Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

92 Soal (Essay) Ketenagakerjaan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Ketenagakerjaan

1. Apakah yang dimaksud dengan ketenagakerjaan?

Jawaban:
Pengertian ketenagakerjaan menurut undang undang no.13 tahun 2013 bukan hanya sebatas kegiatan pada masa kerja saja? Menurut peraturan tersebut ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.


2. Apakah yang dimaksud kesempatan kerja?

Jawaban:
Kesempatan kerja adalah tersedianya lapangan kerja bagi angkatan kerja yang membutuhkan pekerjaan.


3. Apa yang dimaksud dengan tenaga kerja dan bukan tenaga kerja?

Jawaban:
Angkatan kerja adalah penduduk yang telah bekerja atau masih mencari pekerjaan. Sebaliknya, bukan angkatan kerja adalah penduduk yang tidak bekerja, tidak mempunyai pekerjaan dan sedang tidak mencari pekerjaan, misalnya pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan pensiunan.


4. Apa arti eksploitasi tenaga kerja?

Jawaban:
Eksploitasi merujuk kepada hubungan sosial di mana seorang "aktor atau karakter aktor yang menggunakan hubungan kekuasaan asimetris secara fundamental antara mereka". Teori Marx secara khusus menolak karakteristik moral dari eksploitasi, dan memegang konsep bidang hubungan buruh.


5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tenaga kerja menurut Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003?

Jawaban:
1. Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.
2. Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bekerja?

Jawaban:
Secara sederhana bekerja dapat diartikan sebagai usaha yang dilakukan manusia untuk mendapatkan penghasilan demi memenuhi tujuan tertentu. ... Selain tujuan pokok bekerja tersebut, dalam dunia kerja (work-life), bekerja memiliki tujuan tersendiri dalam mewujudkan rasa kemanusiannya. Tujuan tersebut adalah makna kerja.


7. Apa yang dimaksud dengan kesempatan kerja permanen?

Jawaban:
Kesempatan kerja temporer merupakan kesempatan kerja yang memungkinkan orang yang bekerja dalam waktu yang singkat, lalu menganggur dan mencari pekerjaan yang baru lagi.


8. Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi angkatan kerja di Indonesia?

Jawaban:
Faktor-faktor tersebut antara lain:
(1) Umur;
(2) Status perkawinan;
(3) Tingkat pendidikan;
(4) Daerah tempat tinggal;
(5) Pendapatan;
(6) Agama.
Pengaruh dari masing-masing faktor tersebut terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja berbeda antara penduduk satu dengan penduduk yang lain.


9. Apa saja bentuk perlindungan tenaga kerja di Indonesia?

Jawaban:
Secara teoritis dikenal ada tiga jenis perlindungan kerja yaitu sebagai berikut:
Jenis Perlindungan Sosial Tenaga Kerja.
Jenis Perlindungan Teknis Tenaga Kerja.
Jenis Perlindungan Ekonomis Tenaga Kerja.


10. Apa yang dimaksud dengan tenaga kerja ilegal dan apa resikonya?

Jawaban:
TKI ilegal adalah TKI yang melakukan pemalsuan dokumen, mulai dari dokumen kesehatan hingga dokumen lain yang menjadi syarat menjadi TKI serta bentuk penyimpangan lainnya. ... Siapa yang menyangka ternyata menjadi seorang TKI ilegal memiliki dampak negatif yang bisa merugikan diri kita sendiri.


11. Apa isi UU Nomor 13 tahun 2003 pasal 86 ayat 1?

Jawaban:
INDONESIA: Pasal 86 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan mewajibkan bahwa Pemberi Kerja haruslah menyediakan fasilitas penunjang kesehatan dan keselamatan kerja bagi tenaga kerja/buruh yang mereka pekerjakan.


12. Bagaimana kedudukan Pekerja Anak dalam Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan?

Jawaban:
Dan ketentuan yang ada pada pasal tersebut terdapat pengecualian pada pasal 69 UU No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, bagi anak yang berumur antara 13 (tiga belas) tahun sampai dengan 15 (lima belas) tahun dapat melakukan pekerjaan ringan sepanjang tidak menggangu perkembangan dan kesehatan fisik, mental, sosial.


13. Apa yang dimaksud dengan penduduk usia kerja?

Jawaban:
Penduduk usia kerja adalah penduduk berumur 15 tahun dan lebih. Penduduk yang termasuk angkatan kerja adalah penduduk usia kerja (15 tahun dan lebih) yang bekerja, atau punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja dan pengangguran.


14. Apa saja jenis pekerjaan permanen?

Jawaban:
Contoh jenis pekerjaan yang memiliki kesempatan kerja permanen adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), Polisi, dan karyawan swasta.


15. Apa bedanya kesempatan kerja dengan lowongan kerja?

Jawaban:
Kesempatan kerja (employment) adalah jumlah lowongan kerja yang tersedia di dunia kerja, atau banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia untuk angkatan kerja. ... Lowongan pekerjaan bisa diisi oleh pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Setiap perusahaan membutuhkan jumlah pegawai yang berbeda-beda.


16. Apa saja faktor yang mempengaruhi tingkat upah?

Jawaban:
Dalam pemberian upah atau gaji kepada pekerjanya, perusahaan biasanya akan memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi sistem upah. Adapun faktor-faktor tersebut meliputi tingkat harga, produktivitas kerja, struktur ekonomi dan juga peraturan dari pemerintah.


17. Apa yang menyebabkan banyaknya angkatan kerja yang menganggur?

Jawaban:
Meningkatnya pengangguran ini secara umum disebabkan oleh adanya pertumbuhan jumlah kesempatan kerja yang tersedia tidak bisa mengimbangi pertumbuhan jumlah angkatan kerja yang terus semakin meningkat.


18. Bagaimana dasar hukum perlindungan tenaga kerja di Indonesia?

Jawaban:
Dasar hukum perlindungan tenaga kerja : 1. Pasal 27 ayat (2) UUD 1945 → tiap Warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. ... Pasal 28 D ayat (2) UUD 1945 → setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.


19. Apa saja sasaran perlindungan tenaga kerja?

Jawaban:
Objek perlindungan tenaga kerja menurut UU No. 13 Tahun 2003 meliputi : Perlindungan atas hak-hak dalam hubungan kerja; Perlindungan atas hak-hak dasar pekerja untuk berunding dengan pengusaha dan mogok kerja; Perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja; Perlindungan khusus bagi pekerja/buruh perempuan, anak


20. Apa saja yang termasuk dalam komponen upah berdasarkan PP no 36 2021?

Jawaban:
1. Kebijakan pengupahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:
2. Upah minimum;
3. struktur dan skala Upah;
4. Upah kerja lembur;
5. Upah tidak masuk kerja dan/atau tidak melakukan pekerjaan karena alasan tertentu;
6. bentuk dan cara pembayaran Upah;
7. hal-hal yang dapat diperhitungkan dengan Upah; dan
8. Upah sebagai dasar perhitungan atau pembayaran hak dan kewajiban lainnya.


21. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tenaga kerja terdidik?

Jawaban:
Tenaga Kerja Terdidik. Tenaga kerja ini memperoleh kemampuannya dalam suatu bidang dengan cara menempuh pendidikan formal. Contoh: Dokter, Arsitek.


22. Apa hak tenaga kerja berdasarkan Pasal 31 UU Nomor 13 Tahun 2003?

Jawaban:
Pasal 31 Setiap tenaga kerja mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk memilih, mendapatkan, atau pindah pekerjaan dan memperoleh penghasilan yang layak di dalam atau di luar negeri.


23. Bagaimanakah bunyi pasal 52 ayat 1 Undang Undang Nomor 13 tahun 2003?

Jawaban:
Pasal 52 ayat 1 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan juga menegaskan bahwa: Perjanjian kerja dibuat atas dasar: Kesepakatan kedua belah pihak. ... Pekerjaan yang diperjanjikan tidak bertentangan dengan ketertiban umum, kesusilaan, dan peraturan perundang undangan yang berlaku.


24. Apa hak tenaga kerja sesuai dengan UU Nomor 13 tahun 2013 Pasal 5?

Jawaban:
Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 5 UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yaitu “Setiap tenaga kerja memiliki kesempatan yang sama tanpa diskriminasi untuk memperoleh pekerjaan.”


25. Dalam Undang-Undang Tenaga Kerja Bagaimana Apakah anak anak boleh bekerja?

Jawaban:
Pasal 68 UU No. 13 tahun 2003 menyebutkan bahwa pengusaha dilarang mempekerjakan anak. Dan dalam ketentuan undang-undang tersebut, anak adalah setiap orang yang berumur dibawah 18 tahun. Berarti 18 tahun adalah usia minimum yang diperbolehkan pemerintah untuk bekerja.


26. Apa yang dimaksud dengan penduduk diluar usia kerja?

Jawaban:
Menurut Undang-Undang Tenaga Kerja No. 13 Tahun 2003, mereka adalah penduduk di luar usia, yaitu mereka yang berusia di bawah 15 tahun dan berusia di atas 64 tahun. Contoh kelompok ini adalah para pensiunan, para lansia (lanjut usia) dan anak-anak.


27. Menurut kalian apa perbedaan antara tenaga kerja angkatan kerja dan pekerja?

Jawaban:
Dari pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja dapat disimpulkan bahwa tenaga kerja adalah penduduk dalam usia produktif yang sedang bekerja dan tergolong pada angkatan kerja. Sedangkan angkatan kerja merupakan penduduk dalam usia produktif yang terdiri dari tenaga kerja, sementara tidak bekerja, dan pengangguran.


28. Apa hubungan antara tenaga kerja angkatan kerja kesempatan kerja dan pengangguran?

Jawaban:
semakin besar tenaga kerja di suatu negara, maka semakin besar pula kesempatan kerja yang dibutuhkan. - bila kesempatan kerja yang ada tidak cukup maka jumlah pengangguran akan meningkat dan jumlah angkatan kerja akan menurun. ... Sebaliknya pengangguran adalah tenaga kerja yang tidak memiliki pekerjaan.


29. Jelaskan Upah berdasarkan waktu ?

Jawaban:
Pemberian upah dihitung berdasarkan lamanya waktu kerja, misalnya upah harian, mingguan, bulanan, dan sebagainya.


30. Jelaskan Upah sliding scale ?

Jawaban:
Pemberian upah mengikuti perubahan penjualan produk dan tidak terdapat penentuan upah minimum.


31. Jelaskan Upah indeks ?

Jawaban:
Pemberian upah berdasarkan indeks biaya hidup atau daya beli buruh.