Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

28 Quiz Materi Linguistik Umum Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Linguistik Umum

20. Tuliskan pengertian linguistik!

Jawaban:
Linguistik adalah ilmu bahasa secara umum atau tidak terikat pada satu bahasa saja


21. Jelaskan tentang fonetik!

Jawaban:
Fonetik adalah bagian dari linguistik yang mempelajari proses ujaran. Fonetik akan berhubungan dengan anatomi tubuh yang menghasilkan bunyi, khususnya organ-organ tubuh yang terlibat dalam proses penghasilan ujaran. Fonetik akan berupaya untuk menerangkan bagaimana bunyi-bunyi tertentu dihasilkan baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.


22. Uraikan tentang fonetik akustik!

Jawaban:
Fonetik akustik, yang berupaya menjelaskan bunyi-bunyi ujaran sebagai suatu proses fisik. Biasanya kajian ini membutuhkan alat spektograf yang dapat memperlihatkan gelombang bunyi udara. Alat tersebut mampu menggambarkan intensitas dan volume ujaran sehingga para linguis dapat menggambarkan bunyi-bunyi tersebut secara konkret melalui wujud fisiknya.


23. Jelaskan tentang Fonetik auditoris!

Jawaban:
Fonetik auditoris, merupakan studi fonetik yang mempelajari proses penerimaan bunyi-bunyi bahasa oleh telinga. Cabang ini boleh dibilang lebih dekat dengan kajian kedokteran dibandingkan dengan linguistik.


24. Uraikan tentang fonetik artikulasi!

Jawaban:
Fonetik artikulasi, merupakan studi fonetik yang mempelajari bagaimana bunyi-bunyi bahasa dihasilkan oleh alat atau organ tubuh manusia. Fonetik artikulasi lebih banyak memberikan sumbangan bagi linguistik dibandingkan dengan fonetik aktistik dan atiditoris. Karena, cabang ini menganalisis bunyi-bunyi bahasa secara mendetail berdasarkan konteks bahasanya, bukan organ tubuh penghasil bahasa yang lebih condong ke dunia medis. Contohnya, bagaimana bunyi [p] dan [b] dihasilkan oleh alat ucap manusia.


25. Apa yang kamu ketahui tentang fonologi?

Jawaban:
Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari fungsi bunyi untuk membedakan atau mengidentifikasi kata. Objek penelitian fonologi adalah fonem, yakni bunyi bahasa yang dapat atau berfungsi membedakan makna kata.
Jika pada fonetik, bunyi-bunyi dianalisis berdasarkan cara membunyikannya. Oleh karena itu, dalam fonologi, bunyi-bunyi tersebut dianalisis pada suatu konteks pengucapan katanya. Misalnya pada kata bunyi dengan sunyi apakah bunyi [b] dan [s] pada kata-kata tersebut membedakan makna? Jika ya, maka bunyi itu disebut fonem.


26. Tuliskan pengertian morfologi!

Jawaban:
Morfologi adalah cabang linguistik yang menganalisis struktur, bentuk dan pembentukan, serta klasifikasi kata-kata. Objek penelitiannya adalah morfem, yakni satuan gramatikal terkecil yang mempunyai makna. Contoh morfem adalah imbuhan, misalnya (me-an, me-kan, dsb) atau partikel (-kah, -lah).
Bagaimana akibatnya jika suatu kata dasar ditambahkan imbuhan (afiks)? Apakah kata-kata itu akan mengalami perubahan makna dan kategori kata, dan sebagainya? Hal seperti itulah yang akan dikaji dalam morfologi.


27. Jelaskan tentang sintaksis!

Jawaban:
Sintaksis membicarakan kata dalam hubungannya dengan kata-kata lain atau unsur-unsur lain sebagai suatu satuan ujaran atau mudahnya: dalam suatu kalimat.


28. Hal-hal yang biasa dikaji dalam sintaksis meliputi?

Jawaban:
1. struktur sintaksis, mencakup masalah fungsi, kategori, dan peran sintaksis;
2. satuan sintaksis berupa kata, frase, klausa, kalimat, dan wacana;
3. hal-hal yang berkenaan dengan sintaksis, seperti modus, aspek, dsb.