Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

82 Soal (Essay) Indeks Harga dan Inflasi Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Harga dan Inflasi


1. Apa yang dimaksud dengan inflasi?

Jawaban:
Inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.


2. Apa perbedaan indeks harga dan inflasi?

Jawaban:
Indeks harga adalah indeks yang menunjukkan harga secara umum sedangkan inflasi adalah angka yang menunjukkan perubahan harga yang terjadi.


3. Apa penyebab timbulnya inflasi?

Jawaban:
Penyebab terjadinya inflasi ditimbulkan karena ketidakseimbangan permintaan dan penawaran barang atau jasa, peredaran uang, serta biaya produksi. Kondisi ekonomi negara yang menjadi mitra dagang turut berpengaruh terhadap terjadinya inflasi.


4. Apa yang harus dilakukan jika tingkat inflasi tinggi?

Jawaban:
1. Penetapan Persediaan Kas
2. Diskonto
3. Operasi Pasar Terbuka
4. Menghemat pengeluaran pemerintah
5. Menaikkan tarif pajak
6. Menambah jumlah barang di pasar
7. Menetapkan harga batas atas.


5. Apa yang dimaksud dengan tahun dasar dalam angka indeks?

Jawaban:
Dalam menghitung angka indeks, waktu atau tahun yang lalu disebut sebagai tahun dasar (base periods atau base year), yaitu waktu atau tahun yang dijadikan dasar untuk menentukan perkembangan suatu harga atau berfungsi sebagai waktu atau tahun pembanding.


6. Apa saja dampak inflasi?

Jawaban:
Dampak inflasi
1. Nilai Uang Turun
2. Menurunkan Minat Menabung
3. Kekacauan Ekonomi.


7. Apa pengertian dari indeks harga?

Jawaban:
Indeks harga adalah suatu ukuran statistik yang menyatakan perubahan harga yang terjadi dari satu periode ke periode berikutnya.


8. Apa itu IHK dan inflasi?

Jawaban:
IHK merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat inflasi


9. Faktor faktor apa saja yang menyebabkan demand pull inflation?

Jawaban:
Faktor yang menyebabkan inflasi ini, diantaranya:
1. Meningkatnya pengeluaran pemerintah.
2. Meningkatnya permintaan barang untuk diekspor.
3. Meningkatnya permintaan barang untuk swasta.
4. Depresiasi nilai tukar meningkatkan harga impor dan mengurangi harga asing ekspor suatu negara.
5. Permintaan yang lebih tinggi dari stimulus fiskal, contohnya pajak langsung atau tidak langsung yang lebih rendah atau pengeluaran pemerintah yang lebih tinggi.
6. Stimulus moneter terhadap ekonomi: (Penurunan suku bunga dapat merangsang terlalu banyak permintaan - misalnya dalam meningkatkan permintaan pinjaman atau menyebabkan inflasi harga rumah).
7. Pertumbuhan yang cepat di negara lain.


10. Apa dampak inflasi bagi suatu negara?

Jawaban:
Inflasi memiliki cukup banyak dampak bagi perekonomian suatu negara, diantaranya inflasi bisa menggerus daya beli masyarakat, menekan kemampuan ekspor, bahkan memmengaruhi kestabilan mata uang suatu negara.


11. Apa perbedaan indeks harga dibayar petani dan diterima petani?

Jawaban:
Perbedaan indeks harga yang diterima petani dan indeks harga yang dibayar petani terletak pada biaya produksi dan harga jual barang hasil pertanian. ... Sedangkan indeks harga yang diterima petani adalah indeks harga yang dihitung menggunakan standar harga jual hasil pertanian yang diproduksi petani.


12. Apa dampak inflasi bagi masyarakat?

Jawaban:
Dampak Inflasi terhadap Pendapatan. Inflasi dapat mengubah pendapatan masyarakat. ... Namun, bagi masyarakat yang berpenghasilan tetap, inflasi akan menyebabkan mereka rugi karena penghasilan yang tetap itu membuat mereka mendapatkan barang dan jasa lebih sedikit dari biasanya


13. Apa hubungan antara indeks harga dan inflasi?

Jawaban:
Indeks harga dan inflasi sangat berhubungan, karena indeks harga adalah dasar untuk menghitung inflasi. Semakin tinggi indeks harga dari waktu ke waktu semakin cepat pula laju inflasi.


14. Apa kegunaan IHK?

Jawaban:
Indeks Harga Konsumen (IHK) adalah indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga. IHK sering digunakan untuk mengukur tingkat inflasi suatu negara dan juga sebagai pertimbangan untuk penyesuaian gaji, upah, uang pensiun, dan kontrak lainnya.


15. Apa dampak inflasi bagi perekonomian Indonesia?

Jawaban:
Inflasi yang tinggi bisa menyebabkan daya beli masyarakat melemah, apalagi bagi pekerja yang tidak memperoleh kenaikan gaji atau upah. Misalnya saja seorang pegawai selama 3 tahun memperoleh gaji Rp4,5 juta per bulan. Lalu, terjadi inflasi di mana harga barang dan jasa naik


16. Apa saja fungsi indeks harga?
Tujuan perhitungan indeks harga secara umum adalah untuk menentukan ukuran perubahan variabel ekonomi sebagai ukuran keadaan ekonomi suatu negara. Indeks harga memiliki peran yang cukup penting untuk menentukan kebijakan ekonomi pemerintah dala mengatasi inflasi


17. Jelaskan apa akibatnya kalau inflasi suatu negara tidak ditangani dengan baik?

Jawaban:
Jika inflasi ini tidak ditangani dengan baik, nilai rupiah bisa melemah. Melemahnya nilai mata uang jelas akan membuat masyarakat semakin menjerit. Kebutuhan sandang dan papan tidak bisa didapatkan dengan mudah.


18. Siapa yang diuntungkan jika terjadi inflasi?

Jawaban:
Adapun pihak yang diuntungkan ketika inflasi, yaitu: Pengusaha. Pedagang. Spekulan.


19. Apa yang dimaksud dengan indeks harga perdagangan besar?
Angka indeks yang menggambarkan besarnya perubahan harga pada tingkat harga harga perdagangan besar/harga grosir dari komoditas-komoditas yang diperdagangkan di suatu negara/daerah.


20. Bagaimana dampak inflasi terhadap dunia usaha?

Jawaban:
Bagi pengusaha ketika terjadi inflasi pengusaha dapat menyuplai banyak bahan pokok untuk kemudian dijual kembali dengan harga baru. ... Selain itu, karena hasil produksi perusahaan bukalah bahan pokok, akan terjadi penurunan pembelian dari masyarakat, yang menyebabkan turunnya pendapatan dan laba perusahaan.


21. Sebutkan apa saja yang mempengaruhi indeks harga konsumen?

Jawaban:
Faktor yg memengaruhi pembentukan indeks harga konsumen(ihk)
1. kebijakan harga yang ditetapkan oleh pemerintah.
2. jumlah permintaan konsumen terhadap komoditas.
3. kenaikan pendapatan masyarakat.
4. nilai mata uang jika dibandingkan dengan kurs.
5. biaya produksi yg dikeluarkan oleh produsen.


22. Jelaskan apa yang diukur oleh indeks harga konsumen dan apa bedanya dengan deflator PDB?

Jawaban:
GDP deflator mengukur rata-rata perubahan harga untuk barang/jasa secara umum, sedangkan IHK hanya mengukur perubahan harga untuk barang/jasa tertentu. ... IHK memasukkan harga barang/jasa tertentu, termasuk yang berasal dari impor; sedangkan GDP deflator hanya memasukkan output yang dihasilkan di dalam negeri


23. Apa manfaat kita mempelajari indeks harga inflasi dan kebijakan moneter?

Jawaban:
Dari sekian banyak manfaat mengetahui IHK, berikut adalah beberapa diantaranya: Menjadi indikator untuk mengetahui laju inflasi. Menjadi patokan besarnya biaya produksi yang dikeluarkan. Mengetahui daya beli nilai mata uang.


24. Siapa yang mempublikasikan indeks harga konsumen?

Jawaban:
Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan salah satu indikator ekonomi yang digunakan untuk mengukur inflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mempublikasikan IHK dan inflasi dalam frekuensi bulanan dengan time lag satu hari kerja.


25. Mengapa inflasi ringan sangat diharapkan terjadi di suatu negara?

Jawaban:
Apabila inflasi itu ringan, justru mempunyai pengaruh yang positif dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi


26. Apa perbedaan antara indeks harga konsumen dan indeks harga produsen?

Jawaban:
Perbedaan indeks harga konsumen dgn indeks harga produsen adalah jk indeks harga konsumen berhubungan dgn harga kebutuhan pokok sehari hari masyarakat,sedangkan indeks harga produsen berhubungan dgn tingkat harga pada pedagang besar


27. Apakah IHK mempengaruhi inflasi?

Jawaban:
IHK adalah hal yang paling sering dikaitkan apabila terjadi suatu inflasi, di mana semakin tinggi nilai IHK makan akan semakin cepat juga laju inflasinya. ... Perkembangan IHK dan laju inflasi dapat menggambarkan bagaimana tingkat dari kemajuan perekonomian suatu negara


28. Apa tujuan kita menaksir harga?

Jawaban:
Jadi, dapat disimpulkan tujuan penghitungan indeks harga yakni, sebagai indicator, memberikan gambaran, sebagai penetapan gaji, mengetahui permintaan dan penawaran, mengetahui perkembangan ekonomi dan sebagai pedoman.