Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

28 Pertanyaan Tentang Linguistik Umum dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Linguistik Umum

11. Uraikan tentang semantik!

Jawaban:
Semantik adalah cabang linguistik yang mempelajari makna bahasa. Sebetulnya, makna adalah hal yang paling sulit untuk dikaji. Bahkan, para linguis strukturalis biasanya menanggalkan kajian ini karena dianggap tidak dapat diteliti secara empiris. Makna itu terlalu relatif dan sangat tergantung dari penutur dan konteks sekitarnya.


12. Uraikan tentang sosiolinguistik!

Jawaban:
Sosiolinguistik, merupakan ilmu yang mempelajari aspek sosial dengan kegiatan berbahasa.


13. Apa yang kamu ketahui tentang antropologi linguistik?

Jawaban:
Antropologi Linguistik, atau Etnolinguistik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara bahasa, penggunaan bahasa, dan kebudayaan pada umumnya.


14. Tuliskan pengertian neurolinguistik!

Jawaban:
Neurolinguistik, adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara sistem saraf dan bahasa.


15. Jelaskan tentang psikolinguistik!

Jawaban:
Psikolinguistik, merupakan ilmu yang mempelajari hubungan psikologi dan bahasa.


16. Jelaskan tentang stilistika!

Jawaban:
Stilistika, ilmu yang mempelajari gaya (style) bahasa.


17. Uraikan tentang linguistik umum!

Jawaban:
Linguistik umum (general linguistics) merumuskan bahwa semua bahasa manusia bersifat alamiah. Sehingga, hasil kajian linguistik umum memberikan gambaran seluk beluk bahasa sehingga dapat menghasilkan teori kebahasaan. Linguistik umum memberikan ciri umum bahasa yang diuraikan secara sederhana, umum, tepat, dan objektif. Selain itu, kajian ini juga memberikan informasi umum mengenai teori, prosedur kerja, dan paham-paham yang berkembang dalam linguistik.


18. Apa yang kamu ketahui tentang linguistik terapan?

Jawaban:
Linguistik terapan (applied linguistics) adalah ilmu yang berusaha menerapkan hasil penelitian dalam bidang linguistik untuk keperluan praktis atau hal nyata dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai linguistik terapan, bahasa berfungsi sebagai alat, yaitu alat dalam pengajaran bahasa sehingga peserta didik mampu menggunakan bahasa yang dipelajari. Istilah applied linguistics dipopulerkan di Amerika Serikat pada tahun 1940. Ketika itu, ilmu ini bertujuan untuk membantu kemajuan pengajaran bahasa.


19. Tuliskan pengertian linguistik teoretis!

Jawaban:
Linguistik teoretis adalah ilmu yang berusaha mengamati bahasa dari segi struktur bahasa itu sendiri. Ilmu ini berusaha memahami bahasa melalui kegiatan-kegiatan berbahasa. Bahasa dalam linguistik teoretis ini tidak dipandang sebagai alat, tetapi di pandang sebagai bahasa. Linguistik teoretis adalah upaya untuk memahami bahasa, tidak untuk ditumpangtindihkan dengan teori linguistik yang digunakan sebagai landasan analisis ketika mengadakan penelitian linguistik.