10 Soal Animasi 2D Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Animasi 2D

1. Usaha untuk menggerakan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri. Merupakan arti harfiah dari...
A. Animasi
B. Storyboard
C. Tweened animation
D. Frame by frame animation
E. Zoetrope

Jawaban:
A. Animasi


2. Dalam proses pembuatan gambar puppeter terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil yang didapat seseuai dengan yang diharapkan, diantaranya sebagai berikut, kecuali...
A. Keahlian dan ketelitian dalam menggerakan objek
B. Gambar yang terkonsep dengan matang
C. Komposisi gambar yang diperlukan
D. Teknik pengambilan gambar yang tepat
E. Jenis kamera yang cocok digunakan

Jawaban:
E. Jenis kamera yang cocok digunakan


3. Animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek ke objek lain, sehingga terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang di tutupi. Merupakan definsi dari...
A. Animasi shape
B. Animasi tweening
C. Animasi Path
D. Animasi Masking
E. Animasi Guide

Jawaban:
D. Animasi Masking


4. Untuk menggambar dan merubah bentuk sebuah objek dengan memanfaatkan edit point adalah fungsi dari....
A. Subselection tool
B. Lasso tool
C. Pen tool
D. Pencil tool
E. Free transform tool

Jawaban:
C. Pen tool


5. Jenis animasi stop motion dimana aktor hidup sebagai objek animasi adalah...
A. Clay
B. Cut out
C. Puppet
D. Pixilation
E. Grafik

Jawaban:
D. Pixilation


6. Bentuk pelukisan gambaran tentang objek yang ditampilkan dalam suatu cerita yang berkaitan dengan penampilan dan kesan secara visual dan berfungsi sebagai pembawa dan penyampai pesan kepada penonton adalah..
A. Objek
B. Ide karakter
C. Karakter
D. Warna
E. Sifat karakter

Jawaban:
C. Karakter


7. Menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Merupakan pengertian dari...
A. Frame
B. Animasi frame
C. Keyframe
D. Blank keyframe
E. Blank frame

Jawaban:
C. Keyframe


8. Untuk membuat animasi dengan karakter berjalan dapat menerapkan prinsip dasar animasi agar animasi yang dihasilkan menjadi nampak nyata. Untuk membuat animasi tersebut, animator salah satunya dapat menerapkan prinsip ...
A. exageration yaitu dengan mendramatisir animasi
B. timing yaitu dengan menentukan beberapa gambar yang harus dibuat pada in between
C. straight ahead yaitu dengan membuat animasi frame by frame
D. overlapping action yaitu dengan menerapkan gerakan ayunan tangan
E. squash and stretch yaitu dengan menerapkan efek kelenturan pada objek

Jawaban:
D. overlapping action yaitu dengan menerapkan gerakan ayunan tangan


9. Menegaskan kembali bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Merupakan pengertian dari...
A. Secondary action
B. Arch
C. Slow in and slow out
D. Pose to pose
E. Straight ahead

Jawaban:
C. Slow in and slow out


10. Berfungsi untuk mengisi warna pada objek yang dipilih adalah .....
A. Brush tool
B. Ink bottle tool
C. Paint bucket tool
D. Stroke color
E. Fill color

Jawaban:
C. Paint bucket tool