Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

29 Soal (Essay) Ekologi Hutan Tropis Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Ekologi Hutan Tropis

1. Apakah yang dimaksud dengan hutan tropis?

Jawaban:
Pengertian hutan tropis dalam istilah umum sering kali disamakan dengan hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis adalah hutan alam yang berada pada iklim tropis yaitu terletak antara 230 27' LU dan 230 27' LS. Hutan tropis terdiri dari 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau.


2. Apa yang dimaksud ekosistem tropis?

Jawaban:
Ekosistem hutan hujan tropis adalah suatu sistem ekologi yang biasanya mendiami wilayah luas tertentu dengan di dalamnya terdapat pepohonan tinggi serta spesies hewan yang aneka ragam. Antara hutan biasa dengan hutan satu ini terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Yakni terletak pada jenis tumbuhan dan hewannya.


3. Apa saja yang dihasilkan hutan tropis Indonesia?

Jawaban:
Hutan tropis Indonesia menghasilkan produk berbagai jenis kayu, sehingga kayu sering disebut sebagai hasil hutan utama. Sedangkan produk hutan lainnya seperti rotan, kayu lawang, gaharu dan tanaman obat serta beberapa produk hutan lainnya disebut dengan hasil hutan bukan kayu.


4. Apakah yang menjadi ciri khas hutan hujan tropis?

Jawaban:
Ciri-ciri hutan hujan tropis, antara lain sebagai berikut. suhu relatif stabil sepanjang tahun, curah hujan tinggi, spesies tumbuhannya beragam, biomassanya sangat produktif, dan terdapat pohon-pohonnya tinggi berdaun lebat.


5. Apa yang menjadi nilai ekologis yang terkandung dalam hutan hujan tropis?

Jawaban:
Sebagai paru-paru dunia karena menghasilkan oksigen terbesar didunia.


6. Apa saja manfaat dari hutan hujan tropis?

Jawaban:
Sebagai reservoir karbon utama dunia, hutan hujan tropis menyerap karbon dioksida dari udara, menyimpannya, dan menghasilkan oksigen. Hutan hujan juga bertindak sebagai termostat dunia karena mengatur suhu dan pola cuaca.


7. Mengapa hutan hujan tropis lembab?

Jawaban:
Hutan hujan tropis biasanya memiliki curah hujan yang tinggi dan memiliki musim kering yang pendek, yaitu lebih dari 1200 mm per tahun. Itu sebabnya hutan ini selalu basah atau lembab. Bisa ditemui di negara-negara yang berada di garis edar matahari, atau garis khatulistiwa.


8. Mengapa disebut hutan hujan tropis?

Jawaban:
Hutan hujan tropis bisa juga diartikan sebagai hutan yang terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi. Maka dari itu, disebut Hutan Hujan Tropis.


9. Kenapa hutan di Indonesia disebut hutan hujan tropis?

Jawaban:
Karena Hutan Indonesia berada di wilayah sekitar khatulistiwa; yakni kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa.


10. Bagaimana karakteristik flora dan fauna di hutan hujan tropis?

Jawaban:
Biasanya flora yang ditemukan adalah yang menempel pada tumbuhan (flora epifit), jamur (cendawan), lumut, anggrek, dan rotan. Sementara itu, jenis fauna di hutan hujan tropis, seperti burung, mamalia, monyet, hingga kupu-kupu