Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

57 Quiz Materi Sistem Ekonomi Indonesia Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Sistem Ekonomi Indonesia


39. Apa pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat?

Jawaban:
Kegiatan ekonomi dapat membuka lapangan kerja masyarakat dalam hal memproduksi atau mendistribusikan barang. Hal ini akan membantu masyarakat untuk memperoleh pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan adanya kegiatan ekonomi, angka pengangguran dapat menurun.


40. Mengapa sistem ekonomi Islam menjadi penting untuk diterapkan dalam kehidupan sekarang ini?

Jawaban:
Dikarenakan sistem ekonomi islam sesuai dengan syariat,dan karena sebagian besar penduduk indonesia adalah islam,maka agar terhindar dari segala perjual-belian yang dilarang oleh syariat islam dan terhindar dari hal-hal yang dibenci oleh Allah SWT seperti adanya riba dalam suatu perdaganga


41. Mengapa di dalam sistem ekonomi campuran beban pemerintah lebih berat dibandingkan pihak swasta dalam kegiatan ekonomi?

Jawaban:
Dalam sistem ekonomi campuran beban pemerintah lebih berat dibandingkan swasta dalam kegiatan ekonomi dikarenakan aset-aset vital dikuasai oleh negara guna melindungi aset itu untuk kepentingan dan kesejahteraan seluruh masyarakat


42. Apakah unsur yang masuk ke dalam sistem ekonomi?

Jawaban:
Sistem ekonomi terdiri atas unsur-unsur manusia sebagai subyek, barang-barang ekonomi sebagai obyek, dan seperangkat kelembagaan yang bertugas mengatur dan menjalin hubungan dalam kegiatan ekonomi.


43. Kenapa pemerintah tidak turut campur dalam menentukan harga atau memberikan fasilitas khusus bagi produsen tertentu dalam pasar persaingan sempurna?

Jawaban:
Dalam pasar persaingan sempurna pemerintah tidak bisa ikut campur karena jumlah penjual dan pembeli sangat banyak sehingga harga ditentukan oleh mekanisme pasar tau kekuatan tawar menawar.


44. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi pasar?

Jawaban:
Sistem ekonomi pasar adalah kebalikan dari sistem ekonomi sosialis. Dalam pelaksanaannya, hukum supply and demand sangat berpengaruh. Para pelaku sektor ekonomi diberikan kebebasan sepenuhnya untuk saling bersaing dan adu strategi supaya bisa memenangkan persaingan atas produk yang mereka buat serta pemasarannya.


45. Mengapa Indonesia belum bisa menerapkan ekonomi Islam secara utuh?

Jawaban:
Sistem ekonomi islam adalah sistem ekonomi yang dijalankan berdasarkan syariat Islam atau aturan-aturan Allah. ... Dalam hal ini Indonesia mengakui adanya keberegaman agama, suku dan budaya, sehingga sistem ekonomi Islam di Indonesia sulit diimplementasikan secara sempurna.


46. Bagaimana Islam mengatur sistem perekonomian?

Jawaban:
Ekonomi Islam sendiri menerapkan Sistem bagi hasil yang mengedepankan keadilan sebagai salah satu prinsip ekonomi Syariah. Setiap keuntungan dari setiap aktivitas ekonomi akan dibagi secara adil, misalnya dalam perbankan syariah ada bagian keuntungan untuk bank dan nasabah.


47. Apa contoh dari sistem ekonomi pasar?

Jawaban:
Sistem ekonomi di Indonesia membebaskan masyarakat untuk menjalankan kegiatan perdagangan tanpa adanya campur tangan pemerintah. Contoh sistem ekonomi Indonesia yang terjadi dalam pasar, misalnya ketika terjadi kegiatan ekspor, maka pemerintah tidak memungut biaya pajak.


48. Apakah Indonesia sudah menerapkan sistem ekonomi Islam dengan baik?

Jawaban:
Sebagian besar penduduk Indonesia beragam Islam. Namun, sistem ekonomi secara makro tidak menerapkan ekonomi Islam, tapi ekonomi konvensional. ... Padahal, sebagian dari negara barat mulai mengadopsi sistem ekonomi Islam.


49. Bagaimana penerapan sistem ekonomi Islam dalam menghalau krisis ekonomi yang terjadi akibat?

Jawaban:
Penerapan sistem ekonomi islam dalam menghalau krisis ekonomi yang terjadi akibat subprime mortgage pada tahun 2008​ karena dalam ekonomi islam dilarang keras perdagangan utang yang memberikan bunga yang besar. Penjelasan: ... Banyaknya pinjaman yang disertai bunga yang tinggi.


50. Apa kelemahan dari sistem ekonomi pasar?

Jawaban:
Kelemahan dari sistem ekonomi pasar yaitu :
1. Terdapat penindasan terhadap yang lemah sehingga memperlihatkan adanya praktik tidak sehat.
2. Menimbulkan monopoli perdagangan.
3. Menimbulkan terjadinya kesenjangan pendapatan.
4. Rentan terhadap adanya krisis ekonomi.
5. Kepentingan umum tidak diperhatikan karena kegiatan ekonomi bertujuan mengejar keuntungan sebesar-besarnya.


51. Tuliskan Ciri-ciri sistem ekonomi pasar

Jawaban:
Ciri-ciri sistem ekonomi pasar yaitu:
1. Hak individu mendapat pengakuan.
2. Menerapkan sistem persaingan bebas
3. Bertujuan memperoleh laba
4. Modal memiliki peranan sangat penting
5. Negara hanya sebagai pengawas atas sesuatu yang terjadi di pasar
6. Semua aktivitas ekonomi dilaksanakan oleh swasta (masyarakat)


52. Bagaimana Perkembangan Peran sistem ekonomi Islam di Indonesia?

Jawaban:
Di Indonesia saat ini, sistem ekonomi Islam sudah tumbuh dan berkembang dalam bentuk lembaga keuangan syariah sejak tahun 1992. Adapun peran sistem ekonomi Islam yang dapat dijadikan potensi agar Indonesia dapat menjadi negara yang lebih baik dalam perekonomian, yaitu dari instrumen zakat, infaq, shodaqoh, yang dapat mensejahterakan rakyat Indonesia, penerapan konsep jujur, adil dan bertanggungjawab merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam kegiatan ekonomi dan juga pelarangan riba dengan menjadikan sistem bagi hasil dengan instrumen mudharabah dan musyarakah.


53. Bagaimana prinsip ekonomi syariah dapat melandasi kegiatan perekonomian setiap manusia di suatu negara?

Jawaban:
Prinsip ekonomi syariah dapat melandasi kegiatan perekonomian setiap manusia disuatu negara yaitu dengan cara menerapkan prinsip-prinsi yang sesuai dengan ajaran agama islam terutama menghindari kegiatan yang riba, Oleh sebab itu kegiatan perekonomian islam akan membuat orang lebih lega karena dapat menghindari dosa ..


54. Apa ciri ciri sistem ekonomi kapitalis?

Jawaban:
Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis
1. Mementingkan Diri Sendiri
2. Hak Milik Perseorangan Diakui
3. Kebebasan Penuh terhadap Semua Kegiatan Ekonomi
4. Bebas Berkompetisi
5. Harga Sebagai Penentu


55. Tuliskan Ciri- ciri Sistem Perekonomian Indonesia!

Jawaban:
Meski Setiap sistem ekonomi punya ciri-ciri yang berbeda satu sama lain, namun ciri yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 33 adalah :
1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
3. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
4. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
5. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.
6. Negara tetap mengakui hak milik perorangan yang tidak bertentangan dengan kepentingan publik.
7. Masyarakat adalah bagian yang penting dalam sistem ekonomi dengan kegiatan produksi yang dilakukan, dipimpin, dan diawasi oleh masyarakat.


56. Contoh Penerapan Sistem Perekonomian Indonesia !

Jawaban:
Dengan dasar penerapan sistem perekonomian Pancasila yang menjadi acuan dasar keseluruhan perekonomian negara, berikut ini beberapa contoh adanya penerapannya ekonomi Indonesia :
1. Adanya BUMN (Badan Usaha Milik Negara)
Merujuk pada aturan dan undang- undang resmi negara yang mengatakan hal- hal yang dianggap penting serta berhubungan dengan hajat hidup orang banyak diatur oleh negara. Karenanya, negara memimpin peran penting dalam menciptakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.
2. Adanya Koperasi
Badan koperasi adalah salah satu bentuk implementasi dari sistem perekonomian Indonesia yakni Pancasila. Setiap badan koperasi didirikan dengan tujuan usaha kolektif yang memakai dasar asas kekeluargaan.
3. Adanya Serikat Pekerja
Selain adanya BUMN dan juga Koperasi, maka ada juga serikat pekerja yang diharapkan akan mampu meminimalisir, memantau dan mengantisipasi kemungkinan adanya penyelewengan atau eksploitasi dari sumber daya, dalam hal ini sumber daya manusia.


57. Tuliskan Tujuan Sistem Perekonomian Indonesia!

Jawaban:
Merujuk pada kalimat terakhir dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi bahwa tujuan bangsa adalah untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, merupakan hal yang mendasari tujuan pembangunan sistem perekonomian Indonesia. Ini membuat secara umum, tujuan ekonomi Indonesia mengikuti ide- ide dengan garis besar :
1. Peningkatan pendapatan perkapita negara.
2. Perencanaan pembangunan ekonomi dan laju pertumbuhan ekonomi.
3. Meningkatkan taraf hidup penduduk serta menyetarakannya.
4. Memperluas lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.
5. Mengurangi kesenjangan sosial.
6. Meningkatkan kapasitas produksi
7. Meningkatkan investasi.
8. Menurunkan angka kemiskinan.
9. Menciptakan keadilan dan kemakmuran masyarakat.
10. Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.