178 Soal (Pilgan) Animasi 3D Beserta Jawaban

Contoh Soal PG Tentang Animasi 3D

61. Gerakan animasi yang dapat di terapkan dalam motion tween adalah sebagai berikut
A. Skala
B. Posisi
C. Rotasi
D. Warna

Jawaban:
B. Posisi


62. Animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek ke objek lain, sehingga terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang di tutupi. Merupakan definsi dari...
A. Animasi shape
B. Animasi blink
C. Animasi rotasi
D. Animasi masking
E. Animasi blink

Jawaban:
D. Animasi masking


63. Yang bukan termasuk macam-macam animasi di flash adalah...
A. Animasi path
B. Animasi margue
C. Motion path
D. Animasi transparan
E. Animasi fade

Jawaban:
A. Animasi path


64. Perintah apa yang digunakan untuk menggandakan Obyek
A. Clone
B. Shift
C. Instance
D. Reference
E. Select dan Move

Jawaban:
C. Instance


65. Perintah yang digunakan untuk melakukan pengurangan terhadap 2 buah obyek yang dilakukan dengan cara mengurangi obyek kedua dengan obyek pertama adalah perintah ….
A. Intersection
B. Substraction
C. Loft
D. Boolean
E. Union

Jawaban:
E. Union


66.



Gambar no. 2 merupakan Polygon...
A. Sphere
B. Cube
C. Cylinder
D. Torus
E. Cone

Jawaban:
B. Cube


67. Untuk membuat animasi pergerakan objek biasanya dengan tahapan
A. Klik kanan-tween-create animation
B. Klik kanan-motion tween-create animation
C. Klik kanan-insert frame-create animation
D. Klik kanan-create motion tween

Jawaban:
D. Klik kanan-create motion tween


68. Animasi yang hanya menampilkan satu bagian dari suatu gambar dengan suatu objek adalah
A. Blending
B. Erasting
C. Floating
D. Masking

Jawaban:
A. Blending


69. Kumpulan objek di flash biasanya di simpan di...
A. Files
B. Drawers
C. Library
D. Layer

Jawaban:
A. Files


70. Teks pada flash terdiri atas 3 tipe yaitu,kecuali
A. dinamic teks
B. static teks
C. input teks
D. scroll

Jawaban:
D. scroll


71. Perintah yang digunakan untuk berpindah dari modus frame menjadi modus key ?
A. Key mode
B. Slide position
C. Time configuration
D. Re scale time
E. Zoom

Jawaban:
A. Key mode


72. Membuat Clone yang lengkap dari obyek asli. Modifikasi obyek hasil memodifikasi obyek asli
A. Copy method
B. Instance method
C. Reference method
D. Shift Clone
E. Snapshot

Jawaban:
B. Instance method


73. Memberikan efect pencahayaan pada sebuah object atau benda .....
A. lighting
B. omni
C. camera
D. target
E. teapot

Jawaban:
B. omni


74.



Perhatikan Gambar !,
tampilan kursi sebelah kanan menggunakan view...
A. perspektif
B. omni
C. front
D. top
E. edge

Jawaban:
A. perspektif


75. Manfaat sketsa adalah sebagai berikut.....
A. Untuk memberikan keindahan
B. Meminimalisir kesalahan
C. Untuk pengamatan
D. Untuk mengkoordinasi

Jawaban:
B. Meminimalisir kesalahan


76. Proses pendefinisian perpindahan objek. Rentetan gambar yang membentuk suatu pergerakan yang berkesinambungan merupakan proses
A. Modelling
B. Animation
C. Rendering
D. Rigging

Jawaban:
B. Animation


77. Proses pemberian tulang pada pada object 3D sehingga gerakan animasi object mudah untuk diarahkan dikenal dengan istilah....
A. Modelling
B. Rigging
C. Rendering
D. Texturing

Jawaban:
B. Rigging


78. Faktor yang membuat animasi 3D menjadi hidup dan semakin real adalah…
A. Lighting
B. Modeling
C. Sound
D. Back Sound
E. Pendukung

Jawaban:
C. Sound


79. Salah satu jenis objek pada blender adalah…
A. Mesh
B. Object mode
C. Surface
D. Metaball
E. curve

Jawaban:
E. curve


80. 



Gambar no. 3 merupakan Polygon…
A. Cube
B. Torus
C. Cone
D. Sphere
E. Cylinder

Jawaban:
E. Cylinder


81. Asal kata animasi berasal dari bahasa Inggris yakni
A. animat
B. animate
C. animation
D. animats

Jawaban:
B. animate


82. Pada dasarnya pengertian animasi adalah menggerakkan objek agar tampak lebih...
A. bagus
B. menarik
C. colorful
D. aesthesis

Jawaban:
D. aesthesis


83. Suatu frame kosong dimana di dalamnya tidak ada objek disebut
A. frame set
B. key frame
C. blank keyframe
D. timeline

Jawaban:
C. blank keyframe


84. File yang terbentuk ketika kita merekam tugas flash berekstensi
A. exe
B. fla
C. swf
D. gif

Jawaban:
B. fla


85. Fungsi utama perangkat lunak flash adalah untuk....
A. menggambar
B. menghitung
C. laporan
D. animasi

Jawaban:
D. animasi


86. Fungsi dari mask adalah...
A. Menutupi suatu layer
B. Membuat animasi perubahan bentuk
C. Mengurangi pekerjaan menggambar dan meminimal ukuran file
D. Menampilkan bidang yang tertutup
E. Menggerakan objek dari suatu titik ke titik lainnya

Jawaban:
A. Menutupi suatu layer


87. Fungsi utama tweening adalah...
A. Membuat objek pada frame pertama dan terakhir
B. Untuk menggerakan objek dari suatu titik ke titik lainnya
C. Mengurangi pekerjaan menggambar dan meminimalkan ukuran file
D. Membuat animasi perubahan bentuk
E. Menutupi suatu layer

Jawaban:
B. Untuk menggerakan objek dari suatu titik ke titik lainnya


88. 



Gambar no. 4 merupakan Polygon…
A. Torus
B. Cylinder
C. Sphere
D. Cone
E. Cube

Jawaban:
D. Cone


89. Pengertian animasi pada dasarnya adalah
A. menggerakan objek agar tampak lebih hidup
B. menggerakan objek agar tampak lebih cantik
C. menggerakan objek agar tampak lebih indah
D. menggerakkan objek agar tampak lebih dinamis

Jawaban:
A. menggerakan objek agar tampak lebih hidup


90. Warna yang menggunakan gambar untuk mengisi fil pada suatu objek disebut
A. warna mixer
B. warna stroke
C. warna bitmap
D. warna fil

Jawaban:
D. warna fil


91. Pada 12 prinsip dasar animasi manakah yang di gunakan untuk mengatur kepadatan gambar
A. squash &stretch
B. anticipation
C. arcs
D. Timing & spacing

Jawaban:
D. Timing & spacing


92. Animasi yang paling sedederhana adalah...
A. Blank key frame
B. Key frame
C. Frame
D. Animasi rotasi
E. Animasi frame

Jawaban:
E. Animasi frame


93. Menampilkan bidang yang tertutup dan menyembunyikan bidang yang terbuka merupakan cara kerja dari.....
A. Masking
B. Tweening
C. Shape tween
D. Animasi motion tween
E. Animasi

Jawaban:
A. Masking


94. Perintah untuk memutar objek. Merupakan fungsi dari …
A. Translate Manipulator
B. Scale Manipulator
C. Rotate Manipulator
D. Object Manipulator
E. Viewport Manipulator

Jawaban:
C. Rotate Manipulator


95.



Menu pada gambar diatas sering kita jumpai pada U/I Autodesk Maya, disebelah manakah menu tersebut sering kita jumpai…
A. Pojok kiri atas
B. Pojok kiri tengah
C. Pojok kiri bawah
D. Pojok kanan atas
E. Pojok kanan tengah

Jawaban:
D. Pojok kanan atas


96. Yang di maksud dengan gambar 3D adalah
A. bentuk dari benda yang mempunyai ruang ,lebar dan tinggi
B. Bentuk dari ruang benda lebar dan panjang
C. Bentuk dari benda yang mempunyai ruang lebar panjang dan tinggi
D. Ruang benda yang memiliki keteraturan bentuk

Jawaban:
C. Bentuk dari benda yang mempunyai ruang lebar panjang dan tinggi


97. Untuk membuat animasi pergerakan objek biasanya dengan tahapan
A. Klik kanan-tween-create animation
B. Klik kanan-motion tween-create animation
C. Klik kanan-insert frame-create animation
D. Klik kanan-create motion tween

Jawaban:
D. Klik kanan-create motion tween


98. Perangkat lunak flash adalah buatan....
A. multimedia
B. macromedia
C. corel
D. microsoft

Jawaban:
B. macromedia


99. Jenis file yang digunakan untuk backsound memiliki eksensi, yaitu…
A. jpg
B. png
C. mp4
D. avi
E. wav

Jawaban:
E. wav


100. Pada storyboard biasanya terdapat durasi waktu, bila tertulis 3 sec. artinya…
A. 3x60 FPS = 120 Frame
B. 3x24 FPS = 72 Frame
C. 3x12 = 36 Frame
D. 3x3 = 9 Frame
E. 3 FPS x 24 = 72 Frame

Jawaban:
B. 3x24 FPS = 72 Frame


101. 



Gambar no. 5 merupakan Polygon…
A. Torus
B. Cylinder
C. Sphere
D. Cone
E. Cube

Jawaban:
A. Torus


102. Animasi untuk mengubah posisi objek adalah
A. montion tween
B. tweening
C. shape tween
D. animation

Jawaban:
A. montion tween


103. Suatu lapisan transparan yang berfungsi untuk mengatur peletakan objek-objek dalam suatu movie flash disebut
A. payhead
B. keyframe
C. frame
D. layer

Jawaban:
D. layer


104. 



Teknik Menggambar dibuat dengan menorehkan pensil, spidol, tinuta atau alat lain yang berupa garis garis berulang yang menimbulkan kesan gelap terang adalah teknik ......
A. Pointilis
B. Arsir
C. Dussel
D. Plakat
E. Aquarel

Jawaban:
B. Arsir


105. File flash yang dapat langsung di jalan kan tanpa harus membuka program flash adalah file yang berekstensi
A. exe
B. fla
C. swt
D. gif

Jawaban:
C. swt


106. Cw pada flash singkatan daei
A. Clock wisht
B. Celebrity windows
C. Clock wise
D. Clock wide

Jawaban:
A. Clock wisht


107. Definisi dari animasi adalah
A. menghidupkan
B. menggerakkan benda hidup
C. memberikan kehidupan
D. jiwa benda mati

Jawaban:
A. menghidupkan


108. Shorcut key untuk tes movie pada Flash adalah.....
A. CTRL+Z
B. CTRL+J
C. F8
D. CTRL+ENTER

Jawaban:
D. CTRL+ENTER


109. 



Gambar no. 6 merupakan Polygon…
A. Torus
B. Plane
C. Sphere
D. Cone
E. Cube

Jawaban:
B. Plane


110. Untuk membuat salinan/duplikat suati objek pada aplikas blender anda dapat menekan perintah tombol keyboard (shortcut)
A. Alt + Tab
B. Alt + D
C. Shift + Tab
D. Shift + D
E. Ctrl + C

Jawaban:
D. Shift + D


111.



Lihat objek gambar tersebut! Geometric yang digunakan untuk membuat objek tersebut ialah ...
A. cone
B. plane
C. torus
D. tube

Jawaban:
A. cone


112. Untuk membuat animasi dibutuhkan sejumlah gambar yang pengerjaannya dilakukan dengan peegerakan gambar (frame) satu per satu. Semakin tinggi nilai fps, maka yang terjadi adalah....
A. Semakin buruk kualitas animasi
B. Semakin besar gambar yang dibutuhkan
C. Semakin kaku hasil animasi
D. Semakin baik kualitas animasi
E. Semakin sedikit gambar yang dibutuhkan

Jawaban:
D. Semakin baik kualitas animasi


113. Apa yang dimaksud dengan Edge?
A. Garis yang terbetuk minimal 3 vertex
B. Garis yang terbetuk minimal 2 vertex
C. Garis yang terbetuk minimal 4 vertex
D. Garis yang terbetuk minimal 5 vertex

Jawaban:
B. Garis yang terbetuk minimal 2 vertex


114. Shortcut key yang digunakan untuk memutar objek adalah
A. R
B. A
C. Z
D. X

Jawaban:
A. R


115. Untuk memberikan efek 3 dimensi dari objek 2 dimensi menggunakan.....
A. Extrude tool
B. Envelope tool
C. Transparemcy tool
D. Interactive distrot tool
E. Interactive contour tool

Jawaban:
A. Extrude tool


116.



Gambar no. 7 merupakan Polygon…
A. Torus
B. Plane
C. Sphere
D. Cone
E. Disk

Jawaban:
E. Disk


117. Shortcut key yang digunakan untuk mengatur besar dan kecilnya objek adalah
A. S
B. Z
C. A
D. B

Jawaban:
A. S


118. Edit mode digunakan untuk ?
A. melakukan pengeditan pada object dengan memilih titik tertentu
B. melakukan pengeditan pada object secara keseluruhan
C. melihat object secara keseluruhan jika sudah selesai
D. melakukan pengeditan pada object secara keseluruhan dengan lebih mudah

Jawaban:
A. melakukan pengeditan pada object dengan memilih titik tertentu


119.

Perhatikan gambar tersebut. 3D Modelling setelah di editable poly, bagian yang dimaksud merupakan ...
A. vertex
B. edge
C. bevel
D. polygon

Jawaban:
D. polygon