Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

31 Soal (Essay) Konsep Dasar Ekonomi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Konsep Dasar Ekonomi 

1. Konsep ekonomi dibedakan antara apa?

Jawaban:
Ilmu ekonomi dibedakan menjadi tiga kelompok dasar, yaitu: ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ekonomi terapan.


2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep dasar?

Jawaban:
Konsep dasar adalah sebuah pemikiran awal yang mana akan dijadikan pedoman dan dikembangkan dalam pembentukan pengetahuan ilmiah yang ada. Konsep dasar diperlukan dikarenakan digunakan sebagai pemikiran awal agar dikembangkan menjadi suatu invoasi di berbagai bidang ilmiah atau di kehidupan secara umum


3. Mengapa kita perlu memahami konsep dasar ilmu ekonomi?


Jawaban:
Dengan Ilmu ekonomi kita dapat memahami kegiatan kegiatan ekonomi. Dengan Ilmu Ekonomi kita dapat memahami masalah-masalah internasional seperti ekspor impor. Membantu menjadi pelaku ekonomi atau pemilih yang kompeten dalam berbagai aspek yang berkaitan dengan kajian ekonomi


4. Apa saja 4 macam motif ekonomi?

Jawaban:
Macam-macam motif ekonomi yaitu: 
1. Motif Memenuhi Kebutuhan Motif
2. Mendapatkan Keuntungan 
3. Motif Menolong Sesama (Sosial) 
4. Motif Kekuasaan.


5. Apakah konsep ekonomi mikro?

Jawaban:
Ekonomi mikro adalah suatu ilmu ekonomi yang menganalisis, melihat proses kegiatan-kegiatan ekonomi. Bahasan lain dari ekonomi mikro adalah mempelajari perilaku produsen dan konsumen beserta penentuan harga pasar, jasa, produk, dan kuantitas faktor input yang diperjualbelikan dalam pasar.


6. Apa yang membedakan ekonomi makro dan mikro?

Jawaban:
Pada ekonomi mikro melibatkan teori seperti produksi, harga dan distribusi. Sedangkan ekonomi makro meninjau output, income, kemungkinan inflasi dan deflasi serta lainnya. Perbedaan kedua jenis ekonomi ini menitikberatkan pada analisis dan tujuan untuk menghasilkan keuntungan


7. Apa contoh motif ekonomi?

Jawaban:
Bisa dikatakan, motif ekonomi adalah segala sesuatu yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan atau kegiatan ekonomi. Salah satu contoh motif ekonomi adalah ketika Anda ingin membeli suatu barang yang Anda idamkan, Anda akan bekerja untuk bisa mendapatkan barang tersebut.

8. Apa itu Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics)?

Jawaban:
Kelompok ekonomi deskriptif bekerja dengan mengumpulkan informasi-informasi atau keterangan faktual mengenai masalah ekonomi serta menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat.


9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Teori Ekonomi (Economic Theory)?

Jawaban:
Teori ekonomi (economic theory) merupakan ilmu yang mempelajari secara teoritis dan konsep dasar perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan alokasi atas sumber daya yang langka dalam upaya memenuhi dan meningkatkan kualitas hidupnya.


10. Uraikan yang dimaksud dengan Ekonomi Terapan (Applied Economics)!

Jawaban:
Ekonomi terapan (applied economics) artinya ilmu ekonomi yang mengkaji ekonomi teori untuk diterapkan dalam kehidupan nyata di mana bersifat praktis dan dapat diterapkan di berbagai bidang.


11. Jelaskan tentang Ilmu ekonomi moneter!

Jawaban:
Ilmu ekonomi moneter adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang uang, perbankan, dan Lembaga keuangan lainnya seperti inflasi, tingkat suku bunga, jumlah uang yang beredar, dan lain sebagainya.