Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal (Essay) Ekologi Tumbuhan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Ekologi Tumbuhan

1. Apa yang dimaksud dengan ekologi tumbuhan?

Jawaban:
Ekologi tumbuhan merupakan suatu penelaahan tentang berbagai aspek ekologi dari tumbuhan pada tingkat komunitas tumbuhan (vegetasi atau flora) secara keseluruhan atau hanya menelaah populasi tumbuhan (spesies) secara khusus saja; baik pada lingkungan darat (terestris) maupun lingkungan perairan (akuatik).


2. Apa saja ruang lingkup ekologi tumbuhan?

Jawaban:
Ruang lingkup penelaahan ekologi tumbuhan seperti dalam kajian ekologi pada umumnya, meliputi biota yang terdapat dalam tingkatan organisasi mulai dari individu (spesies atau jenis), populasi, komunitas, sampai dengan ekosistem yang terdapat dalam biosfer 


3. Apa manfaat mempelajari ekologi tumbuhan?

Jawaban:
Tujuan utama mempelajari ekologi tanaman adalah memperoleh hasil yang optimal dari teknik budidaya yang dilakukan dan menjaga lingkungan agar terhindar dari kerusakan sebagai warisan untuk anak cucu kita. Lingkungan akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan tanaman dan organisme lain yang hidup di muka bumi.


4. Bagaimana bentuk hubungan antara tumbuhan dan lingkungan?

Jawaban:
Hubungan antara tumbuhan dengan lingkungan sangat berkaitan erat karena lingkungan merupakan habitat sekaligus tempat tinggal bagi suatu tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang. Dan bila suatu lingkungan terganggu maka secara otomatis dapat menggangu pertumbuhan dan perkembangan suatu tumbuhan tersebut.


5. Mengapa setiap lingkungan memiliki karakteristik tumbuhan yang berbeda beda?

Jawaban: 
Karena kondisi alam dan cuacanya yang berbeda - beda.


6. Apa yang terjadi bila tumbuhan tidak beradaptasi?

Jawaban:
Jika tumbuhan tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya, maka tumbuhan tersebut akan kesulitan untuk mempertahankan diri dari predator, memperoleh makanan, berkembang biak, ataupun mempertahankan diri dari cuaca ekstrem. Hal tersebut dapat menyebabkan tumbuhan mati.