Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

63 Soal (Essay) Ekonomi Industri Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Ekonomi Industri

1. Apa yang dimaksud dengan ekonomi industri?

Jawaban:
Ekonomika industri adalah sebuah cabang ilmu ekonomi yang membahas masalah-masalah ekonomi yang terkait dengan perusahaan dan industri, serta keterkaitan antara perusahaan, industri, dan masyarakat. 


2. Tuliskan elemen utama ekonomika industri!

Jawaban:
Ada dua elemen utama ekonomika industri, yaitu elemen deskriptif dan elemen analitis.


3. Apa perbedaan antara ekonomi publik dengan ekonomi industri?

Jawaban:
Ilmu ekonomi publik adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian. Ilmu ekonomi industri adalah cabang ilmu ekonomi yang fokus membahas tentang interaksi berbagai perusahaan dalam industri.


4. Apa perbedaan dari ekonomi mikro dan ekonomi industri?

Jawaban:
Ekonomika mikro merupakan ilmu yang bersifat abstrak, deduktif, dan kaku. Sementara itu, ekonomika industri bersifat fleksibel dan induktif. Di samping itu, berbeda dengan ekonomika mikro, ekonomika industri tidak menganut asumsi bahwa tujuan perusahaan hanyalah memaksimumkan keuntungan berdasarkan kendala tertentu.


5. Apakah tolak ukur kinerja pasar pada ekonomi industri?

Jawaban:
Tolak ukur kinerja pasar pada ekonomi industri adalah kinerja persaingan sempurna dimana semakin kinerja suatu pasar (stuktur) berbeda dari kinerja (pasar) persaingan sempurna dinilai semakin negatif.


6. Berapa macam industri?

Jawaban:
Macam-Macam Industri yang Ada di Dunia
1. Industri Primer
2. Industri Sekunder
3. Industri Ekstraktif
4. Industri Manufaktur
5. Industri Konstruksi
6. Industri Jasa
7. Industri Kuarter
8. Hasil Barang.


7. Apakah tujuan dari kegiatan industri?

Jawaban:
Tujuan dari kegiatan industri adalah untuk mendapatkan keuntungan bagi produsen. Barang jadi adalah barang hasil industri yang sudah siap pakai sebagai alat produksi. 


8. Mengapa persaingan yang efektif diperlukan dalam ekonomi industri?

Jawaban:
Persaingan yang efektif mencegah peluang untuk terjadinya korupsi dan berkembangnya para pemburu rente. Dengan terciptanya persaingan yang efektif akan. menumbuhkan semangat kewirausahaan, meningkatkan inovasi dan investasi, baik di lingkungan usaha kecil, menengah maupun besar.


9. Apa saja nilai penting dari sektor industri dalam perekonomian Indonesia?

Jawaban:
Sektor industri pengolahan memiliki peran utama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi setiap tahunnya, dimana memperluas lapangan usaha, memperluas kesempatan kerja dan sebagainya. Pembangunan ekonomi itu sendiri untuk merubah dalam struktur produksi, dan sumber daya.


10. Apakah struktur pasar berpengaruh terhadap perilaku industri?

Jawaban:
Struktur pasar industri terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku industri.


11. Apakah Indonesia sudah menjadi negara industri?

Jawaban:
Indonesia dalam proporsi ekonominya dapat dikategorikan sebagai sebuah negara industri. Pasalnya, sektor industri merupakan kontributor terbesar bagi perekonomian nasional dengan sumbangannya mencapai lebih dari 20 persen.


12. Bagaimana hubungan antara struktur perilaku dan kinerja suatu industri?

Jawaban:
Konsep hubungan struktur perilaku dan kinerja menjelaskan bagaimana perusahaan akan berperilaku dalam menghadapi struktur pasar tertentu dalam suatu industri. Dari perilaku tersebut, akan tercipta suatu kinerja tertentu dimana struktur dan perilaku akan mempengaruhi kinerja.


13. Mengapa skala ekonomi dapat membuat konsentrasi industri suatu perusahaan menjadi tinggi?

Jawaban:
Beberapa penyebab terjadinya konsentrasi dalam industri adalah : (1), faktor efisiensi, setiap perusahaan yang efisien akan dapat bersaing dan memperluas pasarnya; (2) skala ekonomi, semakin besar skala ekonomi suatu perusahaan dalam industri akan semakin banyak biaya yang dapat dihemat dan perusaahaan tersebut


14. Apa saja contoh kegiatan ekonomi di bidang perindustrian?

Jawaban:
Aktivitas ekonomi industri merupakan usaha mengubah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang setengah jadi. Contoh : Industri tekstil, obat-obatan, makanan kaleng.


15. Apakah jasa termasuk industri?

Jawaban:
Sektor jasa adalah sebuah sektor industri yang layanannya bukan menawarkan produk berwujud, melainkan pelayanan yang bisa membantu pelanggan, klien, bisnis, atau masyarakat luas. Bukan pada barang, fokus utama pada sektor jasa adalah kepada proses individu pekerja untuk menyelesaikan tugas saat memberikan layanan.


16. Apa upaya yang ditempuh industri kecil dalam negeri untuk memenangi persaingan usaha?

Jawaban:
upaya yg ditempuh sektor industri kecil dlm memenangi persaingàn usaha adalah dengan memproduksi barang barang yg berkualitas dan dapat bersaing dg barang 2 lainnya.


17. Mengapa sektor industri penting bagi negara?

Jawaban:
Sektor industri merupakan penggerak perekonomian suatu negara karena dapat memberikan kesempatan kerja yang luas dan nilai tambah yang besar sehingga mampu menyelesaikan suatu masalah yaitu mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran


18. Apa yang menjadi keunggulan dari sektor industri dibandingkan dengan sektor lainnya?

Jawaban:
Di dalam pelaksanaannya, sektor industri pengolahan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya yaitu nilai kapitalisasi modal yang tertanam sangat besar, kemampuan menyerap tenaga kerja, dan kemampuan untuk menciptakan nilai tambah dari setiap input atau bahan dasar yang diolah.


19. Perkembangan sektor industri didukung oleh faktor apa?

Jawaban:
Pertumbuhan industri tersebut didukung oleh tingginya tingkat konsumsi masyarakat, dan meningkatnya investasi di sektor industri secara sangat signifikan sehingga menyebabkan tetap terjaganya kinerja sektor industri manufaktur hingga saat ini.


20. Mengapa Indonesia belum bisa menjadi negara industri?

Jawaban:
Penyebab Indonesia belum pernah menjadi negara industri sepenuhnya. Ini karena ketergantungan Indonesia terhadap Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup tinggi.


21. Apa yang harus dilakukan Indonesia untuk menghadapi globalisasi dalam hubungannya dengan pembangunan dan pengembangan industri?

Jawaban: 
Yang harus dilakukan indonesia untuk menghadapi globalisasi berkenaan dengan pembangunan dan pengembangan industri adalah meningkatkan daya saing dan kualitas SDM, karena SDM yang akan menjadi penggerak utama dalam pembangunan dan pengembangan industri.