Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Pertanyaan Tentang Algoritma dan Pemrograman + Jawaban

Soal (Essay) Materi Algoritma dan Pemrograman


8. Tuliskan lima jenis kecerdasan buatan yang sering kita temui!

Jawaban:   
Lima jenis kecerdasan buatan yang sering kita temui, yaitu sebagi berikut
a. Algoritma Genetik (Genetik Algorithms) biasanya digunakan di bidang kedokteran, missal untuk menganalisis DNA.
b. Jaringan syaraf Buatan (Artificial Neural Networks) merupakan sekelompok jaringan saraf (neuron) buatan yang menggunakan model matematis atau komputasi untuk pemrosesan informasi berdasarkan pendekatan terhubung pada komputasi. Pada kebanyakan kasus, JST merupakan sistem adaptif yang merubah strukturnya berdasarkan informasi eksternal maupun internal yang mengalir melalui jaringan tersebut.
c. Logika Fuzzy (Fuzzy Logics) adalah salah satu komponen pembentuk soft computing. Logika fuzzy pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi A. Zadeh. Dasar logika fuzzy adalah teori himpunan fuzzy
d. Peramainan Komputer (Games) paling disukai anak-anak, misalnya memainkan game Age of Mythology atau Counter Strike.
e. Robotika (Robotic) banyak digunakan di pabrik. Biasanya dibuat untuk melakukan kegiatan otomatisasi, missal dalam PLC (Programmable Logic Control)


9. Tuliskan hubungan mendasar antara Robotic dengan AI!

Jawaban:   
Robotic atau Robotika merupakan salah satu cabang AI yang menggabungkan cabang-cabang AI yang lain termasuk ketiga cabang di atas untuk membentuk sebuah sistem robotik. Keempat cabang AI tersebut merupakan cabang umum yang banyak dipelajari, masih banyak cabang-cabang AI yang lainnya. Seiring perkembangan riset dalam AI, dapat dimungkinkan akan muncul cabang-cabang baru yang melengkapi unsur AI sehingga AI menjadi sebuah sistem lengkap dan akan mencapai goal-nya yang sampai sekarang masih belum sempurna.


10. Uraikan Neural Network beserta tiap lapisannya!

Jawaban:   
Neural Network mengandung tiga lapisan, yaitu lapisan masukan, lapisan tersembunyi, dan lapisan keluaran. Lapisan-lapisan ini mengandung ribuan, terkadang jutaan, dari simpul-simpul. Informasi dimasukan ke dalam lapisan input. Masukan diberi bobot tertentu, dan simpul yang saling berhubungan melipatgandakan bobot sambungan saat mereka berpergian. Pada dasarnya, jika unit informasi mencapai ambang tertentu, maka ia dapat lolos ke lapisan berikutnya. Belajar dari pengalaman, mesin membandingkan output dari jaringan saraf, kemudian memodifikasi koneksi, bobot, dan ambang berdasarkan perbedaan di antara mereka.


11. Jabarkan tentang proses mengevaluasi dan memilih algoritma berdasarkan teknologi AI dalam e-commerce!

Jawaban:   
Sesuatu dapat digolongan sebagai AI jika bisa meniru fungsi kognitif manusia, seperti mengenali lingkungan sekitarnya, menangkap pola, membuat keputusan, dan pada kasus tertentu bisa melakukan pembelajaran(learning). Dalam hal ini, fungsi Al adalah sebagai solusi terhadap berbagai hal secara lebih cepat dan cerdas. AI tidak harus selalu berbentuk robot seperti di film fiksi-ilmiah. AI bisa juga berupa komputer, perangkat, atau bahkan piranti lunak tanpa wujud. Jika disadari, hal tersebut itu merupakan bentuk kecerdasan buatan yang dibenamkan dalam perangkat keseharian. Namun tidak jarang juga kita sebagai pengguna justru tidak sadar bahwa kecerdasan buatan telah meresap dalam kehidupan. Misalnya iklan produk yang terus-menerus tampil di halaman website yang kita kunjungi. Terkesan seperti mengingatkan apa yang dicari sebelumnya. Hal tersebut merupakan salah satu contoh penerapan AI dalam e-commerce. Terdapat begitu banyak bentuk pengadopsian teknologi AI dalam konteks e-commerce, tetapi yang umum digunakan, yaitu chatbot, layanan pelanggan, serta pemasaran/penjualan.


12. Apa defnisi algoritma dan contohnya !

Jawaban:   
Algoritma adalah urutan langkah langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis*. kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks- algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu. ertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah- pertama- algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikan keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma- kalau memberikan keluaran yang salah pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik.
Untuk contoh algoritma dalam matematika seperti di bawah ini:
Algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 3x + 8
Algoritmanya adalah:
a. Mulai
b. Tentukan nilai x
c. Hitung nilai y = 3x + 8
d. Cetak nilai x dan y
e. Selesai.


13. Apa definisi psedocode dan contohnya !

Jawaban:   
Pseudo-code adalah kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudo-code sering digunakan oleh seseorang untuk menuliskan algoritma dari suatu permasalahan. Pseudo-code berisikan langkah-langkah untuk menyelesaikansuatu permasalahan [hampir sama dengan algoritma], hanya saja bentuknya sedikit berbeda dari algoritma .
Contohnya :
Pseudocode menghitung luas persegi panjang
{
double luas
double panjang
double lebar
panjang = 10.5
lebar = 2
luas = panjang * lebar
print Luas Persegi Panjang = Luas
}


14. Apa definisi flowchart !

Jawaban:   
Flowchart adalah representasi grafik dari langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikansuatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing symbol merepresentasikan suatu kegiatan tertentu. Flowchart diawali dengan penerimaan input,pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output.Simbol-simbol Flowchart