Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

55 Soal (Essay) Terbentuknya Keseimbangan dan Struktur Pasar Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Terbentuknya Keseimbangan dan Struktur Pasar


1. Bagaimana terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar?

Jawaban:
Harga keseimbangan pasar terbentuk karena adanya proses tawar menawar antara penjual dan pembeli. Harga terbentuk atas kesepakatan kedua belah pihak. Dalam ekonomi, harga keseimbangan ini biasanya terjadi saat pembeli menurunkan harga dan penjual menaikkan harganya.


2. Bagaimana struktur pasar?

Jawaban:
Struktur pasar adalah informasi tentang perilaku usaha dan kinerja pasar yang dijelaskan melalui keadaan pasar. Jenis struktur pasar dapat diketahui melalui konsentrasi pasar. ... Struktur pasar persaingan tidak sempurna dibagi menjadi tiga macam yaitu struktur pasar monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.


3. Bagaimana harga terbentuk di pasar?


Jawaban:

Harga pasar terbentuk karena adanya kekuatan permintaan dan penawaran. Permintaan dan penawaran akan berada dalam keseimbangan pada harga pasar bila jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.


4. Bagaimana proses yang terjadi pada keseimbangan pasar?

Jawaban:
Pada dasarnya proses terbentuknya harga keseimbangan pasar terjadi karena adanya interaksi antara penjual yang melakukan penawaran dan pembeli yang melakukan permintaan. Singkatnya, bisa diartikan juga bahwa harga keseimbangan pasar adalah harga hasil tawar menawar antara penjual dan pembeli.


5. Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi terbentuknya struktur pasar?

Jawaban:
Cara Menentukan Struktur Pasar
1. Jumlah pembeli dan penjual.
2. Jenis produk (homogen vs terdiferensiasi)
3. Tingkat substitusi produk.
4. Hambatan untuk masuk dan keluar pasar.
5. Harga.
6. Biaya


6. Bagaimana terjadi perubahan keseimbangan pasar?

Jawaban:
Perubahan keseimbangan pasar perubahan keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahan disisi permintaan dan penawaran. ... terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya.


7. Apa yang dimaksud dengan pasar dan struktur pasar?


Jawaban:

Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual dan pembeli. Struktur Pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. 


8. Suatu struktur pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dan masing masing tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar adalah?


Jawaban:
Pasar persaingan sempurna adalah suatu struktur pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dimana masing-masing tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar.


9. Bagaimana keseimbangan harga bisa terjadi?

Jawaban:
Harga keseimbangan terjadi di saat permintaan dan penawaran menemui suatu kesepakatan , yaitu tepat berada diperpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran


10. Faktor yang mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar?

Jawaban:
Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaandalam pasar, misalnya jumlah perusahaan dalam pasar, skala prioritas, dan jenis produksi.


11. Penyebab terjadinya pasar monopoli yaitu:

Jawaban:
Mendapat hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak paten) Adanya lisensi (pemberian izin kepada perusahaan tertentu yang ditunjuk) Penguasaan bahan mentah (memiliki sumber daya yang unik dan tidak dimiliki produsen lain)


12. Apa yang terjadi jika di pasar tidak mencapai keseimbangan?

Jawaban:
Jika tidak terjadi keseimbangan maka kurva yang ada pun tidak seimbang, harga dan permintaan pasar bisa menjadi terlalu naik atau menurun drastis. ... Harga yang lebih tinggi cenderung mengurangi permintaan sambil mendorong penawaran, dan harga yang lebih rendah meningkatkan permintaan sambil mengecilkan pasokan.


13. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keseimbangan pasar?


Jawaban:
Pasar suatu macam barang dikatakan berada dalam keseimbangan (market equilibrium) apabila jumlah barang yang diminta di pasar tersebut sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.


14. Apakah keseimbangan pasar bisa berubah?

Jawaban:

Harga dan kuantitas keseimbangan pasar dapat berubah sebagai akibat perubahan permintaan atau penawaran.


15. Faktor apa saja yang menyebabkan perubahan pada keseimbangan pasar?

Jawaban:
Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, tetapi jumlah barang atau jasa terbatas. Tinggi rendahnya biaya produksi. Produsen mengetahui selera konsumen. Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, tetapi daya beli konsumen tetap atau berkurang.


16. Jelaskan apa penyebab terjadinya perubahan titik keseimbangan?

Jawaban:
Titik keseimbangan (Equilibrium Price) akan mengalami pergeseran akibat dari naik turunnya akibat perubahan penawaran/permintaan. 1. Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan bertambahnya jumlah permintaan. Jika jumlah permintaan bertambah sedangkan jumlah penawaran tetap, maka ada kecenderungan harga akan naik.


17. Harga keseimbangan akan terjadi apa bila terjadi?

Jawaban:
Harga keseimbangan berarti harga yang terbentuk pada titik pertemuan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran. ... Oleh karena harga keseimbangan terjadi akibat interaksi permintaan dan penawaran di pasar, maka harga keseimbangan bisa juga disebut harga pasar.


18. Apa yang dimaksud dengan keseimbangan harga?

Jawaban:

Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga ekuilibrium atau harga bebas adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran.


19. Apa itu Qd dan Qs dalam ekonomi?


Jawaban:
Untuk menghitung harga dan jumlah keseimbangan, kamu perlu menyusun tabel yang berisi P (harga), Qd (jumlah yang diminta), dan Qs (jumlah yang ditawarkan). Dengan tabel tersebut kamu dapat mengetahui pada harga berapa Qd (jumlah yang diminta) sama dengan Qs (jumlah yang ditawarkan).


20. Mengapa keseimbangan pasar sulit terjadi dalam kehidupan nyata?


Jawaban:

Keseimbangan pasar adalah sebuah kondisi dimana jumlah permintan dan jumlah penawaran sama, secara sederhana, jika kita lihat dalam kehidupan nyata, penjual beras memiliki 10 kg beras, maka belum tentu pembeli memerlukan 10 kg beras juga, oleh sebab itu, keseimbangan pasar ini sulit dicapai.


21. Faktor apa saja yang mempengaruhi harga keseimbangan?


Jawaban:
1. Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan jumlah barang atau jasa terbatas.
2. tinggi rendahnya biaya produksi.
3. pandangan masa depan dari produsen atau konsumen.
4. produsen mengetahui selera konsumen.
5. penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan daya beli konsumen tetap atau berkurang.


22. Mengapa harga keseimbangan disebut juga harga pasar?

Jawaban:
Harga pasar terjadi disebabkan oleh adanya kesepakatan harga barang antara penjual dan pembeli dalam suatu waktu. Apabila pada harga tertentu jumlah permintaan dan jumlah penawaran suatu barang adalah sama karena harga pasar disebut juga harga keseimbangan.


23. Kapan terjadi ekuilibrium pasar?


Jawaban:
Ekuilibrium pasar (market equilibrium) terjadi ketika kuantitas yang diminta sama dengan kuantitas yang dipasok. Dalam kurva, itu ada mewakili titik perpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran.


24. Mengapa permintaan dan penawaran harus seimbang?


Jawaban:
Karena pasar yang seimbang dapat menyetarakan keuntungan baik konsumen maupun produsen. Konsep permintaan dan penawaran yang seimbang yaitu pada saat permintaan dan penawaran setara dalam pasar. Sehingga tidak menimbulkan adanya kekurangan maupun surplus.


25. Mengapa biaya produksi bisa mempengaruhi harga keseimbangan?

Jawaban:

Karena biaya produksi akan mempengaruhi harga jual (harga penawaran). Sehingga jika biaya produksi berubah, maka penawaran akan berubah, permintaan juga ikut berubah, dan harga keseimbangan baru akhirnya terbentuk.


26. Bagaimana struktur pasar oligopoli?

Jawaban:
Pasar oligopoli adalah struktur pasar dengan sejumlah kecil produsen atau pedagang di mana di antaranya pemain tersebut bisa secara signifikan mempengaruhi satu sama lain. Secara sederhana, pasar oligopoli adalah suatu kondisi di mana hanya terdapat segelintir perusahaan yang menguasai pasar


27. Apa yang terjadi jika harga lebih tinggi dari harga keseimbangan?


Jawaban:
Ketidakseimbangan akan terjadi saat harga dengan jumlah yang ditawarkan tidak sesuai satu sama lainnya. Semakin tinggi harga dari sebuah batang akan melebihi keseimbangan, maka terjadi pergeseran yaitu terjadi kelebihan penawaran.


28. Apa yang dimaksud dengan keseimbangan ekonomi 2 sektor?


Jawaban:
Keseimbangan dalam perekonomian dua sektor merupakan keseimbangan dari sisi pendapatan dan sisi pengeluaran yang dilakukan oleh sektor rumah tangga dan sektor swasta, dengan mengabaikan sektor pemerintah dan sektor luar negeri


29. Apakah yang dimaksud keseimbangan umum makroekonomi *?

Jawaban:
Ekuilibrium makroekonomi (macroeconomic equilibrium) terjadi ketika penawaran agregat sama dengan permintaan agregat. Penawaran agregat mewakili total output barang dan jasa, sedangkan permintaan agregat mewakili jumlah total barang dan jasa yang diminta di dalam perekonomian


30. Situasi dimana kekuatan penawaran dan permintaan seimbang dan tanpa pengaruh eksternal disebut?

Jawaban:
Ekuilibrium ekonomi atau keseimbangan ekonomi adalah suatu kondisi di mana kekuatan ekonomi seimbang. Oleh karena itu, variabel ekonomi tetap tidak berubah dari nilai keseimbangannya sepanjang tidak ada pengaruh eksternal. Istilah ini juga disebut sebagai keseimbangan pasar atau ekuilibrium pasar.


31. Apa yang menyebabkan terjadinya pergeseran harga keseimbangan ?

Jawaban:

Pergeseran titik keseimbangan juga bisa dikarenakan kurva permintaan dan kurva penawaran sama-sama bergeser. Jika kurva permintaan dan kurva penawaran bergeser bersamaan secara berimbang ke arah yang sama, maka harga keseimbangan akan tetap


32. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar bisnis?


Jawaban:
Pasar Bisnis (Business Market) adalah semua organisasi yang membeli barang dan jasa untuk dipergunakan dalam memproduksi produk atau dengan tujuan dijual lagi atau disewakan kepada pihak lain dengan mengambil untung.


33. Apa peran dan fungsi harga keseimbangan dalam perekonomian?


Jawaban:
Harga berperan menjaga keseimbangan pasar agar tidak terjadinya kelebihan permintaan atau 'excess demand' yang menimbulkan shortage dan menjaga agar tidak terjadinya kelebihan penawaran atau 'excess supply' yang menimbulkan surplus.


34. Dalam harga keseimbangan pasar Mungkinkah harga keseimbangan pasar antara permintaan dan penawaran itu sama?

Jawaban:
Dalam harga keseimbangan antara jumlah permintaan dan penawaran harus sama dengan satu harga, makanya disebut harga keseimbangan


35. Apakah terbentuknya harga di pasar benar benar berdasarkan mekanisme pasar?


Jawaban:
Ya, terbentuknya harga di pasar benar-benar berdasarkan mekanisme pasar sering muncul dalam kegiatan perdagangan saham di pasar modal. berikut penjelasnnya. ... Semakin banyak pembeli lain yang bersedia membeli tomat yang ditawarkan karena kualitasnya yang baik maka penjual dapat menaikkan harga secara bertahap


36. Apa yang dimaksud dengan keseimbangan parsial dan umum?


Jawaban:
Analisis Keseimbangan Umum : menentukan keseimbangan harga dan jumlah barang dalam semua pasar dengan mempertimbangkan pengaruh balik dari pasar yang ada. ... Analisis Keseimbangan Parsial : menentukan keseimbangan harga dan jumlah barang dalam suatu pasar terlepas dari pengaruh luar misalnya pasar yang lain


37. Sebutkan dan jelaskan secara singkat struktur pasar itu apa saja?

Jawaban:
Struktur pasar adalah informasi tentang perilaku usaha dan kinerja pasar yang dijelaskan melalui keadaan pasar. ... Struktur pasar persaingan tidak sempurna dibagi menjadi tiga macam yaitu struktur pasar monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.


38. Apa yang dimaksud dengan perilaku pasar?

Jawaban:
Perilaku pasar merupakan tingkah laku lembaga pemasaran yang menyesuaikan dengan struktur pasar yang terbentuk.


39.  Bagaimana contoh nyata penerapan hukum permintaan dan penawaran?


Jawaban:
Contoh: harga cabai merah di pasar 3.000 maka permintaan masyarakat akan cabai merah pun meningkat, harga bawang merah 19.000 maka permintaan masyarakat pun akan sedikit karena harganya yang mahal. Hukum penawaran: Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan


40. Bagaimana suatu harga dan kuantitas dalam pasar dapat terbentuk?

Jawaban:
Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya


41. Apa yang dimaksud general equilibrium model?

Jawaban:
Model Keseimbangan Umum Multisektoral yang Dapat Dikomputasi merupakan istilah bahasa indonesia dari Computable general equilibrium yang sering kali disingkat sebagai model (CGE) ialah suatu kelas model ekonomi yang menggunakan data ekonomi aktual untuk memperkirakan bagaimana sektor ekonomi bereaksi terhadap perubahan ...


42. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan?

Jawaban:
Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Permintaan (Demand)
1. Harga Barang Terkait.
2. Populasi Penduduk.
3. Selera Masyarakat (Tren)
4. Pendapatan Masyarakat
5. Ketersediaan Kredit
6. Biaya Produksi
7. Kecanggihan Teknologi
8. Jumlah Produsen


43. Apa saja fungsi permintaan?

Jawaban:
Fungsi permintaan adalah suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara kuantitas barang atau jasa yang diminta oleh konsumen dengan harga barang atau jasa tersebut. Fungsinya juga menunjukkan hubungan antara jumlah suatu barang yang diminta dengan faktor-faktor yang mepengaruhinya.


44. Bagaimana bunyi dari hukum permintaan dan hukum penawaran?

Jawaban:
Dan saat permintaan menurun. harga suatu produk naik, maka jumlah produk yang diminta akan menurun. ... Saat penawaran terhadap suatu barang meningkat, maka harga yang ditawarkan akan semakin tinggi. Saat penawaran terhadap suatu barang menurun, maka harga yang ditawarkan akan semakin renda


45. Apa gunanya perusahaan mengetahui keseimbangan pasar?

Jawaban:
Keseimbangan yang terjadi pada market sangat penting terjadi guna mendapatkan kurva permintaan-penawaran berjalan dengan normal. Jika tidak terjadi keseimbangan maka kurva yang ada pun tidak seimbang, harga dan permintaan pasar bisa menjadi terlalu naik atau menurun drastis.


46. Jelaskan apa yang dimaksud dengan struktur pasar dalam ekonomi mikro?

Jawaban:
Menurut buku Aspek Dasar Ekonomi Mikro (2006) karya Tri Kunawangsih, struktur pasar adalah keadaan pasar yang memberikan petunjuk tentang aspek-aspek yang memiliki pengaruh penting terhadap perilaku usaha dan kinerja pasar


47. Apa yang terjadi dibawah harga keseimbangan?

Jawaban:
Karena jika harga ada di bawah harga keseimbangan, maka akan terjadi kelebihan permintaan, karena permintaan akan meningkat akibat harga yang rendah, dan kemudian penawaran menurun. ... Secara grafik harga keseimbangan ini terjadi pada titik potong antara kurva permintaan dengan kurva penawaran (titik E/titik equilibrium)


48. Apa itu jumlah keseimbangan?

Jawaban:
Seperti telah dijelaskan harga terjadi di pasar saat permintaan sama dengan penawaran. ... Tingkat harga tertentu tersebut dikenal sebagai harga keseimbangan,sedangkan kuantitas permintaan dan kuantitas penawaran yang sesuai dengan harga tersebut disebut kuantitas keseimbangan.


49. Kinerja pasar meliputi apa saja?

Jawaban:

Market performance atau kinerja pasar adalah kinerja suatu perusahaan yang dapat diukur dari indikator pendapatan penjualan, pangsa pasar, profitabilitas, keunggulan kompetitif, kepuasan dan loyalitas pelanggan.


50. Apa yang dimaksud dengan perfectly competitive price system?


Jawaban:
Dalam model keseimbangan umum, yang dimaksud dengan perfectly competitive price system adalah pasar dengan kondisi: ... Terdapat penjual dalam jumlah besar yang menjadikan tingkat harga sebagai faktor eksogen dan dalam melakukan produksi para penjual ini memaksimumkan profit. Berlaku hukum Law of one price


51. Bagaimana konsep analisis permintaan dan penawaran dalam pasar pada kondisi yang seimbang?


Jawaban:
Konsep permintaan dan penawaran yang seimbang yaitu pada saat permintaan dan penawaran setara dalam pasar. Sehingga tidak menimbulkan adanya kekurangan maupun surplus. ... Karena harga juga dipengaruhi semakin banyaknya permintaan pasar. Permintaan yang semakin banyak akan mengakibatkan kenaikan harga


52. Dimana keseimbangan pasar terjadi?


Jawaban:
Secara grafis, keseimbangan pasar terjadi pada titik potong antara kurva permintaan dengan kurva penawaran.


53. Apa yang mempengaruhi permintaan sehingga mengalami penurunan dan peningkatan?


Jawaban:
Jika harga naik, maka jumlah barang dan jasa yang diminta akan menurun. Sebaliknya, apabila harga turun, maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan. Hubungan negatif antara harga dengan jumlah barang dan jasa menunjukkan bahwa pada hukum permintaan berlaku asumsi ceteris paribus.


54. Apa hubungannya antara peningkatan pendapatan dengan permintaan?

Jawaban:
Tingkat pendapatan akan menunjukkan daya beli konsumen. Semakin tinggi tingkat pendapatan, maka semakin meningkat permintaan terhadap suatu barang tersebut.


55. Apa itu pengelolaan permintaan?


Jawaban:

Demand management adalah upaya untuk membuat permintaan lebih mudah dipenuhi oleh supply chain. Secara lebih spesifik bisa dikatakan bahwa demand management adalah upaya untuk secara aktif meyakinkan bahwa profil permintaan pelanggan memiliki pola yang halus sehingga mudah dan efisien untuk dipenuhi.