Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

66 Soal (Essay) Pengantar Bisnis Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Pengantar Bisnis


1. Apa yang dipelajari di mata kuliah Pengantar bisnis?

Jawaban:
Pengantar Bisnis merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan pada semester awal pada Program Studi Manajemen dan wajib ditempuh mahasiswa. ... Dalam mata kuliah ini dibahas semua aspek dalam praktek kegiatan perusahaan meliputi: keuangan, operasi, sumber daya manusia, dan pemasaran.


2. Apa yang dimaksud dengan ruang lingkup bisnis?

Jawaban:
Ruang lingkup bisnis adalah pernyataan formal dalam proposal usaha maupun bisnis plan yang menjelaskan cakupan sektor kerja dari sebuah perusahaan.


3. Apa yang dimaksud dengan bisnis dan siapa saja yang terlibat dalam suatu kegiatan bisnis?

Jawaban:
Dengan kata lain, bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun organisasi yang melibatkan proses pembuatan, pembelian, penjualan, atau pertukaran barang maupun jasa dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. .


4. Kenapa kita harus belajar bisnis?

Jawaban:
Sebab, belajar bisnis akan mempersiapkan Anda benar-benar mampu bekerja dan sukses di dunia kerja. Meraih gelar sarjana di bidang bisnis tidak akan sia-sia, karena dapat membantu Anda mempelajari pengetahuan dasar tentang bisnis. Kabar gembiranya, karir berbasis ilmu bisnis ini memiliki cakupan yang sangat luas.


5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hubungan bisnis?

Jawaban:
Hubungan Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan karena ketidakmampuannya untuk berbisnis, ataupun masalah permodalannya.


6. Apa yang dimaksud dengan transaksi bisnis serta sebutkan dan jelaskan ruang lingkupnya?

Jawaban:
Transaksi usaha, adalah semua transaksi keuangan yang berhubungan dengan kegiatan utama dari perusahaan, misalnya pada perusahaan jasa service mobil, maka kegiatan utamanya ialah memperbaiki mobil yang rusak dari costumernya, dalam usaha servise tersebut maka akan muncul transaksi penerimaan pendapatan jasa service


7. Apa saja yang termasuk dalam kegiatan bisnis?


Jawaban:
Macam-macam Bisnis
1. Bisnis Pertanian.
2. Bisnis Produksi Bahan Mentah.
3. Bisnis Manufaktur.
4. Bisnis Konstruksi.
5. Bisnis Transportasi.
6. Bisnis Komunikasi.
7. Bisnis Perdagangan Besar/Kecil.
8. Bisnis Finansial.
9. Bisnis Jasa


8. Siapa saja yang terlibat dalam bisnis?

Jawaban:
1. Pelanggan/Konsumen
2. Pemasok/ Suplier/Suplayer
3. Pemerintah
4. Serikat Pekerja
5. Pesaing/Rival
6. Lembaga Keuangan
7. Lembaga Konsumen
8. Kelompok Khusus


9. Apa yang dimaksud dengan pelaku bisnis?


Jawaban:
Pelaku usaha adalah setiap orang perseorangan atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan atau melakukan kegiatan dalam wilayah hukum negara Republik Indonesia, baik sendiri maupun bersama-sama melalui perjanjian menyelenggarakan kegiatan usaha dalam dunia usaha


10. Apa yang dimaksud dengan hubungan keagenan?

Jawaban:
Hubungan keagenan (agency relationship) adalah hubungan yang muncul setiap kali salah satu pihak (prinsipal) mendelegasikan otoritas pengambilan keputusan atau mengontrol sumber daya ke pihak lain (agen). Contoh hubungan ini adalah antara pemegang saham dengan manajemen perusahaan.


11. Apa hubungan antara perusahaan dan bisnis?

Jawaban:
Hubungan perusahan dengan bisnis terletak pada pendistribusian prodak atau barang kepada konsumen yang mana disini prodak yang di hasilkan oleh sebuah perusahaan akan di distribusikan ke konsumen dan disini lah perusahaan akan bekerja sama atau berbisnis dengan seorang maupun sekelompok orang untuk menghasilkan


12. Apa hubungan antara kontrak dengan bisnis?

Jawaban:
Kontrak merupakan sebuah perjanjian yang tertulis. Biasanya dalam melakukan kontrak bisnis, diperlukan kesepakatan dalam perjanjiannya yang tertulis. Saat pembuatan kontrak bisnis telah dibuat, maka kontrak tersebut akan berlaku dan wajib diikuti oleh semua pihak.


13. Tuliskan dan jelaskan apa itu transaksi?

Jawaban:
Pengertian transaksi secara umum adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pihak organisasi maupun individu yang mampu melahirkan perubahan atas harta atau finansial yang dimilikinya. ... Beberapa contoh kegiatan transaksi tersebut adalah menjual, membeli, membayar gaji, serta membayar beberapa jenis hal lainnya.


14. Apa saja ruang lingkup dari hukum bisnis?

Jawaban:
Ruang lingkup hukum bisnis sendiri, mencakup beberapa hal berikut ini diantaranya:
1. Kontrak bisnis
2. Bentuk badan usaha (PT, Firma, CV)
3. Pasar modal dan perusahaan go publik
4. Kegiatan jual beli oleh perusahaan
5. Investasi atau penanaman modal
6. Likuidasi dan pailit
7. Merger, akuisisi dan konsolidasi
8. Pembiayaan dan perkreditan
9. Jaminan hutang
10.Surat-surat berharga
11. Ketenagakerjaan
12. Hak Kekayaan Intelektual Industri
13. Persaingan usaha tidak sehat dan larangan monopoli
14. Perlindungan terhadap konsumen
15. Distribusi dan agen
16. Perpajakan
17. Asuransi
18. Menyelesaikan sengketa bisnis
19. Bisnis Internasional
20. Hukum pengangkutan
21. Ahli Teknologi
22. Hukum perindustrian atau industri pengolahan.
23. Hukum Kegiatan perusahan multinasional
24. Hukum Kegiatan Pertambangan
25. Hukum Perbankan dan surat-surat berharga
26. Hukum Real Estate
27. Hukum perdagangan internasional atau perjanjian internasional
28. Hukum Tindak Pidana Pencucian Uang


15. Sebutkan dan jelaskan apa yang menjadi ruang lingkup hukum bisnis?

Jawaban:
Pada umumnya, ruang lingkup hukum bisnis mencakup beberapa hal seperti bentuk badan usaha (PT, Firma, CV), kegiatan jual beli (termasuk ekspor dan impor), investasi atau penanaman modal, ketenagakerjaan, pembiayaan, jaminan utang dan surat berharga, hak kekayaan intelektual, asuransi, dan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan bisnis.


16. Jelaskan apa saja aktivitas aktivitas dalam bisnis disertai contoh?

Jawaban:
Aktivitas bisnis adalah suatu jenis kegiatan yang dilakukan seseorang atau beberapa orang yang berhubungan dengan transaksi penjualan barang maupun jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan berupa penghasilan. contohnya: aktivitas jual beli mobil, bisnis cuci mobil, jualan ternak, membuka toko perabotan, dll.


17.  Langkah Memulai Bisnis Sukses

Jawaban:
Langkah 1: Mencari peluang. ...
Langkah 2: Mengetahui target pembeli. ...
Langkah 3: Ikuti insting Anda. ...
Langkah 4: Jadi yang pertama. ...
Langkah 5: Mencari mitra yang sehati.


18. Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan usaha furniture?

Jawaban:
Pihak-pihak yang terlibat dalam usaha furnitur yaitu tukang kayu, desainer,, tukang ukir dan pedagang furnitur.


19. Siapa saja pihak pihak yang terlibat dalam bisnis online?

Jawaban:
Pihak yang terkait langsung dalam transaksi paling tidak ada empat pihak yang terlibat, diatas telah disebutkan antara lain; penjual, pembeli, penyedia jasa pembayaran, penyedia jasa pengiriman.1


20. Apa yang dimaksud dengan kategori bisnis?

Jawaban:
Kategori mendeskripsikan bisnis dan menghubungkan Anda dengan pelanggan yang menelusuri produk atau layanan yang Anda tawarkan. Bergantung pada jenis bisnis yang dijalankan, kategori tersebut juga dapat digunakan untuk memberikan label tempat pada bisnis Anda


21. Apa yang dimaksud dengan kegiatan bisnis?

Jawaban:
Kegiatan usaha atau bisnis merupakan suatu aktivitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia, organisasi, dan masyarakat secara luas. ... Produksi dapat diartikan sebagai kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang ada.


22. Apa yang dimaksud dengan rencana bisnis?

Jawaban:
Perencanaan bisnis adalah hal-hal penting yang harus disiapkan sebelum mendirikan sebuah perusahaan. Di dalam sebuah rencana bisnis, umumnya dituangkan secara terperinci mengenai konsep usaha, pemasaran, keuangan dan sebagainya.


23. Jelaskan apa yang dimaksud dengan agency problem masalah keagenan?

Jawaban:
Agency problem adalah konflik yang terjadi karena adanya konflik kepentingan dalam diri manajer sebagai pengelola jalannya perusahaan untuk mengutamakan kepentingan pribadi diatas tujuan perusahaan yaitu memaksimumkan kesejahteraan pemegang saham.


24. Apa hubungan bisnis dengan perekonomian suatu negara?

Jawaban:
Secara garis besar, hubungan antara perekonomian dengan bisnis itu saling mempengaruhi satu sama lainnya. ... Apabila bisnis berkembang, maka investasi akan berdatangan, tenaga kerja semakin terserap dan pendapatan negara akan bertambah melalui pajak.


25. Apa hubungan stakeholder dengan organisasi perusahaan?

Jawaban:
Dalam organisasi atau perusahaan, stakeholder berperan aktif dan pasif dalam upaya mencapai tujuan organisasi atau perusahaan tersebut. Dalam kegiatan bisnis atau perusahaan, fungsi stakeholder adalah sebagai salah pihak yang mengembangkan bisnis atau perusahaan tersebut.


26. Kenapa perjanjian kontrak bisnis dibutuhkan undang-undang hukum untuk mengaturnya?

Jawaban:
Kontrak berfungsi sebagai hukum atau undang-undang. Karena berdasarkan pasal 1338 KUH Perdata menerangkan bahwa segala perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya. ... Kontrak berfungsi untuk mencegah timbulnya masalah di kemudian hari


27. Apa yang dimaksud dengan transaksi akuntansi?

Jawaban:
Transaksi akuntansi adalah kesepakatan atau perjanjian yang terjalin diantara dua pihak, dimana pihak pertama berlaku sebagai penjual barang atau jasa, sedangkan pihak kedua berlaku sebagai pembeli barang atau jasa.


28. Apakah yang dimaksud bukti transaksi?


Jawaban:
Secara jelasnya, bukti transaksi adalah bukti tertulis yang mencatat atau merekap segala kegiatan transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan maupun sebuah bisnis. Bukti transaksi berperan penting dalam mencegah munculnya permasalahan di waktu yang akan datang.


29. Jelaskan apa yang dimaksud dengan transaksi keuangan?


Jawaban:
Dalam akuntansi, transaksi bisnis atau dikenal juga sebagai transaksi keuangan adalah segala kegiatan yang dapat diukur dengan uang dan berdampak pada posisi keuangan suatu perusahaan.


30. Apa saja yang menjadi sumber hukum bisnis?

Jawaban:
Menurut Munir Fuady, sumber hukum bisnis, meliputi: Perundang-undangan, perjanjian, traktat, yurisprudensi, kebiasaan dan doktrin ahli hukum.


31. Apa tujuan adanya sumber hukum bisnis?

Jawaban:
Berikut ini adalah beberapa tujuan dari hukum bisnis ; Menjamin berfungsinya keamanan mekanisme pasar secara efisien dan lancar. Melindungi berbagai suatu jenis usaha, khususnya untuk jenis Usaha Kecil Menengah (UKM). ... Mewujudkan bisnis yang aman dan adil untuk semua pelaku bisnis.


32. Apa peran hukum dalam kegiatan bisnis?

Jawaban:
Secara keseluruhan, keberadaan Hukum Bisnis akan menjamin fungsi keamanan mekanisme pasar, melindungi usaha terutama UMKM, dan memperbaiki sistem keuangan dan perbankan. Intinya, adanya hukum yang khusus mengatur aspek ini akan mewujudkan bisnis yang adil dan merata bagi semua pihak


33. Apa yang dimaksud dengan bisnis berikan contoh?

Jawaban:
Pengertian Bisnis – Secara sederhana, bisnis adalah kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Bisnis umumnya dijalankan sebuah perusahaan dalam bentuk badan usaha tertentu, seperti misalnya perusahaan persorangan, persekutuan ataupun perseroan.


34. Bagaimana Anda mendefinisikan etika yang baik dalam berbisnis?

Jawaban:
Steade Et Al juga turut mendefinisikan sebagai standar etika yang berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis. Dari beberapa pengertian para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa etika berbisnis adalah moral yang baik untuk diterapkan sebagai pedoman dalam menjalankan sebuah bisnis.


35. Jelaskan langkah dalam memulai bisnis?


Jawaban:
10 Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis
1. Lakukan riset.
2. Buatlah perencanaan.
3. Rencanakan keuangan.
4. Tentukan struktur bisnis.
5. Pilih dan daftarkan brand bisnis Anda.
6. Dapatkan lisensi dan izin usaha.
7. Pilih sistem akuntansi keuangan.
8. Siapkan lokasi bisnis.
9. Siapkan tim Anda
10. Promosikan bisnis kecil Anda


36. Laundry kategori bisnis apa?


Jawaban:
Usaha laundry adalah sebuah usaha dalam bidang jasa. Bentuk jasa yang ditawarkan adalah mencucikan pakaian atau barang-barang lainnya yang umum digunakan oleh konsumen.


37. Aktivitas apa saja yang selalu ada dalam kegiatan bisnis?


Jawaban:
Aktivitas bisnis, termasuk aktivitas operasi, investasi dan pendanaan, sedang berlangsung dan berfokus pada penciptaan nilai bagi pemegang saham. Ada tiga jenis kegiatan bisnis utama: operasi, investasi, dan pembiayaan.


38. Apa itu karakteristik bisnis?

Jawaban:
Bisnis terlibat dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Bisnis adalah untuk meningkatkan kekayaan dan kesejahteraan masyarakat. Bisnis menciptakan permintaan dan kebutuhan manusia. Bisnis adalah memproduksi, membeli dan menjual produk dan jasa kepada konsumen.


39. Mengapa aktivitas bisnis penting?

Jawaban:
Bisnis esensial bagi kehidupan kita. Hadirnya mereka memungkinkan kita untuk menikmati standar hidup yang lebih baik daripada yang mungkin jika kita mandiri. ... Tidak hanya memenuhi kebutuhan dan keinginan kita, bisnis juga menyediakan pekerjaan dan pendapatan ke kita.


40. Apa Saja yang Harus Ada dalam Rencana Bisnis?

Jawaban:
Rencana bisnis atau business plan adalah salah satu elemen penting yang mendukung keberhasilan sebuah bisnis:
1. Visi dan Misi Perusahaan.
2. Deskripsi Perusahaan dan Produk atau Layanan.
3. Keunikan Produk.
4. Analisis Pasar.
5. Tim yang Bekerja.
6. Rencana Memasarkan Produk atau Layanan.
7. Analisis SWOT Perusahaan
8. Rencana Uang Masuk dan Keluar


41. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengorganisasian bisnis?

Jawaban:
Pengertian organisasi bisnis yaitu suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). ... Unsur bisnis yang perlu mendapat perhatian pengusaha yaitu lingkungan bisnis.


42. Apa hubungan antara bisnis dan masyarakat?

Jawaban:
Suatu bisnis sangat erat dengan masyarakat, karena masyarakat merupakan bagi bisnis, baik bisnis produk, maupun bisnis jasa. kadang dalam memulai bisnis, yg harus dipikirka dahulu apakah yg dibutuhkan masyarakat.


43. Mengapa dalam setiap bisnis perlu diadakan perjanjian secara tertulis?

Jawaban:
Perjanjian yang dibuat secara lisan/tidak tertulis pun tetap mengikat para pihak, dan tidak menghilangkan, baik hak dan kewajiban dari pihak yang bersepakat. Namun, untuk kemudahan pembuktian, acuan bekerja sama dan melaksanakan transaksi, sebaiknya dibuat secara tertulis.


44. Jelaskan upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis di Indonesia dalam meminimalisir terjadinya sengketa akibat kontrak yang disepakati oleh para pihak?

Jawaban:
Sebelum perselisihan terjadi, Anda dapat meminimalisir terjadinya perselisihan dengan membuat perjanjian, kontrak, ataupun agreement. Di mana, kontrak atau perjanjian dapat menjadi bukti yang kuat bagi Anda jika suatu saat nanti terjadi perselisihan.


45. Apa yang dimaksud dengan subjek hukum bisnis?

Jawaban:
Adalah setiap orang yang mempunyai kedudukan yang sama selaku pendukung hak dan kewajiban. Pada prinsipnya orang sebagai subjek hukum dimulai sejak lahir hingga meninggal dunia. lahir, bilamana juga kepentingan si anak menghendaki).


46. Bagaimana Hukum Bisnis di Indonesia?

Jawaban:
1. Perseroan Terbatas.
2. Kontrak Bisnis.
3. Pasar Modal.
4. Merger / Akuisisi.
5. Perkreditan.
6. Hak atas kekayaan intelektual.
7. Pajak.
8. Bisnis internasional.


47. Apa yang dimaksud dengan bisnis orang?

Jawaban:
Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tidak terbatas atas harta perusahaan.


48. Apa yang dimaksud dengan bisnis to Consumers?

Jawaban:
B2C atau Business to Customer merupakan bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung. Dengan kata lain, bisnis jenis ini berhubungan langsung dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya.


49. Bagaimana contoh penerapan etika bisnis yang sederhana dalam setiap kegiatan bisnis?

Jawaban:
Berikut Contoh Penerapan dari Etika Bisnis Itu Sendiri
1. Menyebutkan Nama Klien dengan Baik. ...
2. Hadir Tepat Waktu Saat Janji Temu. ...
3. Berdiri Saat Berkenalan. ...
4. Tidak Segan Mengucapkan Terimakasih. ...
5. Membayar Tagihan Rapat.


50. Apa yang dimaksud dengan klasifikasi bisnis?


Jawaban:
Bisnis terdiri dari berbagai jenis, dan, sebagai hasilnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda. Salah satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan kegiatan berdasarkan yang melakukan bisnis dalam menghasilkan keuntungan


51. Apa yang dimaksud dengan bisnis keluarga?

Jawaban:
Bisnis keluarga atau family business merupakan bisnis yang dimiliki dan/atau dikelola oleh sejumlah orang yang memiliki hubungan kekeluargaan, baik suami-istri maupun keturunannya, termasuk hubungan persau- daraan.


52. Apa yang dimaksud dengan bisnis yang tidak mencari keuntungan?

Jawaban:
Bisnis yang tidak berorientasi keuntungan atau disebut sebagai bisnis nirlaba. Contohnya adalah yayasan, organisasi sosial, lembaga swadaya masyarakat, dan lain sebagainya.


53. Mengapa etika sangat diperlukan dalam dunia bisnis?

Jawaban:
Etika bisnis mempunyai peranan penting sebab dapat menciptakan norma, nilai, dan juga perilaku karyawan serta pimpinan dengan tujuan membangun hubungan yang sehat dan adil dengan relasi kerja, masyarakat, atau pemegang saham


54. Bagaimana membesarkan bisnis keluarga?

Jawaban:
Ini 4 Cara Mengembangkan Bisnis Keluarga
1. Percaya dengan Tim.
2. Pekerjakan Orang yang Tepat.
3. Tahu Target Pasar.
4. Jangan Fokus Pada Ide-ide Baru, Karena Ide Lama Bisa Lebih Baik.


55. Bagaimana budaya bisnis keluarga?

Jawaban:
Budaya bisnis keluarga B adalah UMK keluarga yang memiliki latar belakang bisnis karena mereka(pengusaha) memiliki anggota keluarga yang pernah memiliki usaha/bisnis dan sudah tidak memiliki/menjalankan usaha/bisnis.


56. Apa itu bisnis secara historis?

Jawaban:
Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. ... Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.


57. Apa arti keuntungan pertama dalam bisnis?

Jawaban:
Keunggulan penggerak pertama adalah ksetiap keuntungan yang diperoleh perusahaan karena menjadi yang pertama yang menawarkan produk atau jasa ke pasar. Penggerak pertama memiliki kesempatan untuk mengekstrak manfaat jangka panjang terbesar dari pengenalan produk


58. Untuk menjadi penggerak pertama dalam bisnis apakah perlu memiliki analisis pasar?

Jawaban:
Untuk menjadi Penggerak Pertama dalam bisnis, Anda tidak perlu memiliki analisis pasar


59. Apa saja yang perlu diperhatikan agar bisnis bertahan lama?

Jawaban:
5 Tips Bisnis Bertahan Lama
1. Miliki kemauan dan mimpi yang besar.
2. Miliki perancangan dan strategi yang matang.
3. Perlakukan pelanggan dengan baik.
4. Inovasi dan kreativitas.
5. Bangun koneksi seluas-luasnya.


60. Bagaimana cara menyikapi tantangan yang dihadapi dunia bisnis dengan adanya perubahan lingkungan?

Jawaban:
Cara Mengatasi Perubahan Lingkungan Bisnis
1. Meningkatkan mutu SDM.
2. Responsif. ...
3. Upgrade teknologi. ...
4. Meningkatkan akses informasi. ...
5. Evaluasi pencapaian target.


61. Lingkungan seperti apa yang dapat mendukung usaha bisnis agar berjalan dengan baik?


Jawaban:
Ada beberapa hal yang membentuk lingkungan bisnis seperti supplier, pesaing, kelompok konsumen, media, pemerintah, pelanggan, kondisi ekonomi, kondisi pasar, investor, teknologi, tren, dan berbagai institusi lain yang ada di luar perusahaan.


62. Faktor faktor lingkungan apa saja yang terkait atau mempengaruhi aktivitas bisnis?

Jawaban:
Beberapa hal yang membentuk lingkungan bisnis adalah kompetitor, pemasok, media, kelompok pelanggan, pelanggan, pemerintah, kondisi pasar, kondisi ekonomi, teknologi, pemodal, tren, dan beragam pihak lain yang berasal dari luar perusahaan.


63. Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan internal dan eksternal dalam bisnis?

Jawaban:
Secara garis besar, lingkungan di mana bisnis beroperasi terdiri dari dua kategori, yaitu: Lingkungan internal, yang mencakup berbagai faktor di bawah kendali perusahaan. Lingkungan eksternal, yang mewakili berbagai faktor di luar kendali perusahaan


64. Mengapa perusahaan perlu melakukan analisis lingkungan eksternal?

Jawaban:
Analisis lingkungan eksternal perlu dilakukan untuk mengidentifikasi peluangpeluang dan ancaman-ancaman besar yang dihadapi suatu organisasi terhadap perubahan lingkungan eksternal perusahaan sehingga manajer dapat merumuskan strategi guna mengambil keuntungan dari berbagai peluang tersebut dan menghindar atau meminimalkan
dampak dari ancaman potensial yang muncul.


65. Langkah langkah analisis lingkungan eksternal?

Jawaban:
Analisis lingkungan eksternal, terdiri dari empat aktivitas yaitu :
1. Pemindaian (Scanning)
2. Pengawasan (Monitoring)
3. Peramalan (Forecasting)
4. Penilaian (Assessing)


66. Analisis eksternal meliputi apa saja?

Jawaban:
Analisis Lingkungan Eksternal meliputi Analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi) yang mencakup kondisi lingkungan makro Indonesia, yaitu perekonomian, teknologi, politik/hukum, dan sosiokultural.