Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

35 Quiz Materi Ekspor dan Impor Beserta Jawaban

Soal (Esai) Materi Ekspor dan Impor 

27. Mengapa perlu adanya peran pemerintah dalam kegiatan ekspor dan impor?

Jawaban:
Dari mulai pembuatan barang, pengemasan, pengepakan, sampai pada pengiriman barang membutuhkan proses yang panjang untuk sampai ke negara tujuan. Maka dari itu peran pemerintah dibutuhkan untuk mempermudah proses perizinan dan pembuatan dokumen-dokumen ekspor lainnya


28. Mengapa sekarang hampir semua negara melakukan kegiatan ekspor dan impor dalam kegiatan perekonomian suatu negara jelaskan?

Jawaban:
Karena saat suatu produk mampu diproduksi dengan mudah dan melimpah, maka produk dalam negeri tersebut pasti akan memiliki harga yang lebih murah. Untuk itu, negara harus melakukan ekspor ke negara lain yang lebih membutuhkan produk tersebut agar negara mampu mengendalikan harga di pasar.


29. Mengapa kita harus impor beras dari luar negeri?

Jawaban:
Salah satu alasan Bulog melakukan impor beras adalah untuk menjaga stok beras di gudang yang akan menipis, Karena menurut aturan Bulog harus ada minimal satu juta ton cadangan beras


30. Siapa yang termasuk pelaku ekspor?

Jawaban:
Eksportir adalah Pelaku Ekspor, Pahami Syarat, Jenis, dan Kelompoknya. Eksportir adalah orang perseorangan atau lembaga atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum, yang melakukan ekspor


31. Bagaimana kebijakan pemerintah dalam mendorong pelaku ekspor?

Jawaban:
Kebijakan yang mendukung peningkatan ekspor antara lain berupa kemudahan mengurus perizinan serta memberikan fasilitas kepada produsen barang ekspor. Fasilitas dapat berupa pemberian bantuan teknologi, pelatihan inovasi produk, bantuan kredit dengan bunga rendah.


32. Bagaimana pengaruh nilai tukar terhadap ekspor dan impor?

Jawaban:
Nilai tukar suatu negara akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekspor. Nilai tukar yang semakin menguat akan berakibat pada jumlah ekspor suatu negara mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena barang- barang di dalam negeri lebih mahal daripada barang luar negeri. Begitupun sebaliknya.


33. Apa yang akan terjadi apabila kondisi impor lebih besar dari pada eksport?

Jawaban:
Jika nilai impor suatu negara melebihi nilai ekspornya, maka negara tersebut memiliki neraca perdagangan negatif (BOT) atau disebut juga defisit perdagangan. Negara-negara kemungkinan besar mengimpor barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh industri dalam negeri mereka seefisien atau semurah negara pengekspor.


34. Apakah ekspor dan impor mempengaruhi stabilitas ekonomi?

Jawaban:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ekspor berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan tingkat impor berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.


35. Ekspor rempah Indonesia kemana?

Jawaban:
Adapun, 11 negara yang dapat menjadi target utama peningkatan ekspor produk rempah Indonesia yaitu, Amerika Serikat (AS), Cina, Vietnam, India, Arab Saudi, Belanda, Jerman, Malaysia, Singapura, Jepang, dan Australia. Selain itu, fokus pasar ekspor dapat diperluas ke negara-negara di Kawasan Afrika.


36. Bagaimana cara ekspor untuk pemula?

Jawaban:
Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri Bagi Pemula
1. Menyiapkan Dokumen Legalitas untuk Ekspor
2. Menyiapkan Dokumen Ekspor
3. Menetapkan Negara Tujuan Ekspor
4. Mendaftarkan Website Bisnis ke Portal Bisnis Internasional
5. Melakukan Pemberitahuan Pabean
6. Mendapat Nota Persetujuan Ekspor
7. Mengekspor Barang


37. Faktor apa saja yang mempengaruhi ekspor?

Jawaban:
Adapun faktor faktor yang mempengaruhi ekspor dan impor meliputi: Selera konsumen untuk barang barang yang diproduksi di dalam dan di luar negeri. Harga barang-barang di dalam dan di luar negeri. Nilai tukar (kurs) yang menentukan jumlah mata uang domestik yang diperlukan untuk membeli sejumlah mata uang asing.


38. Apa yang membuat rendahnya ekspor di Indonesia?

Jawaban:
Rendahnya ekspor di Indonesia karena pemerintah lambat melakukan verisikasi negara tujuan ekspor dan Indonesia memiliki hambatan-hambatan dalam kegiatan ekspor, salah satunya adalah: Lemahnya industri manufaktur, karena nilai ekspor barang manufaktur Indonesia masih lemah yang mengakibatkan tertinggalnya ekspor


39. Ke mana negara Indonesia mengekspor udang?

Jawaban:
Mengekspor udang ke Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa Timur.