinkan, atau menghibur pembaca


3. Uraikan karakteristik artikel majalah sekolah dan majalah dinding!

Jawaban:
Ada beberapa karakteristik artikel majalah sekolah dan majalah dinding.
Pertama, artikel ditulis dengan atas nama seseorang atau beberapa orang.
Kedua, artikel menyajikan gagasan yang menarik, aktual, atau kontroversial.
Ketiga, masalah yang diangkat harus menyangkut kepentingan sebagian besar pembaca. Keempat, disajikan dalam bahasa yang komunikatif, segar, dan populer.
Kelima, panjang artikel sekitar 1-3 halaman kuarto (untuk majalah sekolah dan majalah dinding) dan 4-6 halaman kuarto (untuk surat kabar). Keenam, artikel disajikan secara singkat tetapi dibahas secara tuntas.
Ketujuh, isinya berupa pandangan subjektif penulisnya. Kedelapan, gagasan yang disampaikan merupakan gagasan asli penulisnya.


4. Apa yang menjadi ruang lingkup kegiatan di sanggar kepewaraan?

Jawaban:
Ada beberapa kegiatan yang bisa diselenggarakan di sanggar kepewaraan. Kegiatan tersebut yaitu adalah pemberian teori dan praktik yang berkenaan dengan kepewaraan. Pemberian teori kepewaraan, meliputi pengertian kepewaraan, jenis kepewaraan, faktor kepewaraan, dan syarat-syarat pewara. Kegiatan praktik kepewaraan meliputi berlatih dan praktik menjadi pewara. Seperti halnya dalam kepewaraan, ada dua hal yang menjadi ruang lingkup kegiatan di sanggar pidato. Kegiatan itu adalah teori pidato dan praktik berpidato. Teori Pidato meliputi pengertian pidato, unsur-unsur pidato, metode pidato, persiapan pidato, dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berpidato. Praktik berpidato meliputi kegiatan berlatih dan berpraktik pidato.


5. Apa yang menjadi ruang lingkup kegiatan di sanggar drama radio?

Jawaban:
Kegiatan yang bisa dilakukan dalam sanggar drama radio meliputi teori drama radio dan praktik drama radio. Teori drama radio meliputi penyelenggaraan drama radio, pengertian drama radio, tujuan pergelaran drama radio, fungsi pergelaran drama radio, unsur-unsur pergelaran drama radio, hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam penyelenggaraan drama radio, hal-hal yang perlu dilatih dalam drama radio. Praktik drama radio meliputi praktik vokal dan imajinasi. Yang paling penting adalah praktik persiapan drama radio dan praktik pelaksanaan drama radio.


6. Apa yang menjadi ruang lingkup kegiatan di sanggar drama panggung?

Jawaban:
Kegiatan yang bisa dilakukan dalam sanggar drama panggung meliputi teori drama panggung dan praktik drama panggung. Teori drama panggung meliputi penyelenggaraan drama panggung, pengertian drama panggung, tujuan pergelaran drama panggung, fungsi pergelaran drama panggung, unsur-unsur pergelaran drama panggung, hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam penyelenggaraan drama panggung, hal-hal yang perlu dilatih dalam drama panggung. Praktik drama panggung meliputi praktik vokal, gerak, dan imajinasi. Hal yang paling penting dari kegiatan tersebut adalah praktik persiapan drama panggung dan praktik pelaksanaan drama panggung.