Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Quiz Materi Fonologi Bahasa Indonesia Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Fonologi Bahasa Indonesia

15. Tuliskan pengertian fonologi?

Jawaban:
Fonologi sesungguhnya merupakan satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan teori-teori perubahan bunyi itu. Fonologi juga membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa dan cara menganalisnya. Dengan demikian, kegiatan mempelajari bunyi bahasa idealnya tidak hanya sebatas upaya pengenalan bunyi-bunyi itu, tetapi juga harus diiringi dengan latihan menganalisis bunyi-bunyi bahasa tersebut dari segala segi.


16. Untuk membuktikan apakah sebuah bunyi bahasa tergolong fonem atau fon, terlebih dahulu harus dicari pasangan minimalnya. Tuliskan Contoh pasangan minimal!

Jawaban:
Contoh pasangan minimal:
a. lupa dan rupa
b. fonemik dan fonetik
c. putra dan putri


17. Jelaskan yang kamu ketahui tentang khasanah fonem!

Jawaban:
Satuan bunyi ujaran terkecil yang membedakan arti.


18. Uraikan tentang fonetik!

Jawaban:
Fonetik merupakan studi tentang bunyi-bunyi ujar. Maksudnya, fonetik yang merupakan cabang studi fonologi ini mempelajari bunyi bahasa tanpa menghiraukan apakah bunyi-bunyi tersebut berfungsi sebagai pembeda makna atau tidak. Dalam fonetik, bunyi bahasa dipelajari menurut perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya. Objek kajiannya adalah “fon “ yakni bunyi bahasa pada umumnya.


19. Tuliskan pengertian fonemik!

Jawaban:
Fonemik sebagai cabang studi fonologi mempelajari bunyi bahasa dengan memperhatikan fungsi bunyi tersebut sebagai pembeda makna. Objek kajiannya terbatas pada fonem/ bunyi bahasa yang berfungsi membedakan makna kata.


20. Ada 3 (tiga) unsur penting ketika organ ucap manusia memproduksi bunyi atau fonem, yaitu?

Jawaban:
a. udara - sebagai penghantar bunyi,
b. artikulator - bagian alat ucap yang bergerak, dan
c. titik artikulasi (disebut juga artikulator pasif) - bagian alat ucap yang menjadi titik sentuh artikulator.