Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

36 Soal (Essay) Ekologi Laut Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Ekologi Laut

1. Apa yang dimaksud dengan Ekologi laut?

Jawaban:
Ekologi laut merupakan suatu kumpulan integral dari berbagai komponen abiotik (fisika – kimia) dan komponen biotik (organisme hidup) yang berkaitan satu sama lain, dan saling berinteraksi membentuk suatu unit fungsional.


2. Apa yang dimaksud dengan ilmu ekologi laut tropis?

Jawaban:
Ekologi laut tropis merupakan hubungan antara makhluk hidup untuk mempertahankan kehidupannya dengan benda tak hidup (abiotik) di lingkungan laut tropis. Aspek yang dipelajari mencakup ekosisitem mangrove, ekosistem lamun, dan ekosistem terumbu karang.


3. Mengapa kita perlu mempelajari biologi laut?

Jawaban:
Ada banyak alasan untuk mempelajari biologi kelautan. Laut menyediakan sumber makanan, obat, bahan dasar, rekreasi dan pariwisata. Biologi kelautan mencakup skala yang luas, dari mikro seperti plankton dan fitoplankton sampai hewan besar seperti paus.


4. Apa saja ekosistem yang ada di pantai?

Jawaban:
1. Ekosistem Estuari
2. Ekosistem Laut Dalam
3. Ekosistem Pantai Batu
4. Ekosistem Pantai Pasir
5. Ekosistem Terumbu Karang


5. Manfaat padang lamun atau seagrass?

Jawaban:
Selain menyediakan tempat berlindung, padang lamun juga menyediakan makanan bagi larva-larva tersebut. Yang paling menonjol di antara fungsi tersebut adalah perannya sebagai penghasil bahan organik yang mampu menghidupi biota lain seperti ikan duyung dan penyu hijau, satwa langka yang dilindungi undang-undang.


6. Apa saja yang termasuk dalam pokok bahasan biologi laut?

Jawaban:
Pokok bahasan mengenai ekosistem spesifik daerah laut seperti; terumbu karang, mangrove dan daerah paya asin, pantai, pelagis dan dasar laut. MK Biologi Laut juga memberikan dua pokok bahasan khusus mengenai biogeografi biota laut dan siklus trofik pada ekosistem pantai dan laut


7. Ilmu biologi apa saja yang dibutuhkan di bidang kelautan?

Jawaban:
Studi biologi kelautan mencakup berbagai disiplin ilmu seperti astronomi, oseanografi biologi, biologi seluler, kimia, ekologi, geologi, meteorologi, biologi molekuler, oseanografi fisik dan zoologi dan ilmu baru biologi konservasi laut mengacu pada banyak disiplin ilmu yang sudah lama ada.


8. Apa saja ciri-ciri ekosistem laut?

Jawaban:
Ciri-ciri ekosistem laut yaitu memiliki kadar mineral yang tinggi dengan ion terbanyak adalah CI- sebesar 55 persen, dan ekosistem laut tidak dipengaruhi iklim atau cuaca. Ekosistem air laut terjadi karena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya di wilayah lautan.


9. Apa Peranan biologi dalam bidang perikanan?

Jawaban:
Manfaat Biologi dalam bidang perikanan adalah untuk pelestarian sumber daya laut. Dalam hal ini, Ekologi digunakan untuk menemukan tempat pembudidayaan ikan yang tepat agar diperoleh kualitas hasil tangkapan ikan yang baik


10. Jelaskan apa saja peran ekosistem laut?

Jawaban:
Ekosistem laut mempunyaai peranan yang sangat penting dalam menyerap polutan karena biota-biota yang ada di laut mampu menyerap karbon dengan jumlah yang sangat besar sehingga bisa mengurangi polusi.


11. Laut termasuk ekosistem apa?

Jawaban:
Ekosistem laut atau disebut juga ekosistem bahari merupakan ekosistem yang terdapat di perairan laut, terdiri atas ekosistem perairan dalam, ekosistem pantai pasir dangkal/litoral, dan ekosistem pasang surut.


12. Mengapa lamun mampu bertahan terhadap arus dan gelombang?

Jawaban:
Struktur rhizoma dan batangnya bervariasi di antara jenis-jenis lamun, sebagai susunan ikatan pembuluh pada stele. Rhizoma bersama-sama dengan akar, menancapkan lamun pada substrat. Rhizoma dan akar lamun dapat menancapkan diri dengan kokoh di dasar laut sehingga lamun tahan terhadap hempasan ombak dan arus.