Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal (Essay) Ekonomi Sumber Daya Alam Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Ekonomi Sumber Daya Alam

1. Apa saja peranan sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi?

Jawaban:
Sumber daya alam berperan penting dalam kehidupan manusia dan pembangunan ekonomi melalui perannya sebagai modal alam (natural capital). Interaksi modal alam ekonomi dapat bersifat searah maupun timbal balik melalui investasi dan penyediaan kebutuhan tenaga kerja dan modal alam yang dihasilkan dari proses pembangunan.

2. Mengapa sumber daya alam begitu penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara?

Jawaban:
SDA atau kekayaan alam memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara karena pembangunan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya SDA. Dalam hal ini, kita mengenal ada dua jenis SDA, yaitu hayati dan non hayati. SDA berperan sebagai bahan dasar dan pemasok bahan untuk setiap produksi yang perlu dilakukan.


3. Mengapa sumber daya alam dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat?

Jawaban: 
Karena kondisi alam mencerminkan kekayaan alam (SDA) yang dimiliki. SDA adalah salah satu faktor produksi yang sangat berpengaruh dalam aktivitas perekonomian.


4. Apa hubungan antara sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat?

Jawaban: 
Hubungan antara sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi ialah sebagai wadah sumber kehidupan masyarakat. sumber daya alam ialah potensi alam yg terdapat pada suatu daerah yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar


5. Apa itu sumber daya alam sebutkan macam2 dan contohnya?

Jawaban:
Sumber daya alam adalah bahan alami yang berguna bagi manusia atau dapat berguna dalam keadaan teknologi, ekonomi atau sosial. Sumber daya alam bumi meliputi cahaya, udara, air, tumbuhan, hewan, tanah, batu, mineral , dan bahan bakar fosil.


6. Bagaimana peranan ilmu ekonomi dalam tingkat penggunaan sumber daya alam dan lingkungan?

Jawaban:
Peranan ilmu ekonomi dalam kaitannya dengan sumber daya alam dan lingkungan yaitu mengenai pengambilan keputusan dalam penggunaan sumber daya alam yang langka. 2. Penggunaan sumber daya alam untuk masa mendatang merupakan imbangan antarpenduduk dan sumber daya alam.