Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

37 Pertanyaan Tentang Pasar Keuangan Beserta Jawaban

Soal (Esai) Materi Pasar Keuangan

14. Mengapa saham memiliki risiko yang lebih besar dibanding aset keuangan yang lain?

Jawaban:
Aset keuangan saham ini, memiliki risiko arus kas yang lebih tinggi dibanding aset keuangan yang lain, karena investor tidak tahu pasti berapa arus kas yang akan diterima.


15. Mengapa manajer keuangan perlu berhubungan langsung dengan pasar keuangan?

Jawaban:
Manajer keuangan perlu berhubungan dengan pasar keuangan karena Pasar keuangan adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran sumber dana (baik jangka pendek ataupun jangka panjang). Dan perusahaan membutuhkan dana untuk mengoperasikan perusahaan


16. Apa akibatnya bila terjadi ketidakstabilan sistem keuangan?

Jawaban:
Ketidakstabilan yang terjadi pada sektor keuangan menimbulkan dampak buruk yakni hilangnya kepercayaan masyarakat pada fungsi intermediasi lembaga keuangan, menurunnya pertumbuhan ekonomi, dan biaya pemulihan akibat krisis sangatlah besar.


17. Mengapa aset keuangan bisa menjadi lebih disukai oleh para investor?

Jawaban:
Aset keuangan juga menjadi lebih diminati oleh para investor karena terdapat jenis lain yang lebih likuid seperti saham, obligasi atau surat utang, dan sertifikat deposito (Certificate of Deposit). Saham adalah aset keuangan yang tidak memiliki masa berlaku sehingga dapat digunakan kapanpun.


18. Apa Manfaat pasar keuangan?

Jawaban:
1. Sebagai fasilitator dan mediator perdagangan surat-surat berharga jangka pendek.
2. Sebagai sumber dana untuk modal kerja bagi perusahaan yang membutuhkan tambahan modal untuk ekspansi.
3. Sebagai fasilitator dan mediator kegiatan investasi dari luar negeri kepada usaha lokal dalam bentuk kredit berjangka pendek atau short-term.
4. Sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin membeli Surat Berharga Pasar Uang dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).


19. Apa saja faktor faktor yang berpengaruh besar terhadap sistem kestabilan keuangan dan perbankan di suatu negara?

Jawaban:
Dimana menurut BI stabilitas institusi keuangan berfokus pada stabilitas perbankan, stabilitas perbankan sendiri dapat dipengaruhi dari tiga faktor, yakni faktor tekanan, intermediasi dan efisiensi.


20. Mengapa bank sentral dianggap memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas sistem keuangan disuatu negara?

Jawaban:
Bank sentral melakukan pengawasan serta penetapan regulasi untuk memastikan kinerja lembaga keuangan yang baik. Jika terjadi kegagalan dalam sektor ini, maka dapat mengakibatkan ketidakstabilan keuangan dan mengganggu perekonomian. Oleh karena itu, sistem pengawasan dan regulasi yang efektif sangatlah diperlukan.


21. Bagaimanakah fungsi likuiditas dalam pasar keuangan?

Jawaban:
Bagi pihak perbankan, likuiditas akan memudahkan nasabah untuk menarik dana. Membantu manajemen perusahaan untuk mengawasi efisiensi modal perusahaan. Likuiditas bisa menjadi alat bantu analisis keuangan dan menginterpretasi posisi keuangan jangka pendek perusahaan


22. Mengapa ada pasar keuangan?

Jawaban:
Pasar keuangan memiliki tiga fungsi ekonomi utama. Pertama, pasar menentukan harga aktiva yang diperdagangkan melalui interaksi antara penjual dan pembeli. Hal ini disebut proses penemuan harga (price discovery process). Kedua, pasar keuangan menyediakan suatu mekanisme bagi investor untuk menjual aktiva kewajibannya.


23. Mengapa pasar uang memiliki peran penting dalam implementasi kebijakan moneter?

Jawaban:
Pasar uang yang berkembang dengan baik membantu keberhasilan implementasi kebijakan moneter bank sentral. Melalui pasar uang bank sentral berada dalam posisi untuk mengontrol sistem perbankan dan dengan demikian mempengaruhi perdagangan dan industri.


24. Bagaimana hubungan stabilitas moneter dengan stabilitas keuangan?

Jawaban:
Stabilitas moneter dan stabilitas keuangan ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Kebijakan moneter memiliki dampak yang signifikan terhadap stabilitas keuangan begitu pula sebaliknya, stabilitas keuangan merupakan pilar yang mendasari efektivitas kebijakan moneter.


25. Apakah yang dimaksud dengan ketahanan sistem keuangan?

Jawaban:
Stabilitas sistem keuangan adalah suatu kondisi yang memungkinkan sistem keuangan nasional berfungsi efektif dan efisien serta mampu bertahan terhadap kerentanan internal dan eksternal, sehingga alokasi sumber pendanaan atau pembiayaan dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan stabilitas perekonomian nasional.