Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

57 Soal (Essay) Sistem Ekonomi Indonesia Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Sistem Ekonomi Indonesia


1. Sistem ekonomi apa yang dipakai di Indonesia?

Jawaban:
Indonesia menggunakan sistem ekonomi campuran disebut juga sistem ekonomi pancasila. Kegiatan ekonomi yang dilakukan juga harus memiliki prinsip berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.


2. Ada apa saja sistem ekonomi?

Jawaban:
Masih melansir modul pembelajaran yang sama, secara umum sistem ekonomi terbagi menjadi empat, yaitu sistem ekonomi tradisional, sistem komando atau terpusat, sistem ekonomi pasar atau liberal, dan sistem ekonomi campuran


3. Dari sejarah ekonomi Indonesia sejak tahun 1945 hingga saat ini sistem ekonomi apa yang paling tepat bagi Indonesia saat ini?

Jawaban:
Indonesia lebih tepat menggunakan sistem ekonomi Pancasila (campuran) karena masih banyak masyarakat Indonesia saat ini yang dibawah garis kemiskinan. ... Masalah ekonomi seperti Inflasi dan pengangguran yang tinggi bisa muncul dan menyebakan pertumbuhan ekonomi yang rendah dan akhirnya akan terjadi kemiskinan


4. Apakah Indonesia menganut sistem ekonomi liberal?

Jawaban:
Namun sistem ekonomi liberal yang diterapkan di masing-masing negara tersebut telah disesuaikan dengan kondisi masyarakatnya. Indonesia sendiri bukan termasuk kedalam negara yang menerapkan sistem ekonomi liberal.


5. Apa sistem ekonomi kapitalisme?

Jawaban:
Kapitalisme adalah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan penuh pada semua orang untuk melakukan kegiatan ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Dalam sistem ekonomi ini, setiap individu memiliki hak penuh untuk mengambil manfaat atas harta atau kekayaannya sebagai alat produksi dan berusaha.


6. Jelaskan sistem ekonomi apakah yang di pakai oleh bangsa Indonesia hingga masa reformasi?

Jawaban:
Ekonomi Pancasila, Ini adalah sistem ekonomi yang kita pakai sampai sekarang. ... Sistem ekonmi ini mengedepankan pihak pemerintah dan swasta dalam mengelola perekonomian. Jadi, ada pembagian peran yang jelas antara badan usaha (Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Swasta)


7. Bagaimana perkembangan pembangunan ekonomi di Indonesia tahun 2020?

Jawaban:
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 relatif lebih baik dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi negara di Asia Tenggara yang berada pada minus 4,0 persen, berdasarkan data Asian Development Outlook pada April 2021


8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi terpimpin?

Jawaban:
Sistem ekonomi komando merupakan sistem dimana pemerintah memiliki kuasa penuh atau dominan terhadap kegiatan ekonomi negaranya. Sistem ini biasa juga disebut sistem ekonomi terpimpin.


9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi terpusat?

Jawaban:
Salah satu macam sistem ekonomi yang berada di Indonesia yaitu Sistem Ekonomi Terpusat. Sistem ekonomi terpusat adalah wadah bagi pemerintah untuk membuat sebuah keputusan ekonomi. Pemerintah mempunyai kekuasaan yang berpengaruh pada kegiatan ekonomi.


10. Bagaimana sistem ekonomi liberal?

Jawaban:
Sistem ekonomi liberal adalah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan pada masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi. Prinsip sistem ekonomi liberal ini adanya keperluan untuk mencari keuntungan pribadi tanpa mementingkan orang lain.


11. Apa saja peran pemerintah dalam sistem ekonomi liberal?

Jawaban:
Dalam sistem ekonomi liberal, pemerintah tidak mempunyai kewenangan untuk mencampuri semua kegiatan ekonomi, disini pemerintah bertindak sebagai pengawas dan tidak dapat mendominasi atau mengintervensi pasar seperti dalam sistem ekonomi komando atau ekonomi campuran, disini pemerintah sama sekali tidak boleh ikut ..


12. Apakah sistem ekonomi campuran yang dianut Indonesia sudah cocok?

Jawaban:
Indonesia adalah negara yang menganut sistem ekonomi campuran dengan ciri-ciri sebagai berikut : ... Pemerintah melakukan campur tangan dalam pelaksanaan kegiatan perekonomian melalui pembuatan kebijakan ekonomi supaya bisa terjadi persaingan pasar yang sehat.


13. Apa itu kapitalis dan contohnya?

Jawaban:
Kapitalisme adalah ideologi yang meyakini bahwa modal milik perorangan ataupun sekelompok orang dalam masyarakat bisa mewujudkan kesejahteraan manusia. Dalam penerapannya dalam sistem ekonomi, setiap warga negara dimungkinkan untuk menguasai modal dan bisnis dengan tujuan mendapatkan keuntungan.


14. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemberian kebebasan penuh dalam sistem ekonomi kapitalis?

Jawaban:
Sistem ekonomi ini memberikan kebebasan secara penuh kepada masyarakatnya dalam melakukan segala kegiatan ekonomi. Intervensi dari pihak pemerintah sangat dibatasi. Jadi mereka hanya berperan sebagai penyedia fasilitas saja.


15. Apakah Indonesia menganut sistem ekonomi kapitalis?

Jawaban:
Indonesia tidak menganut ideologi ekonomi Sosialisme atau Kapitalisme. ... Ekonomi sendiri artiannya luas, mencakup kebutuhan manusia. Tetapi untuk Ideologi Politik dan Pemerintahan, Indonesia sudah menjadikan Pancasila sebagai ideologi secara final!


16. Bagaimana perkembangan pembangunan ekonomi di Indonesia 2021?

Jawaban:
Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan III-2021 berhasil tumbuh positif sebesar 3,51% (yoy) atau 1,55% (qtq), melanjutkan pertumbuhan positif sebelumnya dari Triwulan II-2021. ... Ekspor tumbuh sebesar 29,16% (yoy) dan impor tumbuh sebesar 30,11%(yoy) pada Triwulan III-2021


17. Apa yang dimaksud sistem ekonomi terpusat dan sebutkan ciri cirinya?

Jawaban:
Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)
1. Semua alat dan sumber-sumber daya dikuasai pemerintah.
2. Hak milik perorangan tidak diakui.
3. Tidak ada individu atau kelompok yang dapat berusaha dengan bebas dalam kegiatan perekonomian.
4. Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah


18. Apa kelebihan sistem ekonomi terpusat?

Jawaban:
Kelebihan dari sistem ekonomi terpusat adalah pemerintah bisa melakukan pengawasan dan pengendalian dengan mudah. Pemerintah juga bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua kegiatan ekonomi.


19. Mengapa Indonesia tidak menerapkan sistem ekonomi liberal?

Jawaban:
Pengusaha Hary Tanoesoedibjo mengatakan Indonesia tidak bisa menganut sistem ekonomi liberal yang sifatnya kapitalis. Pasalnya, kebijakan ekonomi liberal hanya melahirkan kesenjangan sosial di lingkup masyarakat yang semakin melebar. “Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan perwujudan sistem ekonomi liberal.