Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

40 Soal (Essay) Ekonomi Makro Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Ekonomi Makro

1. Apa saja contoh ekonomi makro?

Jawaban:
Contoh fenomena makro ekonomi yang pernah terjadi adalah inflasi, tingkat harga, pertumbuhan ekonomi, pendapatan nasional, Produk Domestik Bruto (PDB), dan fenomena pengangguran


2.Apa saja ruang lingkup ekonomi makro?

Jawaban:
Ruang lingkup ekonomi makro meliputi kemakmuran dan resesi, output barang dan jasa perekonomian, serta laju pertumbuhan output, inflasi, dan pengangguran; juga neraca pembayaran dan nilai kurs.


3. Apa apa saja yang dibahas dalam ekonomi makro?

Jawaban:
Dalam ekonomi makro terdapat tiga permasalahan pokok yang dibahas yaitu inflasi, pertumbuhan output dan pengangguran.


4. Siapa bapak ilmu ekonomi makro?

Jawaban:
Keynes menjadi “Bapak” Ilmu Ekonomi Makro sekaligus ekonom perintis studi induktif.


5. Kenapa makro ekonomi dianggap penting?

Jawaban:
Makro ekonomi dapat digunakan untuk menganalisis target-target kebijaksanaan, seperti pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, inflasi, dan keseimbangan neraca pembayaran yang berkesinambungan


6. Apa kaitan makro dengan ekonomi negara?

Jawaban:
Ekonomi Makro juga memiliki kaitan yang erat dengan persoalan keuangan negara. Hal ini karena konsep ini mampu memberikan pengaruh terhadap stabilitas harga, pencapaian keseimbangan, tenaga kerja, dan pertumbuhan ekonomi


7. Variabel makro ekonomi apa saja?

Jawaban:
Variabel ekonomi makro yang digunakan untuk analisisnya yaitu : pengeluaran konsumsi (C), investasi (I), pengeluaran pemerintah (G), ekspor (X), impor (M), tingkat bunga (i), jumlah uang beredar (Ms), dan permintaan uang (Md).


8. Apa saja dampak dari tindakan pemerintah dalam ekonomi makro?

Jawaban:
Dampak tindakan pemerintah dalam makro ekonomi yang utama adalah menstabilkan perekonomian dengan memacu perekonomian yang lesu dan mengurangi inflasi pada kondisi eknomi yang terlalu tinggi inflasinya.


9. Bagaimana sejarah perkembangan ekonomi makro?

Jawaban:
Bagaimana Sejarah Makro ekonomi? Makro ekonomi modern berasal dari tahun 1930-an. Dia muncul sebagai respons terhadap Depresi Besar (krisis Malaise). Metode mikroekonomi yang sebelumnya digunakan para ekonom tidak efektif dalam menjelaskan mengapa ekonomi terbesar dunia itu jatuh.


10. Bagaimana ekonomi makro memengaruhi bisnis?

Jawaban:
Ekonomi Makro erat hubungannya dengan masalah keuangan negara. Perubahan ekonomi pada suatu negara akan berdampak pada suatu perusahaan dan pasarnya.Ekonomi makro dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi,tenaga kerja, stabilitas suatu harga, dan pencapaian keseimbangan.


11. Apa tugas pengendalian ekonomi makro?

Jawaban:
Tugas pengendalian makro adalah juga mengusahakan agar perekonomian bisa bekerja dan tumbuh secara seimbang, terhindar dan keadaan-keadaan yang bisa mengganggu keseimbangan umum tadi.


12.Mengapa pengangguran menjadi salah satu masalah dalam ekonomi makro?

Jawaban:
Karena pengangguran akan mengakibatkan ketidak optimalnya tingkat pertumbuhan ekonomi yang mengakibatkan sebagian potensi faktor produksi yang tidak termanfaatkan.


13. Mengapa pengangguran termasuk dalam ilmu ekonomi makro?

Jawaban: 
Karena masalah pengangguran sudah bukan masalh kecil dalam perekonomian masyarakat. sekarang penganngguran sudah menjadi problematika yang selalu terjadi dalam beberapa negara didunia.dan itu membuktikan bahwa pengangguran sudah masuk dalam ekonomi makro bukan mikro.


14. Ekonomi makro di Indonesia menggunakan model yang mana?

Jawaban: 
Studi pemodelan makro ekonomi di Indonesia masih berbasis pada traditional Keynesian meskipun pada Biro Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia telah mengembangkan sejumlah model alternatife Non Keynesian yang tampaknya lebih maju dibandingkan dengan yang tersedia pada Bappenas dan Dep. Keuangan RI.