Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

29 Quiz Materi Berpikir Komputasional (Tematis) Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Berpikir Komputasional (Tematis)


21. Masalah domain menggunakan berbagai jenis permasalahan dalam sains dan teknik rekayasa yang digunakan sebagai?

Jawaban:    
Objek yang akan dikomputasikan dalam mencari solusi pemecahannya.


22. Penggunaan permodelan matematika untuk sebuah sistem khusus yang bertujuan untuk menghasilkan prediksi yang bermanfaat tidak bisa dilakukan seketika. Penyebabnya adalah?

Jawaban:    
Solusi permasalahan tidak memiliki ekspersi bentuk tertutup (closed-from expression) atau terlalu rumit.


23. Bagaimanakah penerapan komputasi di bidang industri?

Jawaban:    
Komputasi bukan hanya berkutat di seputar simulasi dan pemodelan saja tetapi juga bisa diterapkan dalam sistem cerdas seperti halnya dalam industry otomotif pada sebuah pabrik manufaktur. Dalam hal ini, paker kaomputasi dapat menanamkan kecerdasan buatan (aritificial intelligence) pada robot-robot manufaktur sehingga dapat bekerja secara otomatis tanpa mengenal lelah.


24. Terangkan tentangnperan utama scientific computing!

Jawaban:    
Peran utama Scientific computing adalah mengembangkan model matematika menggunakan teknik analisis kuantitaif dengan bantuan komputer untuk menyelesaikan permasalahan saintifik.


25. Terangkan hubungan mendasar antara Scientific computing dengan pemodelan matematika!

Jawaban:    
Scientific dapat disimpulkan sebagai penggunaan pemodelan matematika dan teknik analisa dalam untuk menganalisis serta memecahkan permasalahan pada ruang lingkup sains maupun teknik rekayasa dengan bantuan komputer dalam. Hal ini scientific computing dapat di deskripsi sebagi gabungan dan beberapa bidang yang memiliki disiplin ilmu berbeda.


26. Tuliskan hubungan antara Astronomy dengan aplikasi Stellarium!

Jawaban:    
Astronomy identic dengan aplikasi dari simulasi astronomi bernama stellarium. Bagi penghobi astronomi tentu aplikasi tersebut bukan sebagai hal yang baru. Aplikasi Stellarium termasuk planetarium open source dibuat berdasarkan hukum-hukum. fisika menggunakan persamaan fisik yang berkaitan pada mekanik benda langit. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan mampu menggambarkan berbagai bentuk fenomena luar angkasa secara secara realistis dalam 3D dan sangat akurat misalnya gerhana matahari, gerhana bulan, rasi bintang, pergerakan benda langit, dan lain-lain


27. Tuliskan bentuk penggunaan Scientific computing pada fisika kuantum!

Jawaban:    
Komputasi dapat diguanakn pada dunia kuantum sebagai alat permodelan, misalnya menggambarkan probabilitas keberadaan elektronpada tingkat energi tertentu yang ada pada sebuah atom. Kita tahu bahwa manusia tidak bisa melihat wujud dari sebuah atom. Jika mampu memodelkan atom, gambaran terhadap fenomena yang terjadi pada ukuran atomic atau pun partikel subatomik lainnya dapat diketahui. Hal ini bertujuan untuk membuat teknologi canggih dari fenomen kuantum dengan munculnya komputer kuantum. Sedangkan aplikasinya dapat digunakan pada ilmu Fisika Nuklir, Fisika Partikel, Kimia Molekuler, Laser, Spectroscopy, dan sebagainya.


28. Uraikan tentang manfaat penggunaan scientific computing dalam memecahkan masalah perubahan iklim!

Jawaban:    
Dengan menggunakan scientific computing, akan didapatkan pemecahan masalah dengan hasil prediksi iklim yang cepat dan akurat menggunakan komputer pararel. Jadi, salah satu penggunaan scientific computing adalah dapat mempermudah kehidupan manusia agar diperoleh produktivitas kerja yang lebih cepat dan baik.


29. Uraikan hubungan mendasar antara komputasi dengan prinsip-prinsip ilmu fisika dan mekanika Newtonian dengan disertai contohnya!

Jawaban:
Komputasi dapat diterapkan pada game, misalnya game Angry Bird, yang menerapkan prinsip-prinsip ilmu mekanika Newtonian dalam implementasi prinsip gerak proyektif dan energi potensial pegas pada burung yang tembakkan dengan ketapel. Selain game Angry Bird,kinerja komputasi juga dapat pada game Final Fantasy dan game-game jenis MMORPG yang lainnya, salah satunya dapat dilihat pada pergerakan air di pantai/laut pada game tersebut yang terlihat mirip seperti gerakan memang didasarkan pada persamaan fluida Navier-Stokes sehingga seperti terlihat nyata. Di era digital ini, dunia game dan animasi juga telah memasukan berbagai prinsip-prinsip Fisika melalui komputasi dengan memasukan semua prinsip fisika dari level sederhana hingga paling kompleks ke dalam dunia virtual. Contoh paling mudah dapat dilihat dalam serial anime SAO (Sword Art Online) di mana dunia virtual memiliki kondisi sangat mirip dengan dunia nyata.