Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

29 Pertanyaan Tentang Berpikir Komputasional (Tematis) dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Berpikir Komputasional (Tematis)


11. Jabarkan yang Anda ketahui tentang masalah komputasi sains yang digunakan di Indonesia!

Jawaban:    
Di Indonesia sudah banyak pertemuan atau kegiatan ilmiah terkait dengan komputasi, tetapi umumnya lebih terkait dengan aspek teknologi informasi. Adapun kajian di kompulasi sains masih sangat kurang. Hal ini tidak menherankan karena komputasi sains lebih condong sebagai kajian teori murni, sehingga komunikasinya masih sangat terbatas seperti halnya Fisika teori.


12. Uraikan yang Anda ketahui tentang definisi ilmu komputasi secara umum!

Jawaban:    
Secara umum ilmu komputasi identik dengan bidang ilmu yang memiliki perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Penerapan simulasi komputer atau berbagai bidang keilmuan jika dikategorikan sebagi penggunaan praktis, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science) yang mengkaji komputasi, komputer, dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagi bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan.


13. Jelaskan cara kerja mesin Mealy!

Jawaban:    
Mesin Mealy adlah otimasifase berhingga yang menghasilkan output berdasarkan fase saat itu dan bagian input. Mesin Mealy memiliki sinyal inout dan output untuk tiap transisi


14. Jabarkan penggunaan scientific computing dalam mengatasi pemodelan aerodinamis!

Jawaban:    
Kegiatan permodelan aerodinamis dalam industri otomatif maupun industry penerbangan merupakan hal di perlukan dengan adanya hal seperti ini suatu perusahaan tersebut dapat membuat model kendaraan yang paling efisien dan nyaman secara virtual tanpa harus menghabiskan biaya uji coba.


15. Jelaskan yang dimaksud dengan model fungsional dalam komputasi!

Jawaban:    
Model jenis ini terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi-fungsi dan operasi aplikasi fungsi dan komposisi fungsi. Fungsi dapat mengambil fungsi lain sebagai argumentasi dan mengembalikan fungsi sebagai hasil (higher-order function)


16. Tuliskan hubungan antara komputer dengan berbagai bidang kehidupan!

Jawaban:    
Dalam beberapa decade ini, komputer telah menjadi sebuah bagian dari kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah dibidang sains, teknik rekayasa, dan dunia usaha. Bisa dikatakan bahwa di hampir semua rumah memiliki sebuah personal computer(PC) dan anak-anak mulai tumbuh kembang dengan berbagai macam perangkat elektronik seperti laptop dan smartphone. Ketika ingin mengerjakan berbagai proyek sains, tugas-tugas sekolah, teknik, teknik rekayasa bahkan bisnis sering kali tidak akan terlepas dari penggunaan komputer.


17. Tuliskan bentuk-bentuk penggunaan Scientific computing yang bisa kita temui di dalam dunia sains dan teknik rekayasa!

Jawaban:   
Berikut bentuk-bentuk penggunaan scientific compting dalam bidang sains dan teknik rekayasa adalah permodelan aerodinamis, astronomi, permainan, geologi, global warning, industry, teknik material, kuantum fisika, ramalan cuaca.


18. Computational economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer meliputi?

Jawaban:  
Komputasi keuangan, statiska, pemrograman ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi


19. Jabarkan penggunaan Scientific computing dalam mengatasi global warming!

Jawaban:    
Global warming merupakan sebuah permasalahan misalnya persebaran panas di permukaan bumi. Komputasi memiliki peran penting dalam menganalisis permasalahan global warning di dunia serta membantu dalam menemukan solusi atas permasalahan tersebut dan dapat memperediksi konisi iklim pada beberapa decade ke depan berdasarkan pola yang diketahui pada tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan manusia menyebabkan berbagai macam polusi yang mengganggu keseimbangan lingkungan dan meningkatkan suhu di permukaan bumi.


20. Salah satu keuntungan komputasi dalam bidang medis adalah?

Jawaban:  
Mengetahui bentuk bagian dalam tubuh manusia tanpa harus memotong dan membedahnya.