Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

34 Soal (Essay) Ekonomi Agribisnis Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Ekonomi Agribisnis

1. Apa itu ekonomi agribisnis?

Jawaban:
Yang dimaksud dengan agribisnis adalah sebuah bisnis dengan basis usaha pertanian maupun bidang lain. 


2. Apa tujuan ekonomi agribisnis?

Jawaban:
Tujuan dari agribisnis adalah untuk mendukung pertanian, mulai dari sektor hulu hingga hilir. Artinya, pandangan pokok di bidang ini mengacu pada rantai sektor pangan atau food supply chain


3. Agribisnis ada berapa?

Jawaban:
Secara garis besar, agribisnis terdiri dari empat subsistem, yaitu (1) subsistem pengadaan dan penyaluran sarana dan prasarana produksi, (2) subsistem produksi primer atau usaha tani (on-farm), (3) subsistem pengolahan atau agroindustri, dan (4) subsistem pemasaran.


4. Produk agribisnis apa saja?

Jawaban:
1. Budidaya Tanaman Hias
2. Tanaman Hidroponik
3. Budidaya Rempah-Rempah
4. Buah dan Sayur Organik
5. Budidaya Jamur Tiram
6. Bercocok Tanam Padi
7. Pupuk Tanaman
8. Usaha Alat-Alat Pertanian


5. Apa saja resiko dalam agribisnis?

Jawaban:
Ada lima macam risiko yang dihadapi oleh manajer agribisnis, meliputi risiko produksi (production risk), risiko pemasaran (marketing risk), risiko keuangan (financial risk ), risiko hukum (legal risk), dan risiko sumber daya manusia (human resources risk).


6. Apa yang dimaksud dengan ketidakpastian dalam agribisnis?

Jawaban:
Ketiadakpastian dalam usahatani diartikan sebagai suatu situasi pada suatu keadaan atau kejadian di masa mendatang yang tidak dapat diduga secara pasti oleh petani dalam kegiatan usahataninya.


7. Apa saja yang dipelajari dalam ilmu ekonomi pertanian?

Jawaban:
“Ekonomi Pertanian adalah suatu cabang ilmu ekonomi terapan yang mempelajari beberapa hal tentang bagaimana produsen, konsumen dan masyarakat menggunakan dan memanfaatkan sumber daya yang langka ini dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi produk pertanian, terutama pangan dan sandang”.


8. Apa peran ilmu ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam ekonomi produksi pertanian?

Jawaban:
Peran ilmu ekonomi mikro dan makro dalam ekonomi produksi pertanian yaitu berfungsi untuk mengetahui bisnis di industri pertanian, namun dalam ekonomi produksi pertanian maka yang paling penting adalah ekonomi mikro, karena ekonomi mikro mempelajari tentang biaya produksi dan ini sangat bermanfaat bagi ekonomi produksi 


9. Mengapa ilmu ekonomi sangat diperlukan dalam bidang pertanian?

Jawaban:
Tujuan utama dari berbagai pendekatan teori ekonomi untuk bidang pertanian adalah meningkatkan peranan pertanian dalam pembangunan perekonomian suatu negara.


10. Apa fungsi dan manfaat usaha agribisnis?

Jawaban:
Meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Meningkatkan devisa negeri. Meningkatkan jumlah agroindustri. Menunjang tingkatan keberhasilan pembangunan di bidang pertanian.


11. Mengapa agribisnis itu sangat diperlukan dalam rangka mendukung perekonomian di Indonesia jelaskan?

Jawaban:
Agribisnis dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi, penyedia lapangan pekerjaan, mengembangkan pembangunan daerah, sumber devisa yang sangat besar. Dalam agribisnis sudah tersirat perubahan struktur perekonomian dari pertanian ke industri.


12. Apa peran dan fungsi agribisnis dalam perekonomian nasional?

Jawaban:
Sektor agribisnis memiliki peran strategis dalam pembangunan perekonomian nasional. Hal ini digambarkan melalui kontribusi yang nyata dalam penyediaan bahan pangan, bahan baku industri, pakan dan bioenergi, penyerapan tenaga kerja, sumber pendapatan, dan sumber devisa negara.