Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

89 Soal (Essay) Pasar Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Pasar

1. Apakah pengertian dari pasar?

Jawaban:
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.


2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep pasar dalam kegiatan bisnis?

Jawaban:
Pasar, dalam ilmu ekonomi, adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli produk barang dan atau jasa. Transaksi jual-beli yang terjadi tidak selalu memerlukan lokasi fisik. Pasar yang dimaksud bisa merujuk kepada suatu negara tempat suatu barang dijual dan dipasarkan.


3. Apa yang dimaksud dengan peran pasar?

Jawaban:
Pasar memiliki peran penting untuk menyalurkan barang yang diproduksi produsen. Pasar juga menjadi tempat pembentuk harga, seperti harga keseimbangan pasar. Selain itu, pasar menjadi sarana bagi produsen untuk mengenalkan produknya.


4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar global?

Jawaban:
Pasar global adalah sebuah bentuk dari pasar yang dimana pemasarannya akan melakukan pencakupan dari seluruh kawasan yang ada di dunia


5. Bagaimana konsep pasar dalam ilmu ekonomi?

Jawaban:
Pasar adalah sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli, baik itu barang ataupun jasa. ... Pengertian pasar dalam ilmu ekonomi adalah jumlah permintaan dan juga penawaran pada barang atau jasa tertentu.


6. Siapa saja yg terlibat dalam kegiatan di pasar?

Jawaban:
Pelaku utama yang terlibat dalam kegiatan pasar, yaitu:
a. Pedagang.
b. Pembeli.
c. Tengkulak.
d. Distributor.
e. Tukang gendong atau tukang pikul.


7. Apa yang dimaksud dengan pasar bulanan dan berikan contohnya?

Jawaban:
Pasar bulanan adalah pasar yang berlangsung setiap bulan. Biasanya, barang-barang yang diperjualbelikan di pasar bulanan adalah barang-barang khusus dan tersedia dalam jumlah banyak. ... Contohnya, pasar-pasar yang 'muncul' di depan kantor pos, ketika tiba masa pembayaran pensiun.


8. Apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna dan berikan contohnya?

Jawaban:
Dalam perekonomian, salah satu struktur pasar suatu negara yakni pasar persaingan sempurna. Dalam sistemnya, pasar ini tidak memungkinkan penjual dan pembeli mempengaruhi harga barang atau jasa. Perusahaan beras merupakan contoh perusahaan yang bersaing di pasar persaingan sempurn


9. Apa yang dimaksud dengan pasar tradisional dan contohnya?

Jawaban:
Pasar atau pekan, secara lengkap disebut pasar tradisional, adalah tempat orang melakukan jual beli. ... Beberapa pasar yang terkenal antara lain Pasar Beringharjo di Yogyakarta, Pasar Klewer di Solo, dan Pasar Johar di Semarang


10. Jelaskan apa peran pasar dalam kehidupan masyarakat?

Jawaban:
Pasar berperan sebagai penambah pendapatan negara melalui pajak dan retribusi. Dengan begitu, negara akan memperoleh tambahan pendapatan melalui devisa dari ekspor dan impor. Lewat pasar, pemerintah juga mampu mengontrol kegiatan ekonomi serta menjadikannya sebagai tempat pemenuh kebutuhan pembangunan nasional.


11. Apa peran pasar dalam kehidupan sehari hari?

Jawaban:
Dalam kehidupan sehari-hari pasar memiliki peran yang sangat penting. Pasar digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi konsumen atau pembeli, pasar memudahkan mereka mencari berbagai macam kebutuhan pokok. Jika tidak ada pasar, masyarakat akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup.


12. Apa saja peran pasar tenaga kerja jelaskan?

Jawaban:
Fungsi Pasar Tenaga Kerja yakni sebagai berikut : Berfungsi untuk Sarana Penyaluran Tenaga Kerja, Berfungsi untuk sarana untuk mendapatkan informasi tentang ketenagakerjaan, Berfungsi untuk sarana untuk mempertemukan pencari kerja dan orang atau lembaga yang membutuhkan tenaga kerja.


13. Apa saja peranan pasar bagi konsumen dan produsen?

Jawaban:
Dengan adanya pasar, pembeli akan dapat dengan mudah mendapatkan barang yang mereka inginkan dari produsen tanpa harus mendatangi tempat produksi. Selain itu, pasar juga memudahkan produsen untuk mendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan dalam proses produksi.


14. Jelaskan peranan penting dari harga itu apa saja?

Jawaban:
Harga produk mempengaruhi tingkat upah, sewa, bunga dan laba. Harga merupakan regulator dasar dalam sistem perekonomian, karena harga berpengaruh terhadap alokasi faktor-faktor produksi seperti tenaga kerja, tanah, modal, dan kewirausahaan. Bagi konsumen.


15. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar abstrak?

Jawaban:
Pasar abstrak merupakan pasar tidak nyata dimana transaksi antar penjual dan pembeli hanya dilakukan melalui telepon, internet. Interaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli akan menentuakn tingkat harga suatu komoditas (barang atau jasa) dan jumlah komoditas yang diperjual belikan.


16. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar lokal dan pasar global?

Jawaban:
Pasar lokal : Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota. Pasar global : pasar global adalah pasar berskala dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha.


17. Apa resiko memasuki pasar global?

Jawaban:
Resiko memasuki pasar global dikarenakan fluktuasi mata uang, pemerintah yang tidak stabil, hambatan para proteksionis, biaya-biaya adaptasi produk dan komunikasi yang mahal, serta beberapa faktor lain. ... Karena itulah perusahaan tidak dapat sekadar bertahan di pasar domestik dan berharap dapat mempertahankan pasarnya.


18. Jelaskan apa yang dimaksud pasar persaingan tidak sempurna?

Jawaban:
Pasar persaingan tidak sempurna merupakan suatu struktur pasar dalam ilmu ekonomi. Di sistem ini, penjual lebih memiliki kuasa dalam menentukan harga, sebab jumlah penjual lebih banyak dari pembeli.


19. Manakah yang termasuk pasar tahunan?

Jawaban:
Jenis-jenis pasar berdasarkan waktunya juga ada yang diselenggarakan sekali dalam satu tahun. Pasar itu disebut pasar tahunan. Contoh pasar tahunan seperti Pasar Raya Jakarta atau PRJ, pasar sekaten di Yogyakarta dan sebagainya. Pasar tahunan biasanya terjadi di kota-kota besar


20. Mengapa pasar persaingan sempurna tidak ada di dunia nyata?

Jawaban:
Pasar persaingan sempurna mengandung sejumlah besar perusahaan kecil, relatif kecil dibandingkan dengan ukuran keseluruhan pasar. ... Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar ideal yang tidak ada di dunia nyata.


21. Ada apa di pasar tradisional?

Jawaban:
Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya.


22. Apa perbedaan antara pasar tradisional dan pasar modern?

Jawaban:
Pasar tradisional memiliki arti kegiatan penjual dan pembeli melakukan jual-beli dengan tawar menawar. ... Begitu juga dengan pasar modern yang memiliki arti kegiatan pembeli dan penjual yang melakukan jual-beli tapi tidak tawar-menawar.


23. Apa saja peran pasar dalam kegiatan produksi?

Jawaban:
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi produsen yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan dapat pula digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang dan jasa hasil produksi.


24. Mengapa sistem ekonomi sangat penting dalam pasar bebas?

Jawaban:
Keperluan dan kebutuhan di dalam negeri akan bisa terpenuhi dengan tepat dengan adanya pasar bebas. Kenapa? Karena beberapa barang mungkin akan sulit untuk diproduksi atau didapatkan dalam negeri. Untuk itu, negara yang melakukan kegiatan impor barang dari luar negeri bisa memenuhi kebutuhannya secara lebih mudah.


25. Mengapa pasar bisa berfungsi sebagai pembentuk harga?

Jawaban:
Pembeli yang membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, sehingga terjadilah tawar-menawar antara kedua belah pihak. Setelah terjadi kesepakatan, terbentuklah harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.


26. Bagaimana peran pasar untuk pembangunan?

Jawaban:
Peran pasar bagi pembangunan adalah menunjang kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung. Pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang dan jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar juga dapat dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.


27. Bagaimana mekanisme pasar tenaga kerja?

Jawaban:
Cara kerja pasar tenaga kerja mirip dengan pasar barang. ... Sebaliknya, upah yang lebih rendah mengurangi permintaan tenaga kerja. Tingkat upah ekuilibrium tercapai ketika kuantitas tenaga kerja yang ditawarkan sama dengan tenaga kerja yang diminta.


28. Apa pengertian pasar abstrak tidak nyata?

Jawaban:
Pasar yang penjual dan pembelinya tidak bertemu secara langsung.


29. Jelaskan apa yang dimaksud kerajinan pasar lokal?

Jawaban:
Kerajinan Pasar Lokal adalah pasar yang hanya ada atau hanya terdapat pada suatu daerah atau wilayah tertentu saja. Contohnya: Kerajinan batik.


30. Apa keuntungan masuk pasar global?

Jawaban:
Pasar global dapat memberi Anda akses ke sumber pendapatan baru, yang dapat memberi bisnis Anda lebih banyak potensi finansial. Dengan berdagang di satu pasar, Anda mengurangi risiko masalah perdagangan dalam negeri terhadap bisnis Anda. Kenaikan omset dan pendapatan memastikan bisnis Anda lebih stabil.


Selanjutnya: Soal (Essay) Pasar Bagian 2