Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

55 Soal (Essay) Terbentuknya Keseimbangan dan Struktur Pasar Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Terbentuknya Keseimbangan dan Struktur Pasar


1. Bagaimana terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar?

Jawaban:
Harga keseimbangan pasar terbentuk karena adanya proses tawar menawar antara penjual dan pembeli. Harga terbentuk atas kesepakatan kedua belah pihak. Dalam ekonomi, harga keseimbangan ini biasanya terjadi saat pembeli menurunkan harga dan penjual menaikkan harganya.


2. Bagaimana struktur pasar?

Jawaban:
Struktur pasar adalah informasi tentang perilaku usaha dan kinerja pasar yang dijelaskan melalui keadaan pasar. Jenis struktur pasar dapat diketahui melalui konsentrasi pasar. ... Struktur pasar persaingan tidak sempurna dibagi menjadi tiga macam yaitu struktur pasar monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.


3. Bagaimana harga terbentuk di pasar?

Jawaban:
Harga pasar terbentuk karena adanya kekuatan permintaan dan penawaran. Permintaan dan penawaran akan berada dalam keseimbangan pada harga pasar bila jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.


4. Bagaimana proses yang terjadi pada keseimbangan pasar?

Jawaban:
Pada dasarnya proses terbentuknya harga keseimbangan pasar terjadi karena adanya interaksi antara penjual yang melakukan penawaran dan pembeli yang melakukan permintaan. Singkatnya, bisa diartikan juga bahwa harga keseimbangan pasar adalah harga hasil tawar menawar antara penjual dan pembeli.


5. Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi terbentuknya struktur pasar?

Jawaban:
Cara Menentukan Struktur Pasar
1. Jumlah pembeli dan penjual.
2. Jenis produk (homogen vs terdiferensiasi)
3. Tingkat substitusi produk.
4. Hambatan untuk masuk dan keluar pasar.
5. Harga.
6. Biaya


6. Bagaimana terjadi perubahan keseimbangan pasar?

Jawaban:
Perubahan keseimbangan pasar perubahan keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahan disisi permintaan dan penawaran. ... terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya.


7. Apa yang dimaksud dengan pasar dan struktur pasar?

Jawaban:
Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual dan pembeli. Struktur Pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya.


8. Suatu struktur pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dan masing masing tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar adalah?

Jawaban:
Pasar persaingan sempurna adalah suatu struktur pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dimana masing-masing tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar.


9. Bagaimana keseimbangan harga bisa terjadi?

Jawaban:
Harga keseimbangan terjadi di saat permintaan dan penawaran menemui suatu kesepakatan , yaitu tepat berada diperpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran


10. Faktor yang mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar?

Jawaban:
Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaandalam pasar, misalnya jumlah perusahaan dalam pasar, skala prioritas, dan jenis produksi.


11. Penyebab terjadinya pasar monopoli yaitu:

Jawaban:
Mendapat hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak paten) Adanya lisensi (pemberian izin kepada perusahaan tertentu yang ditunjuk) Penguasaan bahan mentah (memiliki sumber daya yang unik dan tidak dimiliki produsen lain)


12. Apa yang terjadi jika di pasar tidak mencapai keseimbangan?

Jawaban:
Jika tidak terjadi keseimbangan maka kurva yang ada pun tidak seimbang, harga dan permintaan pasar bisa menjadi terlalu naik atau menurun drastis. ... Harga yang lebih tinggi cenderung mengurangi permintaan sambil mendorong penawaran, dan harga yang lebih rendah meningkatkan permintaan sambil mengecilkan pasokan.


13. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keseimbangan pasar?

Jawaban:
Pasar suatu macam barang dikatakan berada dalam keseimbangan (market equilibrium) apabila jumlah barang yang diminta di pasar tersebut sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.


14. Apakah keseimbangan pasar bisa berubah?

Jawaban:
Harga dan kuantitas keseimbangan pasar dapat berubah sebagai akibat perubahan permintaan atau penawaran.


15. Faktor apa saja yang menyebabkan perubahan pada keseimbangan pasar?

Jawaban:
Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, tetapi jumlah barang atau jasa terbatas. Tinggi rendahnya biaya produksi. Produsen mengetahui selera konsumen. Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, tetapi daya beli konsumen tetap atau berkurang.


16. Jelaskan apa penyebab terjadinya perubahan titik keseimbangan?

Jawaban:
Titik keseimbangan (Equilibrium Price) akan mengalami pergeseran akibat dari naik turunnya akibat perubahan penawaran/permintaan. 1. Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan bertambahnya jumlah permintaan. Jika jumlah permintaan bertambah sedangkan jumlah penawaran tetap, maka ada kecenderungan harga akan naik.


17. Harga keseimbangan akan terjadi apa bila terjadi?

Jawaban:
Harga keseimbangan berarti harga yang terbentuk pada titik pertemuan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran. ... Oleh karena harga keseimbangan terjadi akibat interaksi permintaan dan penawaran di pasar, maka harga keseimbangan bisa juga disebut harga pasar.


18. Apa yang dimaksud dengan keseimbangan harga?

Jawaban:
Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga ekuilibrium atau harga bebas adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran.


19. Apa itu Qd dan Qs dalam ekonomi?

Jawaban:
Untuk menghitung harga dan jumlah keseimbangan, kamu perlu menyusun tabel yang berisi P (harga), Qd (jumlah yang diminta), dan Qs (jumlah yang ditawarkan). Dengan tabel tersebut kamu dapat mengetahui pada harga berapa Qd (jumlah yang diminta) sama dengan Qs (jumlah yang ditawarkan).