Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

70 Pertanyaan Tentang Adobe Photoshop dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Adobe Photoshop


25. Jelaskan perbedaan antara paste dan paste into?

Jawaban:  
Paste berfungsi menampilkan hasil copy atau cut pada suatu layer yang berbeda. Sedangkan Paste info menampilkan hasil copy atau cut pada suatu layer yang ada, bukan pada layer yang baru.


26. Jelaskan fungsi submenu Fill pada menu Edit?

Jawaban:  
Fill berfungsi mengisi bidang dengan warna, pattern, atau history. Warna dapat dipilih sesuai keinginan atau dengan menggunakan warna yang terdapat pada foreground dan background color. Pattern dapat dibuat sendiri dengan perintah Define Pattern, atau memilih satu dari sekian banyak pattern yang tersedia. Kita bahkan dapat mendownload file-file yang berisikan pattern untuk Photoshop di internet dengan gratis


27. Jelaskan perbedaan fungsi Close dan Close All!

Jawaban:  
Close berfungsi menutup jendela image yang sedang aktif. Sebelum menutup, photoshop akan menanyakan untuk menyimpan atau mengabaikan hasil kerja atau perubahan pada image sebelum kita benar-benar menutup jendela tersebut. Sedangkan Close all menutup seluruh jendela image, baik yang sedang aktif maupun yang tidak. Ada baiknya untuk mengecek hasil kerja kita seblum menutup semua jendela


28. Apa yang Anda ketahui tentang Open Recent pada photoshop?

Jawaban:  
Open recent berfungsi membuka image yang telah dibuka sebelumnya sehingga tidak perlu mencari jauh ke dalam direktori dalam komputer kita. Photoshop akan secara otomatis mengingat image apa yang telah dibuka sebelumnya.


29. Apa fungsi dari Edit in ImageReady?

Jawaban:  
Edit In ImageReady berfungsi mengedit image dalam Adobe ImageReady. ImageReady sendiri merupakan program keluaran Adobe yang dikhususkan untuk mengolah dan membuat dan mengolah file berekstensi .gif atau sejenisnya yang lebih sering digunakan untuk website. Opsi ini mempermudah untuk berpindah aplikasi dari photoshop ke ImageReady dan sebaliknya, sehingga image yang kita olah di Photoshop dapat dipergunakan sebagai resource untuk website.


30. Tuliskan fungsi dari submenu show, extras, screen mode dan print size!

Jawaban:  
-Show berfungsi untuk memilih guides apa saja yang dibutuhkan untuk ditampilkan pada submenu ini.
- extras berfungsi menampilkan atau menyembunyikan seluruh guides yang tidak akan tercetak. Extras meliputi guides, grid, target paths, selection edges, slices, images maps, text bounds, text baselines, text selections, dan annotations.
-screen mode berfungsi menampilkan workspace dengan bermacam pillihan agar sesuai dengan keingian.
- print size berfungsi menampilkan image sesuai ukuran print, berguna agar hasil cetak sesuai dengan keinginan.


31. Jelaskan perbedaan fungsi submenu lock slices dan clear slices!

Jawaban:  
Lock slices berfungsi mengunci slices agar tidak bergeser tak sengaja, sedangkan clear slices berfungsi menghilangkan slices pada workspace kita.


32. Jelaskan fungsi menu window!

Jawaban:  
Menu window berfungsi untuk menampilkan berbagai macam jendela yang dibutuhkan dalam mengolah suatu image. Jendela-jendela ini akan memberi kita kemudahan dalam menampilkan informasi, namun terlalu banyak jendela akan membuat workspace kita sempit.


33. Jelaskan fungsi submenu Define brush preset, define pattern dan define custom shape!

Jawaban:  
a. Define Brush Preset berfungsi membuat brush dari sebuah image atau seleksi. Kita dapat berkreasi dengan membuat brush yang sesuai dengan image yang kita kerjakan. Designer yang beraliran kolase sering memanfaatkan preset ini untuk membuat 'tempelan-tempelan' pada karyanya.
b. Define Pattern berfungsi membuat pattern dari image atau seleksi. Nantinya, pada saat kita menggunakan pattern tersebut, ukuran pattern bisa diubah-ubah.
c. Define Custome Shape berfungsi membuat shape dari path yang kita buat sebelumnya. Dengan demikian, kita dapat menyimpan path tersebut agar tidak bisa diubah-ubah.


34. Apa fungsi dari Free Transform Path pada Photoshop?

Jawaban:  
Free Transform Path berfungsi mengubah ukuran dan kemiringan path sesuai keinginan kita. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu menggeser tepian image atau dengan memasukkan persentase ukuran dan sudut kemiringan yang diinginkan. Terdapat pula pilihan untuk melakukan skew atau mengatur kemiringan bidang secara horizontal maupun vertikal.


35. Apa fungsi dari submenu Purge pada menu Edit Photoshop?

Jawaban:  
Purge berfungsi menghapus memori yang digunakan oleh perintah undo, history, dan clipboard. Menghapus memori yang digunakan berarti memperingan beban kerja komputer kita. Perhatikan bahwa perintah ini tidak dapat di undo.



36. Tuliskan kelebihan dari Adobe Photoshop!

Jawaban:  
Kelebihan photoshop dibandingkan para kompetitornya adalah kemampuan mengolah warna yang variatif dan akurat. Warna yang akan dipergunakan yang variatif dan akurat. Warna yang akan dipergunakan dapat dikalibrasikan dengan monitor untuk mencegah kesalahan pencetakan warna pada saat proses printing. Jenis warna yang digunakan dapat berupa CMYK, yang terdiri atas warna-warna Cyan, Magenta, Yellow, dan Black maupun jenis warna lainnya, seperti RGB, Duotone, Grayscale, dan Lab Color.


37. Bagaimana cara menjalankan program Adobe Photoshop? Jelaskan!

Jawaban:  
Klik pada start – program – Photoshop tunggu hingga photoshop selesai melakukan loading preset dan muncul jendela adobe photoshop


38. Apa fungsi dari:
a. Open As
b. New
c. Browse
d. Page Setup
e. File Info

Jawaban:  
a. open as berfungsi untuk membuka image secara spesifik dengan format gambar tertentu
b. New berfungsi untuk membuat image barju
c. Browse berfungsi untuk melihat dan membuka image dengan thumbnails atau preview.
d. Page Setup berfungsi untuk melakukan pengaturan halaman untuk dicetak.
e. File info berfungsi menampilkan dan melakukan pengaturan halaman untuk dicetak.


39. Tuliskan empat submenu yang ada di menu Edit!

Jawaban:  
Submenu yang terdapat pada menu Edit adalah Undo, step forward, step backward, fade, cut, copy, copy merged purge, stroke, fill, free transform path, transform, define, paste into, clear, check spelling, find and replace text, color setting, keyboard shortcut, preset manager, dan preferences.


40. Apa yang kamu ketahui tentang Adjustment!

Jawaban:  
Adjustment adalah submenu yang ada di menu image yang berfungsi untuk melakukan beberapa koreksi pada image, seperti warna, tingkat kecerahan, dan lain-lain.


41. Apa yang kamu ketahui tentang layer? Jelaskan kegunaan layer!

Jawaban:  
Layer adalah bidang transparan yang dapat diisi image, sangat berguna apabila kita sering melakukan penyesuaian letak. Semakin banyak image yang terletak pada layer yang berbeda semakin mudah saat melakukan penyesuaian letak, namun hal ini berimbas pada ukuran file dan handling yang semakin besar pula. Ini berarti, harus memiliki ruang penyimpanan dan memori yang besar.


42. Jelaskan fungsi dari Last Filer!

Jawaban:  
Untuk mempermudah apabila kita akan menggunakan filter yang serupa


43. Apa Fungsi dari proof Color!

Jawaban:   
Untuk menampilkan atau menyembunyikan working color yang ada pada submenu proof setup


44. Bagaimana langkah-langkah menghilangkan noda pada foto? Jelaskan!

Jawaban:   
a. Bukalah sample image old image.jpg yang tersedia di folder C:\Program Files\Adobe\Photoshop CS\Samples. Dengan zoom tool, fokuskan workspace pada noda yang akan dikoreksi.
b. Pilihlan healing brush tool pada tools palette. Sesuaikan ukuran brush dengan noda yang akan dihilangkan dengan melakukan klik kanan pada workspace. Gunakan ukuran yang berbeda untuk tiap ukuran noda yang berbeda pula, ini akan membuat hasil kerja kita menjadi lebih rapi.
c. Untuk mengambil sampel pixel tekan Alt + klik kiri pointer pada bagian foto terdekat yang bersih dari noda.
d. Setelah sampel diambil, klik kiri pada noda yang akan dihilangkan. Healing brush tools akan secara otomatis menyesuaikan sampel yang diambil dengan tekstur, pencahyaan, transparansi, dan sading image.
e. Lakukan langkah c dan d hingga seluruh noda pada image hilang


45. Jelaskan dengan singkat kegunaan magnetic lasso tools!

Jawaban:   
Digunakan dalam membuat seleksi pada image yang memiliki batas warna yang kontras dengan yang tidak diseleksi.


46. Jelaskan cara membuat seleksi berbentuk lingkaran sempurna yang dimulai dari tengah!

Jawaban:   
Menempatkan pointer di tengah-tengah, lalu tekan Alt + Shift + drag mouse secara diagonal.


47. Apa yang kamu ketahui tentang masking?

Jawaban:   
Sebuah kertas pelindung yang dilubangi gambar tertentu di atas sebuah image.