77 Soal (Essay) Apresiasi Karya Seni Rupa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Apresiasi Karya Seni Rupa


1. Jelaskan metode empati dalam apresiasi!

Jawaban:  
Metode empati yaitu metode yang dilakukan dengan menilai karya seni tidak hanya sesuatu yang tampak, tapi juga menggunakan pengetahuan dan wawasan yang dimiliki.


2. Apa yang dimaksud tekstur?

Jawaban:  
Tekstur yaitu nilai raba permukaan benda


3. Jelaskan metode interaktif dalam apresiasi!

Jawaban:  
Metode interaktif yaitu metode yang dilakukan dengan mengapresiasikan karya seni melalui kesepakatan kelompok dengan jalan diskusi yang akhirnya menghasilkan interprestasi terhadap karya seni.


4. Tuliskan media karya dua dimensi!

Jawaban:  
Media karya dua dimensi yaitu media yang digunakan untuk pembuatan karya seni dua dimensi. Beberapa diantaranya adalah pensil, pensil arang (contee), pastel dan crayon, pena, tinta bak (tinta cina), cat dan kuas.


5. Apa yang dimaksud dengan Seni Nusantara?

Jawaban:  
Seni nusantara adalah beragam bentuk kesenian yang tumbuh dan berkembang di masing-masing daerah yang ada diseluruh wilayah Indonesia.


6. Jelaskan ragam bentuk kesenian Nusantara!

Jawaban:  
Ragam bentuk kesenian Nusantara tumbuh sebagai hasil olah budaya masyarakat yang hidup di suatu wilayah sesuai dengan adat istiadat dan kondisinya lingkungan.


7. Apa yang dimaksud seni rupa tradisional?

Jawaban:  
Seni rupa tradisional, adalah seni rupa yang unsur keseniannya menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum atau suku bangsa tertentu dan masih terikat dengan adat atau aturan pada zaman dahulu.


8. Tuliskan karya seni rupa zaman poleolitikum!

Jawaban:  
Seni rupa zaman poleolitikum (batu tua), karyanya berupa kapak genggam (chopper), batu berwarna (chalcedon), dan lukisan tangan dan babi.


9. Tuliskan karya seni rupa zaman megalitikum!

Jawaban:  
Seni rupa zaman megalitikum (Batu besar), karyanya berupa menhir, dolmen kubur batu, keranda batu (sarcophagus), pundak berundak dan acar batu.


10. Apa yang dimaksud apresiasi seni?

Jawaban:  
Apresiasi seni adalah kegiatan untuk mengerti, memahami, menghayati, menghargai, dan mencintai karya seni dengan menganalisisdan memberikan tanggapan terhadap karya seni.


11. Apa yang dimaksud prasasti?

Jawaban:  
Prasasti adalah batu yang berisi sebuah tulisan tentang sesuatu peristiwa atau upacara tertentu yang dilakukan oleh orang-orang di lingkungan kerajaan.


12. Tuliskan lukisan karya Sudjono!

Jawaban:  
Lukisan karya Sudjono, yaitu Di DEpan Kelambu Terbuka, Sayang Sayang BUkan Anjing dan Bunga Kamboja.


13. Jelaskan model induktif dalam apresiasi!

Jawaban:  
Model induktif yaitu dengan mendeskripsikan ciri-ciri pokok hubungan antarunsur, mengamati kualitas secara total dan menafsirkan gagasan tema dalam karya seni.