Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Soal (Essay) Ekonomi Mikro Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Ekonomi Mikro

1. Apa saja contoh dari ekonomi mikro?

Jawaban:
Contoh ekonomi mikro
1. Permintaan
2. Penawaran
3. Perilaku konsumen dan produsen
4. Harga
5. Biaya dalam
6. Pasar


2. Variabel mikro ekonomi apa saja?

Jawaban:
Ekonomi mikro difokuskan pada aspek analisis atau variabel-variabel ekonomi seperti teori produksi, teori harga, permintaan dan penawaran, elastisitas, analisis biaya dan manfaat, model-model pasar, industri, perilaku konsumen, mekanisme pasar, dan lain sebagainya.


3. Apa saja ruang lingkup mikro ekonomi?

Jawaban:
Ruang lingkup ekonomi mikro adalah konsumen dan produsen. Dalam dunia ekonomi, produsen dan konsumen ini adalah individu-individu pada rumah tangga, masyarakat, organisasi atau perusahaan.


4. Siapa tokoh teori ekonomi mikro?

Jawaban:
Beberapa ahli di bidang ilmu ekonomi pernah menjelaskan tentang pengertian ekonomi mikro, diantaranya:
1. Adam Smith
2. David Ricardo
3. Marshal dan Piqou
4. N. G. Mankiw
5. Sadono Sukirno.


5. Apa saja kebijakan ekonomi mikro?

Jawaban:
Ekonomi mikro juga membahas mengenai perilaku konsumen dan produsen, serta penentuan harga pasar dan kuantitas produk yang dijual di dalam pasar. Kegiatan ekonomi mikro umumnya mengacu ke ruang lingkup yang lebih kecil, misalnya, rumah tangga, perusahaan, dan pasar.


6. Apa itu teori mikro?

Jawaban:
Teori ekonomi mikro yang juga disebut price theory, mempelajari tentang pengambilan keputusan oleh unit-unit/ pelaku-pelaku ekonomi terkecil (konsumen, produsen, pemilik sumber), di dalam suatu perekonomian yang bebas.


7. Aspek apa sajakah yang dianalisis teori mikro?

Jawaban: 
Ekonomi mikro difokuskan pada aspek analisis atau variabel-variabel ekonomi seperti teori produksi, teori harga, permintaan dan penawaran, elastisitas, analisis biaya dan manfaat, model-model pasar, industri, perilaku konsumen, mekanisme pasar, dan lain sebagainya.


8. Apa dampak positif ekonomi mikro bagi masyarakat?

Jawaban:
Dampak positif ekonomi makro dan mikro bagi masyarakat dan pemerintah yaitu bagi masyarakat ekonomi makro dan mikro berguna sebagai sumber informasi dan bahan untuk mengambil keputusan bisnis, sedangkan bagi pemerintah, ekonomi makro dan mikro berguna untuk melihat keberhasilan pemerintah dan perkembangan ekonomi


9. Bagaimana peranan ilmu ekonomi mikro dalam kehidupan sehari hari?

Jawaban:
Ekonomi Mikro digunakan untuk membantu membuat analisis pada mekanisme pasar yang akan membentuk harga relatif terbadap produk barang atau jasa. Misalnya, menganalisis kegagalan pasar di saat memproduksi hasil yang efisien, juga menjelaskan kondisi teoretis yang diperlukan pasar persaingan sempurna


10. Bagaimana sejarah ekonomi mikro?

Jawaban:
Teori ekonomi mikro mula-mula dikembangkan oleh ahli-ahli ekonomi klasik pada abad ke-18 dan 19, seperti Adam Smith, David Ricardo, yang selanjutnya dikembangkan oleh Marshall dan Pigou.


11. Mengapa dalam menjelaskan teori ekonomi mikro diperlukan adanya asumsi?

Jawaban:
Kegunaan asumsi mikro ekonomi adalah bisa menganalisis tentang kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien dan menjabarkan berbagai berbagai teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar dengan persaingan sempurna.


12. Apa yang menjadi masalah dalam ilmu ekonomi mikro?

Jawaban:
Masalah ekonomi mikro mengacu pada tiga masalah pokok, yaitu barang apa yang diproduksi dan berapa jumlahnya, bagaimana cara memproduksinya, dan untuk siapa barang tersebut diproduksi.


13. Mengapa ilmu ekonomi mikro sering disebut teori harga?

Jawaban:
Hal ini disebabkan karena setiap barang ekonomis baik itu berupa output maupun input pasti akan memiliki harga. Seandainya barang itu tidak memiliki harga(price) maka teori ekonomi pasti tidak akan ada.


14. Apakah teori ekonomi mikro merupakan pemecahan dari variabel variabel ekonomi mikro?

Jawaban:
Teori ekonomi mikro merupakan pemecahan (disaggregation) dari variabel-variabel ekonomi makro seperti konsumsi, investasi dan tabungan. Ekonomi mikro menjelaskan susunan (komposisi) dan pembagian (alokasi) dari produksi total, sedangkan ekonomi mikro itu sendiri menjelaskan tingkat produksi secara menyeluruh.


15. Coba jelaskan masalah apa saja yg harus dicarikan solusinya dalam ekonomi mikro?

Jawaban:
8 Permasalahan Ekonomi Mikro di Indonesia,
1. Harga Dasar Tinggi
2. Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM)
3. Monopoli
4. Masalah Distribusi
5. Masalah Birokrasi
6. Masalah Pembangunan Infrastruktur
7. Pembangunan Listrik Tidak Merata
8. Pembebasan Lahan


16. Bagaimana ekonomi mikro dapat mempermudah perusahaan?

Jawaban:
Ekonomi mikro dapat membantu perusahaan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi di pasar, contoh trend produk, dengan ekonomi mikro juga akan membantu memahami Perilaku Konsumen dan kebutuhan konsumen.