Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

77 Soal Neurologi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Neurologi

1. Bila hasil pemeriksaan Refleks Fisiologis Hiperrefleks maka dugaan penyakit yang diderita pasien adalah ...
A. Polymyositis
B. Muscular dystrophy
C. Multiple sclerosis
D. Neuropati perifer

Jawaban:
C. Multiple sclerosis


2. Pada pemeriksaan kaku kudu pada pasien ditemukan adanya tahanan dan dagu pasien tidak dapat menyentuh dada maka intepretasi kaku kuduk diatas adalah
A. Positif
B. Negatif
C. Ragu-ragu ulang kembali beberapa saat kemudian
D. Negatif palsu

Jawaban:
A. Positif


3. Saat melakukan pemeriksaan kernig sign yaitu pemeriksaan dengan kaki kanan diangkat lalu terjadi fleksi involunter pada sendi panggul dan lutut kontraleteral maka tanda rangsang meningen apa yang positif ?
A. Brudzinski I
B. Brudzinski II
C. Brudzinski III
D. Brudzinski IV

Jawaban:
B. Brudzinski II


4. Seorang pria 27 tahun dibawa ke IGD mengalami kecelakaan lalu lintas. Hasil pengkajian didapatkan pasien membuka mata ketika diberi ada perintah suara, pasien bereaksi suara namun bingung dan posisi ekstremitas fleksi abnormal. Berapakah nilai GCS pada pasien tersebut?
A. E2V3M3
B. E2V3M4
C. E3V4M3
D. E3V4M2

Jawaban:
C. E3V4M3


5. Diantara pilihan dibawah ini manakah yang termasuk pemeriksaan refleks fisiologis kecuali…
A. Refleks Biceps
B. Refleks Triceps
C. Refleks Patella
D. Refleks Klonus

Jawaban:
D. Refleks Klonus


6. Tn. Amat, 30 tahun datang kedokter dengan keluhan kesemutan dan nyeri pada kaki kiri sejak 1 minggu lalu. Nyeri dirasakan seperti tertusuk didaerah telapak kaki. Pasien sebelumnya jatuh dari tangga kantor dgn posisi kaki tertekuk ke dalam. Status lokalis edema disekitar malleolus medialis sinistra regio pedis sinistra. Tinnel test (+). Apakah nervus yang mengalami gangguan pada kasus ini?
A. N. femoralis
B. N. ischiadicus
C. N. tibialis
D. N. peroneus superficialis

Jawaban:
C. N. tibialis


7. Saat melakukan pemeriksaan kaku kuduk pasien juga mengalami gerakan fleksi involunter pada kedua panggul dan lutut maka tanda rangsang meningen apa yang positif ?
A. Brudzinski I
B. Brudzinski II
C. Brudzinski III
D. Brudzinski IV

Jawaban:
A. Brudzinski I


8. Tanda positif pada pemerisaan refleks Oppenheim adalah ....
A. Hiperrefleks pada jari-jari kaki
B. Ibu jari dorsofleksi, jari-jari lain plantar fleksi meregang
C. Ibu jari fleksi,jari-jari lain plantar meregang
D. Ibu jari distalfleksi, jari-jari lain plantar fleksi meregang

Jawaban:
B. Ibu jari dorsofleksi, jari-jari lain plantar fleksi meregang


9. Seorang laki-laki dibawa ke IGD dengan penurunan kesadaran. Dari pemeriksaan diperoleh bahwa dengan rangsang nyeri pasien membuka mata, mengerang, dan menunjukkan sikap fleksi abnormal. Berapakah GCS pasien tersebut?
A. E3V3M2
B. E2V3M2
C. E3V2M3
D. E2V2M3

Jawaban:
D. E2V2M3


10. Pasien laki-laki usia 30 tahun mengeluh nyeri seperti tersayat pada daerah pipi kanan terutama saat berbicara, makan dan terkena angin. Kelainan di nervus berapakah pasien tersebut?
A. Nervus V motorik
B. Nervus V sensorik cabang I
C. Nervus V sensorik cabang II
D. Nervus V sensorik cabang III

Jawaban:
C. Nervus V sensorik cabang II


11. Ciri khas Parkinson adalah munculnya..
A. Tremor
B. Chorea
C. Balismus
D. Hipotonus

Jawaban:
A. Tremor


12. Gold standard untuk menegakan diagnosis stroke adalah..
A. MRI
B. Head CT scan non kontras
C. Head CT scan kontras
D. EEG

Jawaban:
B. Head CT scan non kontras


13. Berikut merupakan pemeriksaan meningeal sign kecuali..
A. Mendel Bechtrew
B. Kernig
C. Symphyseal sign
D. Cheek sign

Jawaban:
A. Mendel Bechtrew


14. Seorang Pasien laki-laki 45 tahun datang ke klinik fisioterapi dengan keluhan rasa tebal-tebal pada wajah kanan, tidak mampu menutup mata kanan dengan sempurna, tidak mampu mengangkat alis kanan, dan bibir merot ke kanan. Keluhan dirasakan sejak kemaren pagi setelah bangun tidur, pekerjaan pasien sebagai ojek online dan tidak memiliki riwayat penyakit lain. Pemeriksaan spesifik  apakah yang Paling tepat diperlukan pada pasien tersebut?
A. Spurling’s Test
B. VAS
C. Ugo Fisch
D. ROM
E. Sensoris

Jawaban:
C. Ugo Fisch


15. Perempuan umur 45 tahun, dengan diagnosis CTS kanan, dikonsulkan ke fisioterapi.  Pasien mengeluh nyeri hilang timbul disertai kesemutan yang menjalar dari pergelangan tangan kanan ke sepanjang lengan kanannya serta sulit menggenggam sejak 2 bulan yang lalu.  Phalent test dan Tinnel test positif.  Fisioterapi hendak merumuskan diagnosis level activity limitation. Apakah rumusan diagnosis pada kasus diatas?
A. Nyeri hilang timbul
B. Kesemutan
C. Lemah otot
D. Sulit menggenggam barang
E. Nyeri menjalar di lengan

Jawaban:
D. Sulit menggenggam barang


16. Laki-laki, umur 65 tahun dengan diagnosis medis fraktur 1/3 proximal cruris kanan, dikonsulkan ke fisioterapi.  Pasien mengeluh kakinya berat.  Berjalan dengan steppage gait. Pemeriksaan sensori tergangggu di dorsal telapak di area jari 1- 4 dan bagian lateral setengah distal cruris.  MMT dorsoflexor kanan 2. Saraf apakah yang terganggu pada kasus di atas?
A. N. Obturator
B. N. Pudental
C. N. Femoris
D. N. Peroneus
E. N. Popliteal

Jawaban:
D. N. Peroneus


17. Laki-laki umur 56 tahun, dengan diagnosis CVA dextra, dikonsulkan ke fisioterapi.  Pasien mengeluh sisi badan kirinya lemas. Pasien belum bisa bediri.  Pemeriksaan ashworth tungkai kiri rata-rata 1, dan rata-rata 2 pada lengan kiri.  Fisioterapis hendak memberikan modalitas elektroterapi untuk menstimulasi saraf. Modalitas apakah yang tepat untuk kasus di atas?
A. Ultrasound
B. Short wave Diathermy
C. Microwave Diathermy
D. IR (Infra red)
E. Electrical Stimulation

Jawaban:
E. Electrical Stimulation


18. Laki-laki umur 55 tahun datang ke klinik fisioterapi untuk mendapatkan tindakan fisioterapi.  Pasien mengeluh tebal pada wajah kanan, tdk bisa menutup rapat mata kanan, tidak bisa angkat alis kanan, bibir mencong ke kiri.  Untuk melihat prognosisnya, Fisioterapi mengukur dengan Ugo Fisch, hasilnya 30%. Bagaimanakah interpretasi prognosis pengukuran di atas?
A. Asimetris komplit
B. Tidak ada gerak voluntair
C. Kesembuhan kearah asimetris
D. Kesembuhan parsial ke arah simetri
E. Simetris komplit

Jawaban:
C. Kesembuhan kearah asimetris


19. Seorang perempuan berusia 22 tahun, datang ke poliklinik dengan keluhan nyeri pada pergelangan tangan kanan selama 1 minggu terakhir, awalnya hanya berupa rasa kram lama kelamaan terasa nyeri sampai sulit digerakkan terutama pada malam hari. Tanda vital pada saat masuk = 110/80, N=100x/menit, RR=20x/menit, dari pemeriksaan fisik didapatkan phalen’s test dan tinel sign positif. Dari diagnosis penyakit diatas, manajemen awal yang dapat diberikan :
A. Diuretik
B. Antibiotik
C. Beta agonis
D. Penghambat MAO
E. Anti inflamasi non steroid

Jawaban:
E. Anti inflamasi non steroid


20. Seorang laki-laki berusia 34 tahun, datang diantar ke UGD oleh warga setelah kecelakaan motor. Saat ini pasien mengeluh agak pusing dan disorientasi serta tidak bisa mengingat kejadian sesaat sebelum terjadinya kecelekaan. Dari pemeriksaan fisik didapatkan TD : 110/80 mmHg, Nadi 96x/menit, afebris. Dari pemeriksaan saat ini diagnosis pasien adalah :
A. amnesia anterograde
B. amnesia retrograde
C. amnesia fungsional
D. amnesia ambivert
E. amnesia postgrade

Jawaban:
B. amnesia retrograde


21. Seorang perempuan berusia 22 tahun, datang ke poliklinik dengan keluhan nyeri pada pergelangan tangan kanan selama 1 minggu terakhir, awalnya hanya berupa rasa kram lama kelamaan terasa nyeri sampai sulit digerakkan terutama pada malam hari. Tanda vital pada saat masuk = 110/80, N=100x/menit, RR=20x/menit, dari pemeriksaan fisik didapatkan phalen’s test dan tinel sign positif. Pemeriksaan penunjang untuk mendukung diagnosis adalah :
A. Pemeriksaan CT-scan
B. Pemeriksaan treadmill test
C. Pemeriksaan echocardiografi
D. Pemeriksaan elektromiografi
E. Pemeriksaan chest X-ray

Jawaban:
D. Pemeriksaan elektromiografi


22. Seorang laki-laki berusia 22 tahun, datang ke poliklinik dengan keluhan nyeri pada pergelangan kaki selama 1 minggu terakhir, awalnya hanya berupa rasa kram lama kelamaan terasa nyeri dan bengkak sampai sulit digerakkan. Tanda vital pada saat masuk = 110/80, N=100x/menit, RR=20x/menit, dari pemeriksaan fisik didapatkan tinel sign positif. Dari diagnosis penyakit diatas, saraf yang terlibat adalah :
A. N. vagus
B. N. medianus
C. N. laryngeus
D. N. tibialis posterior
E. N. pharyngeus

Jawaban:
D. N. tibialis posterior


23. Laki-laki, 48 tahun dengan nyeri punggung, datang ke Fisioterapi.  Pasien mengeluh nyeri pinggang menjalar hingga tungkai bawah kanan 3 minggu terakhir.  1 bulan sebelumnya pasien jatuh dari tangga.  Nyeri bertambah saat duduk lebih dari 2 jam, berjalan dan saat bangun dari duduk.  Nyeri berkurang saat istirahat.  Fisioterapis hendak melakukan pemeriksaan untuk memastikan adanya gangguan akar saraf di lumbal. Pemeriksaan spesifik apa yang tepat pada kasus diatas ?
A. Thompson's Test
B. Lasegue's Test
C. Patrick Test
D. Ober Test
E. Sacroiliac Stretch Test

Jawaban:
B. Lasegue's Test


24. Seorang Pasien laki-laki 45 tahun datang ke klinik fisioterapi dengan keluhan rasa tebal-tebal pada wajah kanan, tidak mampu menutup mata kanan dengan sempurna, tidak mampu mengangkat alis kanan, dan bibir merot ke kiri, namun lengan dan tungkai kanan normal.  Keluhan dirasakan sejak kemaren pagi setelah bangun tidur, pekerjaan pasien sebagai ojek online dan tidak memiliki riwayat penyakit lain. Saraf apakah yang mengalami lesi pada kasus tersebut ?
A. N.  I
B. N. II
C. N. III,IV,VI
D. N. V
E. N. VII

Jawaban:
E. N. VII


25. Laki-laki umur 56 tahun, dengan diagnosis medis CVA dextra, masih dirawat di RS, dikonsulkan fisioterapi.  Pasien mengeluh masih lemah.  Pasien baru bisa duduk dengan bantuan.  Pengukuran ashworth rata2 tungkai sinestra 1 dan lengan sinestra 2.  Untuk melihat kapasitas fungsionalnya, dilakuan pemeriksaan Barthel indeks, hasilnya 50.
A. Ketergantungan penuh 
B. Ketergantungan berat
C. Ketergantungan moderat
D. Ketergantungan ringan
E. Mandiri

Jawaban:
B. Ketergantungan berat


26. Perempuan umur 45tahun, dengan diagnosis CTS kanan, dikonsulkan fisioterapi.  Pasien mengeluh nyeri hilang timbul disertai kesemutan menjalar disepanjang lengan hingga pergelangan tangan kanan dan sulit menggenggam barang sejak 2 bulan yang lalu.  Fisioterapi akan melakukan tes untuk provokasi nyeri. Tes apakah yang paling tepat untuk kasus di atas?
A. Phalen's test
B. Finkelstein's test
C. Scaphoid Shift test
D. Fromen's Sign Test
E. Three Digiti Allen's Test

Jawaban:
A. Phalen's test