Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Quiz Materi Taksonomi Vertebrata Beserta Jawaban

Soal (Esai) Materi Taksonomi Vertebrata

31. Apa yang dimaksud dengan Chordata?

Jawaban:
Filum Chordata adalah kelompok hewan, termasuk vertebrata (seperti Ikan, Amfibi, Reptil, Burung dan Mamalia) dan beberapa binatang yang mirip invertebrata yang memiliki ciri-ciri yang serupa.


32. Berapa kelas dari filum Chordata?

Jawaban:
Chordata terbagi menjadi empat subfilum: Vertebrata, Urochordata, Cephalochordata, dan Hemichordata.


33. Apakah amfibi termasuk hewan vertebrata?

Jawaban:
Amfibi adalah kelompok terkecil di antara vertebrata, dengan jumlah hanya 3.000 spesies. Seperti ikan dan reptilia, amfibi adalah hewan berdarah dingin.


34. Bagaimana proses terjadinya gerakan sadar pada hewan vertebrata?

Jawaban:
Proses gerak sadar dimulai dari rangsang - reseptor - sensoris - otak - motoris - otot - gerak. Gerak sadar adalah gerak yang dikendalikan oleh otak. ... Mekanisme gerak reflek dimulai dari rangsang - reseptor - sensoris - sumsum tulang belakang - motoris - otot - gerak


35. Apa Saja Organ Gerak Kadal? 

Jawaban:
Kadal memiliki dua organ gerak yaitu kaki dan juga ekor. Kaki digunakan sebagai alat gerak untuk berjalan sedangkan ekor berfungsi untuk membantu badan kadal agar dapat merangkak.


36. Kepala kucing fungsinya untuk apa?

Jawaban:
Bagian tubuh kucing terdiri dari kepala, kaki, badan dan ekor. Kepala terdiri dari berbagai indra dan otak untuk mengatur aktivitas. ... Ekor berfungsi untuk alat keseimbangan dan komunikasi


37. Mengapa hewan mamalia disebut sebagai hewan chordata?

Jawaban: 
Karena mereka menyusui anaknya ketika masih kecil


38. Apa nama organ gerak kambing?

Jawaban:
Nama organ gerak: kaki. Kambing berjalan, berlari, dan melompat menggunakan kaki. Dengan keempat kakinya kambing bisa bergerak kesana dan kemari untuk mencari makanan.


39. Mengapa hewan mamalia disebut sebagai hewan vertebrata?

Jawaban:
mempunyai tulang belakang (vertebrata). mempunyai anggota tubuh untuk bergerak seperti berenang, berlari dan memegang sesuatu. mempunyai rambut untuk menutupi seluruh tubuhnya.


40. Mengapa mamalia di anggap sebagai kelompok tertinggi dalam vertebrata?

Jawaban:
Mamalia dianggap sebagai kelompok tertinggi dalam vertebrata karena memiliki struktur tubuh paling kompleks dan dianggap sempurna dibandingkan dengan anggota vertebrata lainnya, baik dari segi fisiologi maupun segi tubuh.


41. Filum vertebrata ada berapa?

Jawaban:
Hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang terdiri dari lima klasifikasi yakni reptilia, aves, pisces, amfibia, dan mamalia


42. Apakah lapisan tubuh vertebrata?

Jawaban:
Bagian terluar tubuh vertebrata berupa kulit yang tersusun atas epidermis (lapisan luar) dan dermis (lapisan dalam). Kulit vertebrata ada yang tertutup dengan bulu ada juga yang tertutup dengan rambut.


43. Mengapa hewan vertebrata gerakannya lebih cepat dan lincah daripada hewan avertebrata?

Jawaban:
Gerakan Hewan Vertebrata Begitu Teratur, Seimbang, serta kebanyakan Lincah atau Cepat. Disebabkan Otot dan Tulang yang kuat.


44. Apakah ikan mas mempunyai tulang belakang?

Jawaban:
Ikan mas Cyprinus carpiotergolong dalam kelompok hewan vertebrata karena memiliki ruas tulang belakang. Tubuh ikan mas terbagi menjadi 3 bagian yaitu kepaa, badan dan ekor.


45. Apa ciri-ciri khusus cicak?

Jawaban:
Ciri-Ciri Hewan Cicak. - Dapat memutuskan ekornya untuk melarikan diri dari pemangsa. - Memiliki kaki yang merekat untuk memanjat. - Memiliki panjang 7 sampai 15 cm. - Memiliki warna cokelat. - Memiliki lidah yang lengket dan panjang untuk menangkap serangga.