Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Soal (Essay) Ekonomi Perkotaan dan Transportasi Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Ekonomi Perkotaan dan Transportasi


1. Apa yang dimaksud ekonomi perkotaan?

Jawaban:
Ekonomi perkotaan adalah salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang digunakan untuk mengkaji beragam fenomena dan masalah yang ada di wilayah perkotaan.


2. Apa yang dimaksud dengan ekonomi transportasi?

Jawaban:
Pengertian ekonomi transportasi merupakan ilmu tentang fungsi transportasi didalam struktur dan berbagai aktivitas sistim ekonomi atau dengan kata lain bahwa Ilmu ekonomi transportasi merupakan study tentang peran dan fungsi transportasi dalam menunjang aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan


3. Apa hubungan transportasi dengan ekonomi?

Jawaban:
Menurut Dirjen Perhubungan Darat (2009:6) infrastruktur transportasi merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi. Keberadaan infrastruktur transportasi dapat menstimulasi aktivitas ekonomi dan akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah.


4. Apa kegiatan ekonomi masyarakat di perkotaan?

Jawaban:
Jenis kegiatan ekonomi yang tumbuh sebagai ciri kegiatan perkotaan diantaranya kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.


5. Apa yang dimaksud dengan ilmu ekonomi wilayah dan perkotaan?

Jawaban:
Ilmu Ekonomi Wilayah dan Perkotaan adalah cabang dari ilmu ekonomi yang relatif baru dan berkembang cukup pesat.Pada dasarnya ilmu ini merupakan gabungan dari dua cabang Ilmu Ekonomi yaitu Ekonomi Regional (Wilayah) dan Ekonomi Perkotaan.


6. Mengapa ekonomi transportasi merupakan urat nadi perekonomian?

Jawaban:
Sektor transportasi kerap dijuluki sebagai urat nadi perekonomian. Hal ini tidak lepas dari perannya dalam mendukung pergerakan manusia dan distribusi barang. Di titik ini, ketersediaan infrastruktur bernilai penting karena berkorelasi dengan waktu tempuh dan ongkos distribusi yang menentukan daya saing.


7. Apa yang dimaksud dengan alat transportasi?

Jawaban:
Perlu kita pahami terlebih dahulu pengertian transportasi secara umum adalah kegiatan mengangkut maupun memindahkan sesuatu dari tempat yang satu ke tempat lain. ... Seputar Pengertian Transportasi darat adalah segala bentuk transportasi menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang.


8. Mengapa perekonomian di kota dianggap modern?

Jawaban:
Alasan perekonomian di kota dianggap lebih modern adalah sebagai berikut. Hidup masyarakat perkotaan melibatkan penggunaan teknologi canggih. Gaya hidup masyarakat perkotaan dianggap lebih glamor daripada luar perkotaan


9. Mengapa sistem transportasi menjadi sangat penting?

Jawaban:
Sistem transportasi yang ada dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan mobilitas penduduk dan sumber daya lainnya yang dapat mendukung terjadinya pertumbuhan ekonomi dan sosial daerah perdesaan


10. Bagaimana hubungan transportasi dengan kehidupan masyarakat sekitar?

Jawaban:
Kaitan sistem transportasi dengan bidang kehidupan di masyarakat adalah : sistem transportasi digunakan sebagai penunjang mobilitas sosial masyarakat. sistem transportasi digunakan sebagai Sustanaible Development bagi perkembangan kehidupan masyarakat


11. Mengapa transportasi mempermudah hubungan perekonomian masyarakat desa dan kota?

Jawaban:
Alasan mengapa transportasi mempermudah hubungan perekonomian masyarakat desa dan kota adalah karena transportasi memperlancar kegiatan distribusi barang dari desa ke kota atau kota ke desa. tanpa adanya transportasi yang memadai maka distribusi barang tentu sulit dilakukan


12. Apakah perkembangan alat transportasi berpengaruh pada perkembangan ekonomi?

Jawaban:
Ya, kegiatan ekonomi sangat berpengaruh pada perkembangan ekonomi, kegiaan ekonomi yang paling di pengaruhi oleh perkembangan alat transportasi adalah pendistribusian, misalnya producer ingin menggirim barangnya mengunakan truk kepada distributor.


13. Apa dampak positif perkembangan kota bagi masyarakat desa?

Jawaban:
Dampak Positif: Meningkatnya pengetahuan masyarakat desa. Perluasan jalur dari desa ke kota untuk kebutuhan transportasi. Kemungkinan peningkatan produksi desa karena teknologi baru.


14. Mengapa biaya transportasi laut lebih murah dibandingkan dengan transportasi darat dan udara?

Jawaban:
Dari segi transportasi, dia menilai transportasi laut justru jauh lebih murah dibandingkan transportasi darat dan udara. Sebab, laut tidak memerlukan pembangunan infrastruktur layaknya membuat jalur rel kereta api ataupun landasan udara.


15. Apa dampak ekonomis yang dapat ditimbulkan dari perkembangan teknologi transportasi?

Jawaban:
Positif : Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Pertumbuhan ekonomi akan semakin tinggi.


16. Mengapa transportasi laut lebih unggul dibandingkan transportasi darat?

Jawaban:
Karena transportasi laut adalah transportasi yang bebas hambatan, artinya tidak akan ada kemacetan di tengah jalan seperti di darat.


17. Mengapa wilayah perkotaan lebih mudah dan cepat berkembang daripada pedesaan?

Jawaban:
Perkembangan wilayah kota lebih cepat dibandingkan wilayah desa karena: Kota memiliki beragam lapangan pekerjaan yang mendukung kegiatan ekonomi yang lebih banyak dari desa, ... Kota memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak sebagai pangsa pasar yang lebih besar.


Selanjutnya: Soal (Essay) Ekonomi Perkotaan dan Transportasi Bagian 2