Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

82 Soal (Essay) Indeks Harga dan Inflasi Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Harga dan Inflasi


1. Apa yang dimaksud dengan inflasi?

Jawaban:
Inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.


2. Apa perbedaan indeks harga dan inflasi?

Jawaban:
Indeks harga adalah indeks yang menunjukkan harga secara umum sedangkan inflasi adalah angka yang menunjukkan perubahan harga yang terjadi.


3. Apa penyebab timbulnya inflasi?

Jawaban:
Penyebab terjadinya inflasi ditimbulkan karena ketidakseimbangan permintaan dan penawaran barang atau jasa, peredaran uang, serta biaya produksi. Kondisi ekonomi negara yang menjadi mitra dagang turut berpengaruh terhadap terjadinya inflasi.


4. Apa yang harus dilakukan jika tingkat inflasi tinggi?

Jawaban:
1. Penetapan Persediaan Kas
2. Diskonto
3. Operasi Pasar Terbuka
4. Menghemat pengeluaran pemerintah
5. Menaikkan tarif pajak
6. Menambah jumlah barang di pasar
7. Menetapkan harga batas atas.


5. Apa yang dimaksud dengan tahun dasar dalam angka indeks?

Jawaban:
Dalam menghitung angka indeks, waktu atau tahun yang lalu disebut sebagai tahun dasar (base periods atau base year), yaitu waktu atau tahun yang dijadikan dasar untuk menentukan perkembangan suatu harga atau berfungsi sebagai waktu atau tahun pembanding.


6. Apa saja dampak inflasi?

Jawaban:
Dampak inflasi
1. Nilai Uang Turun
2. Menurunkan Minat Menabung
3. Kekacauan Ekonomi.


7. Apa pengertian dari indeks harga?

Jawaban:
Indeks harga adalah suatu ukuran statistik yang menyatakan perubahan harga yang terjadi dari satu periode ke periode berikutnya.


8. Apa itu IHK dan inflasi?

Jawaban:
IHK merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat inflasi


9. Faktor faktor apa saja yang menyebabkan demand pull inflation?

Jawaban:
Faktor yang menyebabkan inflasi ini, diantaranya:
1. Meningkatnya pengeluaran pemerintah.
2. Meningkatnya permintaan barang untuk diekspor.
3. Meningkatnya permintaan barang untuk swasta.
4. Depresiasi nilai tukar meningkatkan harga impor dan mengurangi harga asing ekspor suatu negara.
5. Permintaan yang lebih tinggi dari stimulus fiskal, contohnya pajak langsung atau tidak langsung yang lebih rendah atau pengeluaran pemerintah yang lebih tinggi.
6. Stimulus moneter terhadap ekonomi: (Penurunan suku bunga dapat merangsang terlalu banyak permintaan - misalnya dalam meningkatkan permintaan pinjaman atau menyebabkan inflasi harga rumah).
7. Pertumbuhan yang cepat di negara lain.


10. Apa dampak inflasi bagi suatu negara?

Jawaban:

Inflasi memiliki cukup banyak dampak bagi perekonomian suatu negara, diantaranya inflasi bisa menggerus daya beli masyarakat, menekan kemampuan ekspor, bahkan memmengaruhi kestabilan mata uang suatu negara.


11. Apa perbedaan indeks harga dibayar petani dan diterima petani?

Jawaban:
Perbedaan indeks harga yang diterima petani dan indeks harga yang dibayar petani terletak pada biaya produksi dan harga jual barang hasil pertanian. ... Sedangkan indeks harga yang diterima petani adalah indeks harga yang dihitung menggunakan standar harga jual hasil pertanian yang diproduksi petani.


12. Apa dampak inflasi bagi masyarakat?

Jawaban:
Dampak Inflasi terhadap Pendapatan. Inflasi dapat mengubah pendapatan masyarakat. ... Namun, bagi masyarakat yang berpenghasilan tetap, inflasi akan menyebabkan mereka rugi karena penghasilan yang tetap itu membuat mereka mendapatkan barang dan jasa lebih sedikit dari biasanya


13. Apa hubungan antara indeks harga dan inflasi?

Jawaban:
Indeks harga dan inflasi sangat berhubungan, karena indeks harga adalah dasar untuk menghitung inflasi. Semakin tinggi indeks harga dari waktu ke waktu semakin cepat pula laju inflasi.


14. Apa kegunaan IHK?

Jawaban:
Indeks Harga Konsumen (IHK) adalah indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga. IHK sering digunakan untuk mengukur tingkat inflasi suatu negara dan juga sebagai pertimbangan untuk penyesuaian gaji, upah, uang pensiun, dan kontrak lainnya.


15. Apa dampak inflasi bagi perekonomian Indonesia?

Jawaban:
Inflasi yang tinggi bisa menyebabkan daya beli masyarakat melemah, apalagi bagi pekerja yang tidak memperoleh kenaikan gaji atau upah. Misalnya saja seorang pegawai selama 3 tahun memperoleh gaji Rp4,5 juta per bulan. Lalu, terjadi inflasi di mana harga barang dan jasa naik


16. Apa saja fungsi indeks harga?
Tujuan perhitungan indeks harga secara umum adalah untuk menentukan ukuran perubahan variabel ekonomi sebagai ukuran keadaan ekonomi suatu negara. Indeks harga memiliki peran yang cukup penting untuk menentukan kebijakan ekonomi pemerintah dala mengatasi inflasi


17. Jelaskan apa akibatnya kalau inflasi suatu negara tidak ditangani dengan baik?

Jawaban:
Jika inflasi ini tidak ditangani dengan baik, nilai rupiah bisa melemah. Melemahnya nilai mata uang jelas akan membuat masyarakat semakin menjerit. Kebutuhan sandang dan papan tidak bisa didapatkan dengan mudah.


18. Siapa yang diuntungkan jika terjadi inflasi?

Jawaban:
Adapun pihak yang diuntungkan ketika inflasi, yaitu: Pengusaha. Pedagang. Spekulan.


19. Apa yang dimaksud dengan indeks harga perdagangan besar?
Angka indeks yang menggambarkan besarnya perubahan harga pada tingkat harga harga perdagangan besar/harga grosir dari komoditas-komoditas yang diperdagangkan di suatu negara/daerah.


20. Bagaimana dampak inflasi terhadap dunia usaha?

Jawaban:
Bagi pengusaha ketika terjadi inflasi pengusaha dapat menyuplai banyak bahan pokok untuk kemudian dijual kembali dengan harga baru. ... Selain itu, karena hasil produksi perusahaan bukalah bahan pokok, akan terjadi penurunan pembelian dari masyarakat, yang menyebabkan turunnya pendapatan dan laba perusahaan.


21. Sebutkan apa saja yang mempengaruhi indeks harga konsumen?


Jawaban:
Faktor yg memengaruhi pembentukan indeks harga konsumen(ihk)
1. kebijakan harga yang ditetapkan oleh pemerintah.
2. jumlah permintaan konsumen terhadap komoditas.
3. kenaikan pendapatan masyarakat.
4. nilai mata uang jika dibandingkan dengan kurs.
5. biaya produksi yg dikeluarkan oleh produsen.


22. Jelaskan apa yang diukur oleh indeks harga konsumen dan apa bedanya dengan deflator PDB?

Jawaban:
GDP deflator mengukur rata-rata perubahan harga untuk barang/jasa secara umum, sedangkan IHK hanya mengukur perubahan harga untuk barang/jasa tertentu. ... IHK memasukkan harga barang/jasa tertentu, termasuk yang berasal dari impor; sedangkan GDP deflator hanya memasukkan output yang dihasilkan di dalam negeri


23. Apa manfaat kita mempelajari indeks harga inflasi dan kebijakan moneter?

Jawaban:
Dari sekian banyak manfaat mengetahui IHK, berikut adalah beberapa diantaranya: Menjadi indikator untuk mengetahui laju inflasi. Menjadi patokan besarnya biaya produksi yang dikeluarkan. Mengetahui daya beli nilai mata uang.


24. Siapa yang mempublikasikan indeks harga konsumen?

Jawaban:
Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan salah satu indikator ekonomi yang digunakan untuk mengukur inflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mempublikasikan IHK dan inflasi dalam frekuensi bulanan dengan time lag satu hari kerja.


25. Mengapa inflasi ringan sangat diharapkan terjadi di suatu negara?

Jawaban:
Apabila inflasi itu ringan, justru mempunyai pengaruh yang positif dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi


26. Apa perbedaan antara indeks harga konsumen dan indeks harga produsen?

Jawaban:
Perbedaan indeks harga konsumen dgn indeks harga produsen adalah jk indeks harga konsumen berhubungan dgn harga kebutuhan pokok sehari hari masyarakat,sedangkan indeks harga produsen berhubungan dgn tingkat harga pada pedagang besar


27. Apakah IHK mempengaruhi inflasi?

Jawaban:
IHK adalah hal yang paling sering dikaitkan apabila terjadi suatu inflasi, di mana semakin tinggi nilai IHK makan akan semakin cepat juga laju inflasinya. ... Perkembangan IHK dan laju inflasi dapat menggambarkan bagaimana tingkat dari kemajuan perekonomian suatu negara


28. Apa tujuan kita menaksir harga?


Jawaban:
Jadi, dapat disimpulkan tujuan penghitungan indeks harga yakni, sebagai indicator, memberikan gambaran, sebagai penetapan gaji, mengetahui permintaan dan penawaran, mengetahui perkembangan ekonomi dan sebagai pedoman.


29. Bagaimana perhitungan IHK?

Jawaban:
Penghitungan IHK dimulai dengan mengumpulkan harga dari ribuan barang dan jasa. Jika PDB mengubah jumlah berbagai barang dan jasa menjadi sebuah angka tunggal yang mengukur nilai produksi, IHK mengubah berbagai harga barang dan jasa menjadi sebuah indeks tunggal yang mengukur sseluruh tingkat harga.


30. Apakah inflasi itu diperlukan?

Jawaban:
Adanya inflasi dapat berpengaruh terhadap masyarakat dan perekonomian suatu negara. Bagi masyarakat umum, inflasi menjadi perhatian karena inflasi langsung berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup, dan bagi dunia usaha laju inflasi merupakan faktor yang sangat penting dalam membuat berbagai keputusan.


31. Siapa saja yang merasakan dampak inflasi?

Jawaban:
Berikut adalah pihak-pihak yang terkena dampak inflasi Penabung Masyarakat penghasilan tetap Masyarakat yang meminjamkan (kreditur) Masyarakat yang berpenghasilan tinggi Masyarakat peminjam (debitur) Yang merasa dirugikan dengan terjadinya inflasi ....


32. Apakah debitur diuntungkan saat terjadi inflasi?


Jawaban:
Debitur atau penerima utang mendapat keuntungan karena bank sentral akan menaikkan suku bunga saat terjadi inflasi. Hal ini membuat nilai uang menjadi turun, sehingga uang yang mereka bayarkan memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan saat mereka menerimanya pertama kali.


33. Apa saja dampak inflasi bagi perusahaan?

Jawaban:
Meningkatnya inflasi dapat menyebabkan harga input atau bahan baku yang tinggi, pendapatan dan laba menurun, daya beli konsumen rendah, dan perekonomian melambat.


34. Apa saja dampak inflasi bagi produsen?

Jawaban:
Bagi produsen, inflasi dapat menguntungkan Jika pendapatan yang diperoleh lebih tinggi daripada kenaikan biaya produksi. ... Namun, jika inflasi menyebabkan naiknya biaya produksi hingga pada akhirnya merugikan produsen, produsen enggan untuk meneruskan produksinya.


35. Apa dampak inflasi yang Anda rasakan dari tahun ke tahun?

Jawaban:
Adanya kenaikan harga pada berbagai barang kebutuhan masyarakat menyebabkan nilai uang menjadi turun dari sebelumnya. ... Hal ini tentunya juga akan mempengaruhi sektor perbankan, yang bisa menjadi lesu karena menurunnya minat masyarakat dalam menabung


36. Apa yang dimaksud dengan indeks harga barang barang konsumsi?

Jawaban:
Sesuai dengan namanya indeks harga konsumen melihat perubahan harga barang dan jasa yang dikonsumsi dari waktu ke waktu. Indeks harga konsumen diambil dari data empat kelompok, yaitu kelompok makanan, perumahan, aneka barang, dan jasa.


37. Apakah pengaruh tingkat inflasi terhadap barang ekspor?


Jawaban:
Kemampuan ekspor suatu negara akan berkurang ketika mengalami inflasi. Hal ini karena biaya ekspor akan lebih mahal. Selain itu, daya saing barang ekspor mengalami penurunan yang pada akhirnya pendapatan dari devisa pun juga berkurang


38. Jelaskan apa yang dimaksud dengan indeks harga pedagang besar?

Jawaban:
Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) merupakan gambaran perkembangan harga pada level pedagang besar (grosir). Perkembangan harga yang dicakup adalah perkembangan harga pada Sektor Pertanian, Sektor Pertambangan dan Penggalian, Sektor Industri, Kelompok Barang Ekspor, dan Kelompok Barang Impor pada level nasional.


39. Jelaskan apa yang dimaksud dengan angka indeks?

Jawaban:
Angka indek merupakan suatu konsep yang dapat memberikan gambaran tentang perubahan-perubahan variabel dari suatu periode ke periode berikutnya. ... Dengan demikian angka indek dapat diartikan sebagai angka perbandingan yang perubahan relatifnya dinyatakan dalam bentuk prosentase (%) terhadap yang lain.


40. Jelaskan apa yang dimaksud dengan deflator PDB?


Jawaban:
Dalam ilmu ekonomi, deflator PDB, atau GDP Deflator dalam bahasa Inggris, adalah rasio antara PDB riil dengan PDB nominal, dikalikan 100. Deflator PDB menunjukkan besarnya perubahan harga dari semua barang baru, barang produksi lokal, barang jadi, dan jasa.


41. Apakah CPI dan GDP deflator sama tidak sama?

Jawaban:
Deflator GDP mengukur harga semua barang diproduksi, sementara CPI mengukur harga hanya barang dan jasa yang dibeli konsumen. Sehingga, peningkatan harga barang yang dibeli hanya oleh perusahaan-perusahaan dan pemerintah akan muncul dalam deflator GDP, bukan dalam CPI.


42. Instrumen apa yang digunakan untuk mengukur tingkat inflasi?

Jawaban:
IHK merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat inflasi. Perubahan IHK dari waktu ke waktu menggambarkan tingkat kenaikan (inflasi) atau tingkat penurunan (deflasi) dari barang dan jasa.


43. Apa hubungan antara inflasi dan kebijakan moneter?


Jawaban:
Di Indonesia kebijakan moneter ditentukan oleh bank Indonesia. Kebijakan moneter dapat menurunka inflasi dengan cara menurunkan jumlah uang beredar dan menaikan suku bunga SBI. ... Sedangkan jumlah uang beredar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi dan produk domestik bruto di Indonesia.


44. Apakah kelemahan penghitungan indeks harga menggunakan metode sederhana?


Jawaban:
Kelemahan penghitungan indeks harga menggunakan metode sederhana adanya penggabungan harga barang, padahal barang-barang yang dihitung memilki karakteristik yang berbeda.


45. Mengapa CPI menghasilkan inflasi lebih tinggi?

Jawaban:
Ketika data Consumer Price Index (CPI) dikeluarkan, banyak bank yang harus memotong suku bunganya. Bahkan beberapa ada yang menjadi negatif dan harus menggunakan alat lain seperti pelonggaran kuantitatif guna memberikan rangsangan pada pengeluaran konsumen, sehingga akan memicu inflasi yang lebih tinggi.


46. Apa yang membedakan antara CPI dan GDP Deflator sebagai ukuran inflasi?


Jawaban:
CPI adalah ukuran perubahan tingkat harga barang-barang konsumsi yang dibeli oleh rumah tangga dari waktu ke waktu. CPI menggunakan keranjang tetap untuk membandingkan harga dalam menentukan kemajuan inflasi. Deflator PDB menggunakan harga produk yang diproduksi saat ini relatif terhadap harga dari tahun dasar.


47. Apa saja peranan penting indeks harga?

Jawaban:
Peran Indeks Harga Untuk Mengetahui Situasi Ekonomi Global
1. Mengetahui adanya pengaruh kenaikan harga komoditas tertentu terhadap daya beli konsumen.
2. Sebagai indikator untuk mengukur tingkat inflasi yang sedang terjadi.
3. Mengukur adanya peningkatan atau kenaikan dari pendapatan masyarakat.


48. Apa kaitan IHK dengan suku bunga kredit?

Jawaban:
Jumlah IHK dan inflasi akan mempengaruhi tingkat suku bunga, yaitu apabila IHK mengalami peningkatan maka dapat menyebabkan tingkat suku bunga mengalami Page 6 peningkatan, meningkatkan jumlah uang beredar dan daya tarik mata uang sehingga inflasi juga mengalami peningkatan


49. Mengapa inflasi dapat meningkatkan hasil produksi?

Jawaban:
Inflasi dapat menyebabkan terjadinya kenaikan produksi karena dalam keadaan inflasi biasanya kenaikan harga barang mendahului kenaikan upah sehingga keuntungan pengusaha naik yang dapat mendorong kenaikan produksi.


50. Bagaimana cara untuk mengatasi inflasi?

Jawaban:
Terdapat tiga wujud kebijakan moneter:
1. Penetapan Persediaan Kas
2. Diskonto
3. Operasi Pasar Terbuka
4. Menghemat pengeluaran pemerintah
5. Menaikkan tarif pajak
6. Menambah jumlah barang di pasar
7. Menetapkan harga batas atas.


51. Apa langkah pertama yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi inflasi?

Jawaban:
Langkah pemerintah mengatasi inflasi:
1. Untuk menekan inflasi, pemerintah dapat menaikkan tarif pajak.
2. Naiknya tarif pajak untuk rumah tangga dan perusahaan akan mengurangi tingkat konsumsi.
3. Pengurangan tingkat konsumsi.


52. Apa dampak inflasi bagi pegawai negeri?

Jawaban:
Pegawai tetap memiliki penghasilan tetap perbulan. Jika inflasi, harga naik namun gaji mereka statis, sehingga terjadi penurunan ekonomi karena gaji yg mereka terima tidak naik seperti naiknya harga kebutuhan pokok.


53. Apa manfaat mempelajari inflasi?

Jawaban:
Perkembangan IHK dan laju inflasi juga menggambarkan bagaimana tingkat kemajuan perekonomian suatu negara. Pergerakan IHK dan inflasi pun bisa dijadikan pisau bedah untuk mengetahui berbagai faktor yang memicu atau menghambat kemajuan dan kemandekan ekonomi.


54. Bagaimana hubungan antara inflasi dengan pengangguran?

Jawaban:
Diketahui bahwa tingkat inflasi dan tingkat pengangguran memiliki hubungan yang negative. Artinya jika tingkat inflasi tinggi, maka pengangguran akan menjadi rendah. Atau sebaliknya, pengangguran akan menjadi tinggi jika perekonomian suatu negara mengalami inflasi yang rendah.


55. Bagaimana hubungan antara inflasi dan pengangguran dalam jangka pendek?

Jawaban:
Inflasi dan pengangguran berhubungan negatif dalam jangka pendek. Konsekuensinya, menurunkan inflasi menimbulkan biaya bagi masyarakat dalam bentuk pengangguran yang lebih tinggi dalam jangka pendek. Hubungan keduanya digambarkan dengan baik dari Kurva Phillips.


56. Mengapa ada hubungan yang berlawanan arah antara pengangguran dan inflasi?


Jawaban:
Ketika inflasi meningkat, pekerja dapat memasok tenaga kerja dalam jangka pendek karena upah yang lebih tinggi. Hal ini akan mengarah pada penurunan tingkat pengangguran. ... Oleh karena itu, dalam jangka panjang inflasi yang lebih tinggi tidak akan menguntungkan ekonomi melalui tingkat pengangguran yang lebih rendah.


57. Apa yang dimaksud dengan indeks relatif?

Jawaban:
Indeks Kekuatan Relatif atau lebih dikenal dengan nama Relative Strength Index (RSI) adalah suatu osilator yang digunakan dalam analisis teknis untuk menunjukkan kekuatan harga dengan cara membandingkan pergerakan kenaikan dan penurunan harga.


58. Bagaimana kondisi trade off yang terjadi antara inflasi dan pengangguran?

Jawaban:
Berdasarkan hasil tersebut terlihat bahwa terdapat trade off antara inflasi dan tingkat pengangguran. Jika pemerintah memiliki tingkat inflasi yang rendah, maka akan terjadi peningkatan tingkat pengangguran. Sehingga dapat dikatakan jika tingkat pengangguran rendah, maka inflasi akan meningkat.


59. Apakah deposito tahan inflasi?

Jawaban:
Meski tidak begitu besar, bunga deposito pada umumnya setara atau bahkan sedikit lebih tinggi dari rata-tata tingkat inflasi, sehingga nilai uang Anda tidak akan tergerus habis di dalam tabungan


60. Apakah inflasi mempengaruhi tabungan?


Jawaban:
Inflasi dapat meningkatkan tingkat tabungan karena adanya dorongan melakukan pengeluaran untuk barang-barang tahan lama sehingga akan menurunkan tingkat tabungan. Tingkat inflasi yang terjadi pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat suku bunga.


61. Jelaskan apa yang diukur oleh indeks harga konsumen dan apa bedanya dengan deflator PDB?

Jawaban:
GDP deflator mengukur rata-rata perubahan harga untuk barang/jasa secara umum, sedangkan IHK hanya mengukur perubahan harga untuk barang/jasa tertentu. ... IHK memasukkan harga barang/jasa tertentu, termasuk yang berasal dari impor; sedangkan GDP deflator hanya memasukkan output yang dihasilkan di dalam negeri.


62. Kemungkinan apa saja yang terjadi dalam penghitungan indeks harga?

Jawaban:
Ada tiga kemungkinan dalam penghitungan indeks harga, yaitu:
jika indeks harga > 1, berarti harga mengalami kenaikan;
jika indeks harga < 1, berarti harga mengalami penurunan;
jika indeks harga = 1, berarti harga tetap (tidak naik dan tidak turun).


63. Mengapa indeks Irving Fisher adalah indeks yang paling ideal?

Jawaban:
Indeks Irving Fisher dikatakan Indeks yang ideal karena indeks ini merupakan gabungan dari indeks menurut laspeyres dan juga indeks menurut paasche. Jadi pengaruh terhadap kedua indeks tersebut telah disesuaikan


64. Apakah metode yang digunakan dalam metode Laspeyres?


Jawaban:
Metode Laspeyres. Metode ini menerapkan jumlah barang pada tahun dasar menjadi timbangan terhadap suatu harga. Lebih lanjut , kuantitas barang itu faktor pengali untuk harga-harga barang yang indeksnya akan kita hitung.


65. Apa perbedaan antara metode Paasche dengan Laspeyres?

Jawaban:
Perbedaan antara kedua metode ini adalah tentang bobot (penimbang)nya. Untuk metode Laspeyres, bobot merujuk pada kuantitas dari periode awal, sedangkan pada metode Paasche, bobot merujuk pada kuantitas dari periode akhir.


66. Apa yang dimaksud dengan metode indeks harga tertimbang?

Indeks Agregatif Tertimbang adalah indeks yang dalam pembuatannya telah dipertimbangkan faktor-faktor yang akan mempengaruhi naik turunnya angka indeks tersebut. Timbangan yang akan dipergunakan untuk pembuatan indeks biasanya: Kepentingan relatif (relative importance)


67. Apakah inflasi berkisar antara 30% sd 100% disebut inflasi berat?

Jawaban:
Inflasi ringan adalah inflasi yang masih belum terlalu mengganggu keadaan ekonomi. ... Inflasi berat berkisar antara 30% - 100% per tahun. Inflasi sangat berat atau Hiperinflasi. Inflasi jenis ini sudah mengacaukan kondisi perekonomian dan susah dikendalikan walaupun dengan tindakan moneter dan tindakan fiskal.


68. Mengapa indeks harga umum penting bagi pedagang?

Jawaban:
Indeks harga dapat digunakan untuk beberapa hal, misalnya sebagai indikator pengukuran kegiatan perekonomian secara general, sebagai gambaran tentang tren dalam perdagangan, juga sebagai rujukan bagi pedagang untuk menentukan harga barang dagangnya sekaligus penentuan jumlah barang.


69. Jelaskan apa yang dimaksud dengan indeks Drobisch?

Jawaban:
Indeks Drobisch, merupakan kombinasi dari Indeks Laaspeyres dengan Indeks Paasche atau rata-rata dari kedua indeks tersebut. Indeks Drobisch ini untuk memperkecil perbedaan dari Indeks Laaspeyres dan Indeks Paasche.


70. Langkah langkah penyusunan angka indeks?

Jawaban:
Dalam penyusunan angka indeks ada beberapa langkah sebutkan?
1. Menentukan Tujuan.
2. Menentukan Cara Pengambilan Data.
3. Memilih sumber data.
4. Memilih Tahun Dasar.


71. Apa yang dimaksud dengan metode indeks harga tidak tertimbang?

Jawaban:
Indeks Tidak Tertimbang : Metode angka indeks tidak tertimbang digunakan untuk mengetahui perkembangan suatu harga, yaitu terfokus hanya pada harga dan tidak mempertimbangkan kuantitasnya. Angka Indeks Relatif, yaitu untuk mengukur perbedaan “satu” macam nilai/harga/ kualitasnya saja dalam waktu yang berbeda


72. Mengapa indeks harga dapat dijadikan acuan dalam menetapkan kenaikan upah pekerja?

Jawaban:
Indeks harga dapat dijadikan acuan dalam menetapkan kenaikan upah pekerja karena indeks harga merupakan satuan statistik yang menunjukkan perubahan harga dari satu periode ke periode lainnya.


73. Mengapa menaikkan suku bunga bank dapat menekan inflasi?

Jawaban:
Salah satu kebijakan moneter yang dilakukan oleh Bank Indonesia adalah menaikkan tingkat suku bunga bank. ... Karena jumlah uang yang beredar di masyarakat semakin sedikit, maka kegiatan menaikkan tingkat suku bunga akan menekan laju inflasi.


74. Jelaskan langkah langkah yang dilakukan dalam menentukan indeks harga?

Jawaban:
1. Carilah catatan harga2 lampau.
2. Jumlah harga2 barang yang anda beli sebelumnya.
3. Carilah catatan harga2 saat ini.
4. Jumlahkan harga2 saat ini.
5. bagilaj harga2 saat ini dengan harga lama.
6. Kalikan hasilnya dengan 100.
7. Kurangkan 100 dari hasil yang baru untuk mencari perubahan dalam IHK.


75. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tahun dasar?


Jawaban:
Base year atau tahun dasar merujuk pada tahun pertama yang dijadikan basis perhitungan atau perbandingan. Tidak ada kriteria spesifik kenapa kita harus memilih tahun tertentu sebagai dasar perhitungan atau perbandingan. Semua itu tergantung pada konteks perhitungan atau perbandingan yang kita lakukan.


76. Apa itu indeks Fisher?

Jawaban:
Indeks Harga Fisher adalah formula indeks yang digunakan untuk mengukur perkembangan harga sekeranjang barang dan jasa pada periode tertentu.


77. Apa itu inflasi tertutup?

Jawaban:
Kenaikan harga yang terjadi hanya berhubungan dengan satu atau dua barang tertentu.


78. Apakah kesulitan dalam penyusunan indeks harga?


Jawaban:
Kesulitan utama dalam penyusunan angka indeks adalah memilih komponen yang termasuk sekumpulan variabel yang akan dipertimbangkan. Misalnya, indeks bahan makanan, pilihlah jenis bahan makanan yang sering digunakan oleh masyarakat umum, tetapi pemilihan jenis barang harus representatif (dapat mewakili).


79. Apa itu metode tertimbang?

Jawaban:
Metode tertimbang adalah metode yang menggunakan faktor penimbang dalam menghitung indeks harga. Faktor penimbang adalah faktor yang digunakan untuk membedakan pentingnya suatu barang terhadap barang-barang yang lain.


80. Bagaimana penggunaan indeks harga sebagai acuan menetapkan kebijakan harga pada masa depan?

Jawaban:
Penggunaan indeks harga sebagai acuan menetapkan kebijakan harga pada masa depan yaitu dengan melihat titik pergerakan inflasi dengan melihat indeks harga ditahun sebelumnya.


81. Berdasarkan tingkat keparahannya kapan inflasi ringan terjadi?

Jawaban:
Inflasi ringan, yaitu tingkat keparahan inflasi kurang dari 10% per tahun. Inflasi sedang, tingkat keparahan inflasi di antara 10% - 30% per tahun. Inflasi berat, yaitu tingkat keparahan berkisar antara 30% – 100% per tahun.


82. Siapa yang menentukan indeks harga?

Jawaban:
Di Indonesia, indeks harga adalah ditetapkan oleh BPS. Lembaga statistik itu memeringkat harga barang dan jasa diberi bobot (weighted) berdasarkan tingkat keutamaannya. Barang dan jasa yang dianggap paling penting diberi bobot yang lebih besar