Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

24 Pertanyaan Tentang Dampak Sosial Informatika dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Dampak Sosial Informatika


9. Terangkan berbagai bentuk pelanggaran lisensi Windows yang umum dijumpai!

Jawaban:  
Pelanggaran lisensi Windows di antaranya termasuk pemakaian loader illegal supaya tidak perlu mengaktifasi (berbayar) Windows seharusnya aktifitas di lakukan dengan membelinya


10. Mengapa penjualan PC bundling termasuk sebagai penipuan?

Jawaban:  
Masalah penipuan bundling sudah bukan metode baru dalam pembajakan dan dianggap penyebabnya maraknya pembajakan di kalangan end-user karena merekalah sebenarnya yang mendidiknya. Penipuan bundling berujung pada penggunaan barang yang bukan haknya di masyarakat yang tidak tahu apa-apa. Dengan demikian, penjualan komputer dengan isi perangkat lunak bajakan termasuk kategori penipuan. Sedangkan jasa install ulang ilegal juga sangat rumit jika ditelusuri. Secara teknis memang mudah membajak Windows, apalagi dengan tambahan aplikasi yang juga termasuk bajakan.


11. Tuliskan tiga langkah dasar yang dilakukan seorang programmer dalam menciptakan sebuah program komputer!

Jawaban:  
Tiga langkah dasar yang dilakukan seorang programmer dalam menciptakan sebuah program komputer, yaitu sebagai berikut.
a. Progremmer menentukan struktur dari program yang ingin dibuat bahsaa pemrograman yang akan dipakai, dan prosedur program yang akan dijalankan
b. Progremmer mendesain satu rangkaian prosedur untuk memecahkan masalh yang biasanya berdasar pada kerangka kerja logika, matematika, atau sketsa
c. Pemrogramman menerjemahkan program yang telah dibuat ke dalam bahasa pemrogramman komputer yang disebut dengan source code yang selanjutnya dari source code dari program tersebut diterjemahkan ke dalam object code berbasis pada bilangan biner (0 dan 1) pada sebuah compiler.


12. Tuliskan Situs perangkat lunak yang konsisten mendidik masyarakat Indonesia untuk tidak membajak!

Jawaban:  
Situs perangkat lunak yang kosisten mendidik masyarakat Indonesia untuk tidak membajak dan menggunakan perangkat lunak legal atau alternatif serta dinyatakan aman dari perangkat lunak bajakan, diantaranya ebsoft.web.id, sourceforge.net, softpedia.com, filehippo.com, majorgeeks.com, dan snapfile.com.


13. Uraikan definisi Haki menurut UU yang telah disahkan oleh DPR-RI pada tanggal 21 Maret 1997!

Jawaban:  
Menurut UU yang telah dsahkan oleh DPR-RI pada tanggal 21 Maret 1997, HaKI dinyatakan sebagai hak-hak secara hukum yang berhubungan dengan permasalahan hasil penemuan dan kretivitas seseorang atau beberapa orang yang berhubungan dengan perlindungan permasalahan reputasi dalam bidang komersial (commercial reputation) danindakan/jasa dalam bidang komersial (goodwill). Dengan demikian, Hak. Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dapat diartikan sebagai hak eksklusif yang diberikan suatu hukum atau peraturan kepada seseorang atau kelompok orang atas karya ciptanya.


14. Bagaimanakah bentuk awal persebaran hasil kreatif (human creativity) dan hasil usaha kreatif (human effort)?

Jawaban:  
Pada awalnya hasil kreatif (human cteativity) dan/atau hasil usaha kreatif (human errort) disebarkan begitu saja kepada orang lain sehingga setiap orang dapat mempergunakan atau memakainya bahkan memasarkan hasil-hasil produksi yang mempergunakan hasil penemuan tersebut begitu saja.


15. Tuliskan jenis-jenis hak ekonomi dalam HaKI!

Jawaban:  
Hak ekonomi meliputi faktor-faktor sebagai berikut
a. Hak pertunjukan (performance right)
b. Hak penyebarluasan (distribution right)
c. Hak penggandaan (reproduction right)
d. Hak atas rekaman suara (Mechanical right)
e. Ha katas program siaran (broadcasting right)
f. Hak adaptasi (adaptational right) yang meliputi hak penerjemahan hak dramatisasi, dan hak film.


16. Jelaskan mengenai Creative Common (CC)!

Jawaban:  
Model lisensi yang telah dikembangkan sebagai usaha kerja sama dikenal dengan nama Creative Common (CC). CC mengeluarkan satu bentuk lisensi hak cipta yang gratis untuk umum yang percaya bahwa hak cipta dapat ditegakan melalui GPL. Tidak seperti GPL, lisensi CC tidak didesain untuk program komputer, tetapi untuk karya kreatif lainnya misalnya website, beasiswa, musik, film, fotografi, karya sastra, bahkan pelajaran. CC merupakan proyek untuk internasionalisasi lisensi CC untuk semua jurisdiksi diseluruh dunia.