Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

22 Pertanyaan Tentang Analisis Data dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Analisis Data


9. Terangkan hubungan antara sistem informasi dengan semua elemen-elemen komponen fisik!

Jawaban:  
Suatu sistem informasi terdiri dari beberapa elemen-elemen penting yang terdiri dari orang, prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen-elemen ini merupakan komponen fisik. Dengan demikian-elem-elemen komputer sangat penting dan berhubungan satu sama lain. Jika beberapa elemen tersebut ada satu yang tak bisa bersatu maka konsekuensinya mungkin bisa jadi system tidak akan berjalan sempurna berbeda dengan seumpama elemen-elemen itu saling terhubung antara satu dengan yang lainnya sehinga bisa menimbulkan sistem yang berjalan sangat dinamis dan juga efisien


10. Jabarkan komponen Economy dalam akurasi data!

Jawaban:  
Komponen ini bahwa kualitas dari informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan juga bergantung pada nilai ekonomi yang terdapat di dalamnya.


11. Tuliskan tentang Data Inconsistency!

Jawaban:  
Munculnya data yang tidak konsisten pada area yang sama untuk beberapa file dengan kunci yang sama. Ketidakkonsistenan ini mungkin terjadi akibat kesalahan dalam penusukan data (data entry), yaitu proses mengupdate data, tetapi akibatnya muncul data yang tidak konsisten.


12. Tuliskan bentuk-bentuk kesalahan deduktif!

Jawaban:  
Bentuk kesalahan deduktif adalah sebagai berikut.
a. Dalam cara berfikir deduktif kesalahan yang biasa terjadi adalah kesalahan premis mayor yang tidak dibatasi.
b. Kerap kali pula terjadi kesalahan berupa kesimpulan terlalu luas/kesimpulan lebih luas dibandingkan premis. Premis mayor partikular dan kesimpulan merupakan universal
c. Kesalahan deduktif selanjutnya adalah kesimpulan dan premis-premis negative.
d. Dalam hal ini term tengah dalam premis minor tidak merupakan bagian dari term mayor pada premis mayor atau memang tidak ada hubungan antara kedua pernyataan


13. Mengapa urutan logis sangat penting?

Jawaban:  
Suatu karangan harus merupakan kesatuan. Ini berarti bahwa karangan itu harus dikembangkan dalam urutan yang sistematik, jelas, dan tegas. Dalam hal ini, urutan dapat disusun berdasarkan urutan waktu (kronologis), urutan ruang(spasial), urutan alur penalaran, dan urutan kepentingan.


14. Terangkan pengertian penalaran!

Jawaban:  
Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi-proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Dlaam penalaran, proposisi yang dijadikan dasar penyimpulan disebut dengan premis (antesendens) dan hasil kesimpulannya disebut dengan konklusi (consequence). Hubungan antara premis dan konklusi disebut konsekuensi.


15. Jabarkan hubungan antara penalaran induktif dengan pengamatan khusus!

Jawaban:
 Penalaran induktif dimulai dengan pengamatan khusus yang diyakini sebagai model menunjukkan suatu kebenaran atau prinsip dianggap dapat berlaku secara umum. Perbedaan dari penalaran deduktif memberlakukan prinip-prinsip umum untuk mencapai kesimpulan spesifik, sementara penalaran induktif menguji informasi spesifik yang mungkin berupa banyak potongan informasi sepesifik untuk menarik suatu kesimpulan umum. Adapun salah nalar adalah kesalahan struktur atau proses formal penalaran dalam menurunkan kesimpulan sehingga kesimpulan tersebut menjadi tidak valid. Berdasarkan pengertian tersebut, salah nalar bisa terjadi jika pengambilan kesimpulan tersebut menjadi tidak valid. Terdapat beberapa bentuk salah nalar yang sering dijumpai yaitu menegaskan yaitu menegaskan konsekuen, menyangkal antiseden, pentaksaan, perapatan-lebih, parsialitas, pembutikan analogis, perancuan urutan kejadian dengan penyebaban, serta pengambilan konklusi pasangan.