Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

28 Pertanyaan Tentang Ancaman Disintegrasi Bangsa dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Ancaman Disintegrasi Bangsa


11. Tuliskan kekuatan-kekuatan yang memperkuat Pemberontakan DI/TII Jawa Tengah!

Jawaban:  
Kekuatan-kekuatan yang memperkuat Pemberontakan DI/TII Jawa Tengah:
a. Angkatan Umat Islam (AUI)
b. Merapi-Merbabu


12. Jelaskan latar belakang terjadinya Pemberontakan PKI Madiun!

Jawaban:   
Jatuhnya kabinet yang dipimpin oleh Amir Syariffudin sehingga ia menyusun kekuatan untuk menunjukkan sikap anti pemerintah Indonesia, dengan membentuk Front Demokrasi Rakyat (FDR) pada tanggal 26 Februari 1948. Tujuan dibentuk FDR adalah merebut kekuasaan yang sah dari pemerintah dengan berbagai cara, seperti agitasi, demonstrasi, dan tindakan keras lainnya


13. Apa yang melatar belakangi pemberontakan DI/TII pimpinan Kahar Muzakar?

Jawaban:  
Rasa kesukuan yang ditanamkan DI/TII telah berakar di hati rakyat Kahar Muzakar dan gerombolannya mengenal sifat rakyat. Kahar Muzakar dan pasukannya juga memanfaatkan lingkungan alam yang sangat dikenalnya sehingga sulit ditumpas.


14. Tuliskan tuntutan umum dari gerakan sparatis di daerah-daerah!

Jawaban:  
Mengoptimalkan potensi dan kekayaan daerah, menuntut otonomi daerah yang seluas-luasnya, dan mengusahakan pembangunan daerah agar setara dengan pembangunan di ibu kota Jakarta.


15. Apa keterkaitan antara GAM Dengan DI/TII?

Jawaban:  
Gerakan separatis GAM dan gerakan DI/TII Aceh memiliki keterkaitan yaitu kedua gerakan tersebut menuntut keadilan dari pemerintah pusat terhadap Aceh. Gerakan DI/TII Aceh menuntut status wilayah propinsi kepada pemerintah pusat, mengingat tidak sedikit bantuan yang diberikan rakyat Aceh selama perang kemerdekaan. Sedangkan, Gerakan Aceh Merdeka menuntut Aceh lepas dari RI akibat kesejahteraan rakyat Aceh kurang diperhatikan oleh pemerintah pusat karena pembangunan hanya terfokus di Pulau Jawa.


16. Tuliskan latar belakang munculnya pemberontakan/gerakan 30 September!

Jawaban:  
Pada bulan Agustus 1965, Presiden Soekarno dikabarkan sakit keras. Keadaan tersebut dimanfaatkan oleh PKI untuk merebut kekuasaan. Pimpinan Biro Khusus PKI kemudian mengadakan rapat untuk mempersiapkan gerakan yang akan dilaksanakan pada 30 September. Pada 30 September 1965, PKI menculik dan membunuh enam orang perwira tinggi dan seorang perwira pertama Angkatan Darat. Ketujuh perwira tersebut dibawa ke Lubang Buaya. Selain itu, PKI juga membunuh Ade Irma Suryani, putri Jenderal Nasution. Bersamaan dengan waktu penculikan, PKI juga menduduki RRI dan Pos Telekomunikasi. Di Jawa Tengah, G30S/PKI berhasil merebut kekuasaan di Semarang dan Yogyakarta. PKI berhasil menculik dan membunuh Kolonel Katamso dan Letkol. Sugiyono. ABRI kemudian mengadakan Operasi Penumpasan yang mulai dilancarkan pada 1 Oktober 1965.


17. Tuliskan tiga tuntutan mahasiswa yang disebut dengan Tritura (tri tuntutan Rakyat)!

Jawaban:  
Pembubaran PKI, pembersihan kabinet Dwikora dari unsur-unsur PKI, dan penurunan harga serta perbaikan ekonomi.


18. Tuliskan beberapa argumen tentang gerakan Gerakan 30 September!

Jawaban:  
Harold Crouch mempunyai tiga penafsiran sebab G30S/PKI. Pertama, ia melihat bahwa penyebab dari munculnya tragedi tersebut berasal dari adanya fraksi di dalam tubuh militer yang tidak puas akan kepemimpinan petinggi militer pada kala itu. Kedua, tragedi tersebut muncul akibat adanya argumen bahwa pergerakan ABRI seluruhnya didalangi PKI. Ketiga, penyebab peristiwa tersebut adalah adanya kemitraan antara beberapa pejabat pemerintah dengan pimpinan PKI.


19. Tuliskan program-program FDR (Front Demokrasi Rakyat)!

Jawaban:  
Program-program FDR antara lain:
a. Menuntut dibatalkannya perjanjian Renville
b. Penghentian perundingan-perundingan dengan Belanda sampai Belanda bersedia menarik diri dari Indonesia
c. Menuntut dibubarkannya kabinet Hatta
d. Membentuk cabinet baru yang mengikutkan FDR/PKI