Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Quiz Materi Lembaga Jasa Keuangan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Lembaga Jasa Keuangan

21. Apa manfaat lembaga jasa keuangan?

Jawaban:
Berikut adalah fungsi dari lembaga keuangan: Melancarkan pertukaran produk (barang dan jasa) dengan menggunakan uang dan instrumen kredit. Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan ke masyarakat dalam bentuk pinjaman.


22. Apa latar belakang didirikannya lembaga keuangan bukan bank?

Jawaban:
Lembaga keuangan bukan bank bertujuan untuk membiayai investasi perusahaan-perusahaan. Pendirian lembaga keuangan bukan bank mulai dirintis pada tahun 1972. Keberadaan lembaga keuangan bukan bank merupakan bagian dari pengembangan pasar uang dan pasar modal.


23. Apa manfaat adanya lembaga keuangan bukan bank bagi kehidupan masyarakat?

Jawaban:
Lembaga Keuangan Bukan Bank memiliki salah satu peran sebagai penghimpun dana dengan mengeluarkan surat berharga untuk disalurkan kepada masyarakat. Saluran dana tersebut bisa digunakan untuk membiayai investasi di berbagai perusahaan sehingga nantinya taraf hidup masyarakat bisa lebih meningkat.


24. Apa yang dimaksud fungsi lembaga keuangan dalam proses intermediasi?

Jawaban:
Dalam suatu sistem perekonomian, peran utama lembaga-lembaga keuangan memang menjalankan fungsi intermediasinya. Yakni, menyalurkan kembali dana yang telah dihimpunnya dari masyarakat dalam bentuk pinjaman atau kredit kepada sektor usaha riil dalam upaya pengembangan usahanya.


25. Apa kelebihan dan kekurangan lembaga keuangan non bank?

Jawaban:
Kelebihan lembaga keuangan bukan bank adalah lebih fokus hanya pada satu aspek saja sebagai contoh peusahaan asuransi kesehatan yang khusus menanggung kesehatan seseorang. Kekurangan lembaga keuangan bukan bank adalah tidak dapat menghimpun dana secara langsung dalam bentuk deposito, tabungan, dan giro.


26. Bagaimana lembaga keuangan non bank mendapatkan keuntungan?


Keuntungan lembaga keuangan nonbank diperoleh dari hasil investasi dalam bentuk pinjaman pada nasabah, selisih dana yang dihimpun dari nasabah dan diinvestasikan, serta biaya-biaya administrasi atas jasa keuangan yang ditawarkan.


27. Apa perbedaan antara lembaga jasa keuangan dengan lembaga pembiayaan?

Jawaban:
Lembaga keuangan memiliki kegiatan untuk menghimpun dana sekaligus melakukan pembiayaan. Lembaga pembiayaan hanya berfokus pada kegiatan penyediaan dana (pembiayaan) atau penyediaan barang modal. Lembaga pembiayaan juga tidak bisa secara langsung menghimpun dana dari masyarakat.


28. Ada berapakah kelemahan pada sistem pendanaan industri keuangan non bank di Indonesia?

Jawaban:
Terdapat beberapa kelemahan pada sistem pendanaan industri keuangan non bank, yakni sebagai berikut. Rendahnya deposito dan tanpa adanya agunan membuat suku bunga cukup tinggi. Tenornya singkat. Terdapat biaya tambahan


29. Kegiatan apa saja yang dapat dilakukan oleh lembaga jasa keuangan non bank?

Jawaban:
Berikut ini yang termasuk kegiatan usaha lembaga keuangan bukan bank adalah:
1. menghimpun dana dari masyarakat.
2. memberikan sewa guna usaha.
3. menyalurkan dana dalam bentuk pinjaman berbunga tinggi.
4. memberikan pinjaman dalam skala kecil.
5. menerbitkan surat berharga berbentuk Sertifikan Bank Indonesia.


30. Apa yang dimaksud dengan lembaga keuangan khusus?

Jawaban:
Lembaga Keuangan Khusus adalah lembaga atau perusahaan yang dibentuk atau didirikan untuk melaksanakan tugas dan fungsi yang bersifat khusus, umumnya berkaitan dengan upaya mendukung program pemerintah bagi kesejahteraan masyarakat.