Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

40 Quiz Materi Ekonomi Makro Beserta Jawaban

Soal (Essay) Materi Ekonomi Makro

28. Jelaskan tujuan dari penerapan kebijakan Ekonomi Makro mengenai menciptakan Lapangan Pekerjaan!

Jawaban:
Kebijakan yang dihasilkan dalam Ekonomi Makro bertujuan untuk mengatur penciptaan lapangan kerja. Dengan demikian, negara mampu meminimalisir pengangguran. Hal ini karena tingginya angka pengangguran akan membawa dampak buruk bagi sebuah negara. Tingginya tingkat pengangguran pada akhirnya hanya akan menjadi beban bagi perekonomian negara tersebut.


29. Jelaskan tujuan dari penerapan kebijakan ekonomi makro tentang membuat produksi dalam negeri yang tinggi!

Jawaban:
Banyak atau sedikitnya kapasitas produksi di suatu negara sangat tergantung pada tinggi rendahnya jumlah investasi yang masuk ke negara tersebut. Sementara investasi tergantung dari tingkat tabungan dalam negeri. Lalu, tabungan dalam negeri tergantung dengan penghasilan masyarakat dan tingkat suku bunga. Karenanya, guna meningkatkan kemampuan produksi di suatu negara dapat dilakukan dengan meningkatkan penghasilan masyarakat. Caranya? Produktivitas masyarakat ditingkatkan.


30. Jelaskan tujuan dari penerapan kebijakan ekonomi makro mengenai membuat kondisi ekonomi yang stabil

Jawaban:
Stabilitas ekonomi pada suatu negara meliputi kestabilan harga barang, lapangan pekerjaan, serta tingkat pendapatan masyarakat. Penerapan kebijakan Ekonomi Makro bertujuan untuk menstabilkan harga barang dan lapangan pekerjaan. Pada akhirnya kondisi ini akan memberikan dampak yang baik bagi suatu negara.


31. Jelaskan tujuan dari penerapan kebijakan ekonomi makro tentang membuat neraca pembayaran seimbang!

Jawaban:
Sudah menjadi keniscayaan bahwa setiap negara pastilah melakukan transaksi perdagangan dengan negara lain. Praktik ini juga pada akhirnya bisa membawa pengaruh terhadap kondisi ekonomi negara tersebut, makanya neraca pembayaran harus seimbang. Beberapa komponen neraca pembayaran yang penting untuk diketahui adalah lalu lintas moneter, transaksi berjalan, serta neraca perdagangan.


32. Jelaskan tujuan dari penerapan kebijakan ekonomi makro mengenai membuat pendapatan penduduk yang merata!

Jawaban:
Pembagian pendapatan penduduk secara merata dapat terjadi dengan pemerataan hasil olahan sumber daya alam dan manusia. Meratanya pembagian pendapatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan tingkat konsumsi atau daya beli masyarakat. Dengan demikian, kehidupan yang seimbang dan damai tanpa kerusuhan pun dapat terwujud.


33. Jelaskan Penerapan kebijakan Ekonomi Makro dalam ruang lingkup berdasarkan penentuan tingkat kegiatan perekonomian Negara!

Jawaban:
Kemampuan suatu negara dalam memproduksi barang dan jasa dijelaskan dalam ekonomi makro. Dengan demikian ruang lingkup ini pun memiliki sejumlah pos pengeluaran, yaitu:
1. Pengeluaran perusahaan (investasi)
2. Pengeluaran pemerintah
3. Ekspor dan impor
4. Pengeluaran rumah tangga untuk konsumsi


34. Jelaskan Penerapan kebijakan Ekonomi Makro dalam ruang lingkup berdasarkan Kebijakan Pemerintah!

Jawaban:
Persoalan inflasi dan pengangguran memang tak terlepas dari perekonomian suatu negara. Pemerintah pun telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulanginya, baik melalui instrumen kebijakan fiskal maupun moneter. Kebijakan fiskal adalah seperangkat langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengubah jumlah dan struktur pajak. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi kegiatan ekonomi negara dan masyarakat. Sementara kebijakan moneter merupakan seperangkat kebijakan yang dijalankan pemerintah untuk memberikan pengaruh terhadap seberapa banyak jumlah uang yang beredar di tengah masyarakat dalam koridor perekonomian.


35. Jelaskan Penerapan kebijakan ekonomi makro dalam ruang lingkup pengeluaran agregat!

Jawaban:
Pengeluaran agregat berarti pengeluaran yang menyeluruh. Jika pengeluaran ini tidak dapat mencapai tingkat ideal, akibatnya adalah terjadinya masalah pada perekonomian. Terwujudnya kesempatan kerja mampu mengawasi laju inflasi. Karena itu, idealnya pengeluaran agregat mampu berada pada tingkat yang dibutuhkan.


36. Uraikan kebijakan dalam ekonomi makro mengenai Kebijakan Fiskal!

Jawaban:
Pemasukan dan pengeluaran suatu negara adalah hal yang diatur dalam kebijakan ini. Pemasukan atau penghasilan negara bisa didapatkan dari pajak yang dibayarkan oleh setiap warga negara. Selain itu, pundi pendapatan negara lainnya adalah berasal dari non pajak, seperti, lelang, denda, pemberian negara lain, dan gratifikasi.


37. Uraikan kebijakan dalam ekonomi makro tentang kebijakan moneter!

Jawaban:
Kebijakan ini menjadi pembeda antara Ekonomi Makro dan Mikro. Kebijakan moneter berfungsi untuk mengukur seberapa banyak dana yang telah dikeluarkan oleh bank sentral pada suatu negara. Makin banyak perputaran uang yang terjadi maka akan berpengaruh terhadap tingkat inflasi. Pada akhirnya hal itu akan meningkatkan harga suatu produk. Sebaliknya apabila perputaran uang sedikit maka harga suatu produk lebih murah. Inilah yang disebut dengan deflasi. Kebijakan moneter mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat, yaitu untuk menjaga laju pertumbuhan ekonomi di suatu negara. 


38. Uraikan kebijakan dalam ekonomi makro mengenai Kebijakan Segi Penawaran!

Jawaban:
Fungsi dari kebijakan ini adalah untuk menyeimbangkan neraca keuangan di suatu perusahaan atau negara. Adalah wajar jika saat ini rata-rata perusahaan membutuhkan ahli dalam ilmu ekonomi. Dengan ilmu itu harapannya semua proses pengelolaan keuangan terutama yang memiliki kaitan dengan produksi dapat dikurangi seminimal mungkin.


39. Jelaskan tujuan dari penerapan kebijakan ekonomi makro mengenai Mengendalikan inflasi!

Jawaban:
Tujuan terakhir dari analisis ekonomi makro adalah sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi. Hal tersebut dilakukan dengan menekan harga yang berlaku seminimal mungkin lewat beberapa kebijakan, seperti cash ratio politik pasar terbuka, hingga politik diskonto.


40. Jelaskan tujuan dari penerapan kebijakan ekonomi makro tentang mengembangkan kapasitas produksi nasional!

Jawaban:
Dengan mengembangkan kapasitas produksi, negara juga akan mampu meningkatkan pertumbuhan serta pembangunan ekonominya.