Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Pertanyaan Tentang Ekonomi Mikro Beserta Jawaban

Soal (Esai) Materi Ekonomi Mikro

17. Mengapa kita perlu belajar teori ekonomi mikro Islam?

Jawaban:
Manfaat mempelajari ekonomi mikro islam yaitu mengetahui batasan batasan syariah dalam setiap langkah pengambilan keputusan dalam ekonomi


18. Jelaskan apa yang dimaksud dengan teori ekonomi mikro?

Jawaban:
Ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan. Serta menentukan harga pasar dan kuantitas barang dan jasa. Ekonomi mikro memengaruhi pengambilan keputusan dalam hal penawaran dan permintaan barang atau jasa.


19. Apakah Fungsi Teori Ekonomi Mikro?

Jawaban:
Ekonomi mikro dapat dijadikan dasar dalam merumuskan kebijakan perusahaan terkait harga dan upah dalam pengelolaan sumber daya. Ekonomi mikro juga mempermudah perusahaan dalam mempelajari interaksi pasar dan membentuk kebijakan perusahaan yang inovatif dan strategis berdasarkan kebijakan pemerintah.


20. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekonomi mikro Islam dan seberapa penting perannya?

Jawaban:
Ekonomi mikro islami merupakan bagaimana sebuah keputusan diambil oleh tiap unit ekonomi dengan memasukkan batasan-batasan syariah sebagai variable utama.


21. Siapa saja yang terlibat dalam ekonomi mikro?

Jawaban:
Dalam dunia ekonomi, produsen dan konsumen ini adalah individu-individu pada rumah tangga, masyarakat, organisasi atau perusahaan.


22. Apa saja hal yang mendasar yang membedakan antara ekonomi mikro konvensional dan ekonomi mikro Islam?

Jawaban:
Jika ekonomi konvensional berprinsip pada konsep scarcity sedangkan ekonomi islam berprinsip pada Goal oriented diciplin. Konsep scarcity adalah konsep yang menekankan pada mempelajari perilaku manusia dalam menyikapi kelangkaan.


23. Mengapa konsep equilibrium sangat penting dalam teori ekonomi mikro?

Jawaban:
Konsep equlibrium penting dalam teori ekonomi mikro karena ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga, dan bagaimana harga, pada gilirannya menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa sehingga terjadinya titik keseimbangan dimana titik bertemunya antara permintaan dan penawaran suatu produk barang atau jasa.


24. Tuliskan pengertian ekonomi mikro menurut Mary A Marchant dan William M Snell!

Jawaban:
Ekonomi mikro merupakan kajian terkait individu, rumah tangga, dan perusahaan pengambil keputusan dalam proses ekonomi.


25. Tuliskan pengertian ekonomi mikro menurut David A. Moss!

Jawaban:
Ekonomi mikro sebagai Langkah penganalisisan sebuah keputusan yang dibuat oleh individu atau kelompok mulai dari Faktor-faktornya hingga ke pertimbangan akan biaya dan manfaatnya.

26. Tuliskan pengertian ekonomi mikro menurut Adam Smith

Jawaban:
Melihat adanya berbagai pertimbangan rasional dalam pengambilan keputusan yang dipilih oleh pelaku ekonomi.


27. Tuliskan pengertian ekonomi mikro menurut N. G. Mankiw!

Jawaban:
Dalam bukunya ia menulis, pengertian ekonomi mikro adalah ilmu yang membahas tentang peran individu-individu pelaku ekonomi, bagaimana rumah tangga dan perusahaan membuat keputusan, serta bagaimana mereka berinteraksi di dalam pasar tertentu.

28. Tuliskan pengertian ekonomi mikro menurut Sadono Sukirno!

Jawaban:
Dalam buku Ekonomi Mikro Teori Pengantar, Sadono Sukirno menyatakan bahwa pengertian ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan. Mikroekonomi sendiri berfungsi menganalisis bagaimana segala keputusan dan juga perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan juga permintaan atas barang dan jasa yang akan menentukanharga, menentukan penawaran serta juga permintaanbarang dan jasa selanjutnya.

29. Tuliskan pengertian ekonomi mikro menurut David Ricardo!

Jawaban:
Menurut David Ricardo pengertian ekonomi mikro ini ialah suatu kondisi yang mana para pelaku ekonomi sudah mempunyai informasi mengenai seluk beluk sebuah pasar. Dengan begitu ekonomi makro tersebut merupakan faktor penentu dari pasa ekonomi global.


30. Tuliskan pengertian ekonomi mikro menurut Marshal dan Piqou!

Jawaban:
Menurut Marshal dan Piqou, pengertian ekonomi mikro ini ialah tingkat mobilitas yang tinggi didalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi tersebut dapat langsung beradaptasi atau juga menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di pasar.


31. Jelaskan ruang lingkup pada ekonomi mikro tentang interaksi di pasar barang!

Jawaban:
Pasar merupakan tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran. Pasar juga menjadi tempat dimana penjual dan pembeli dapat bertemu untuk dapat melakukan transaksi jual-beli.


32. Uraikan ruang lingkup pada ekonomi mikro mengenai perilaku penjual dan konsumen!

Jawaban:
Keduanya memiliki sifat yang rasional, dimana penjual menginginkan keuntungan maksimal, dan pembeli menginginkan kepuasan optimal dari segi Kualitas dan Harga produk. Dalam menganalisis perilaku antara penjual dan pembeli, ada 3 asumsi yang dapat diperhatikan yaitu Aktivitas ekonomi antara penjual dan pembeli terjadi secara terbuka dan rasional.