Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

37 Quiz Materi Pasar Keuangan Beserta Jawaban

Soal (Essay) Materi Pasar Keuangan

26. Apa perbedaan antara aset keuangan dan liabilitas keuangan?

Jawaban:
Aset adalah sebuah sumber daya yang dimiliki dan dikuasai oleh perusahaan. Aset tersebut meliputi uang kas dan bangunan. Sedangkan liabilitas adalah kewajiban yang dimiliki oleh perusahaan yang muncul dari masa lalu.


27. Apa perbedaan aset riil dan aset keuangan?

Jawaban:
Aset investasi diklasifikasikan menjadi dua, yaitu: Aset riil, atau aset yang dapat dilihat fisik atau wujudnya. Jenis investasi dari aset riil meliputi properti, tanah, gedung, rumah, logam mulia (emas), berlian, dan perak. Aset keuangan, atau aset yang tak berwujud yang memiliki nilai karena adanya klaim kontrak


28. Mengapa pasar keuangan penting bagi dunia usaha?

Jawaban:
Pasar keuangan mempermudah individu atau perusahaan untuk memperjualbelikan surat berharga, seperti saham, dan lainnya. Selain menjadi fasilitator, pasar keuangan juga bermanfaat sebagai sumber dana, khususnya bagi perusahaan yang membutuhkan dana.


29. Kapan aset keuangan dihentikan pengakuannya?

Jawaban:
Entitas menghentikan pengakuan aset keuangan, jika dan hanya jika: hak kontraktual atas arus kas yang berasal dari aset keuangan berakhir; atau. entitas mengalihkan aset keuangan (3.2.4 dan 3.2.5), dan pengalihan tersebut memenuhi kriteria penghentian pengakuan (3.2.6).


30. Apa indikator yang perlu diperhatikan dalam menjaga sistem keuangan Indonesia tetap stabil?

Jawaban:
Secara umum ada dua indikator stabilitas sistem keuangan di Indonesia, yaitu mikroprudensial dan makroprudensial.


31. Tuliskan Ciri-ciri Pasar Keuangan !

Jawaban:
Ciri-ciri pasar keuangan: 
1. Pasar keuangan pada dasarnya bekerja dengan menyatukan pembeli dan penjual dalam beberapa aset atau kontrak dan memungkinkan mereka untuk berdagang satu sama lain.
2. Pasar keuangan dibuat dengan membeli dan menjual berbagai jenis instrumen keuangan termasuk ekuitas, obligasi, mata uang, dan derivatif. 
3. Pasar keuangan sangat bergantung pada transparansi informasi untuk memastikan bahwa pasar menetapkan harga yang efisien dan sesuai. 


32. Jelaskan tentang Pasar uang (money market)!

Jawaban:
Pasar uang adalah pasar yang mana barang dagangnya adalah berupa uang


33. Jelaskan mengenai Pasar modal (capital market)!

Jawaban:
Pasar modal merupakan jenis pasar yang memperjualbelikan modal jangka panjang


34. Apa itu Pasar valuta asing (foreign exchange market)?

Jawaban:
Pasar valuta asing adalah pasar yang melakukan kegiatan transaksi valuta asing atau mata uang asing, baik berupa transaksi spot transaction, forward transaction, maupun swap transaction.


35. Tuliskan tentang Pasar hipotek (mortgage market)!

Jawaban:
Pasar hipotek adalah pasar yang melayani pinjaman untuk lahan real estate atau perumahan, komersial, industri serta pertanian.


36. Tuliskan mengenai Pasar kredit konsumen (consumer credit market)!

Jawaban:
Pasar ini merupakan pasar yang melayani pembiayaan pinjaman untuk pembiayaan konsumen atas suatu produk baik yang berupa barang maupun jasa, seperti pembelian mobil, motor, pendidikan atau bahkan liburan.


37. Apa yang dimaksud dengan Pasar komoditas (future market)?

Jawaban:
Pasar komoditas merupakan pasar yang kegiatannya adalah memperjualbelikan barang- barang komoditas tertentu, seperti barang- barang pertanian.