Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Soal (Essay) Konsep Ilmu Ekonomi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Konsep Ilmu Ekonomi

1. Apa yang dimaksud dengan permintaan dan penawaran? 

Jawaban:
Sederhananya, permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.


2. Apa manfaat ilmu ekonomi bagi manusia?

Jawaban:
Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial/masyarakat. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa sosial dan bersifat teliti serta ekonomis. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak.


3. Apa contoh dari permintaan dan penawaran?

Jawaban:
Permintaan:suatu toko beras menjual banyak beras, saat harga sedang turun permintaan banyak, sedangkan saat harganya naik maka permintaan berkurang. Penawaran:suatu toko tas menjual berbagai tas, jika tas yang ditawarkan maka tingkat barang tinggi dan jumlah penawaran banyak, dan juga sebaliknya.


4. Bagaimana hubungan antara permintaan dan penawaran?

Jawaban:
Permintaan dan penawaran bersifat saling berkebalikan. Keduanya akan mencapai titik keseimbangan pasar ketika saling bertemu, itulah yang kemudian disebut sebagai hukum permintaan dan penawaran. Hukum permintaan dan penawaran ini menjelaskan hubungan antara harga dan jumlah yang ditawarkan


5. Apa yang menjadi permasalahan utama yang menyebabkan munculnya ilmu ekonomi?

Jawaban:
Masalah pokok ekonomi muncul karena kesepakatan yang dicapai antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan sumber daya yang terbatas. Kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya beragam. Di sisi lain, ketersediaan sumber daya yang tersedia belum tentu memenuhi persyaratan ini.


6. Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan dan penawaran?

Jawaban:
Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran
1. Harga barang itu sendiri
2. Harga barang lain yang terkait
3. Tingkat pendapatan dan daya beli konsumen
4. Selera masyarakat
5. Jumlah penduduk.


7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kelangkaan?

Jawaban:
Kelangkaan (Scarcity) adalah kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang terbatas dengan jumlah kebutuhan hidup yang tidak terbatas. Kelangkaan timbul karena kebutuhan manusia terus bertambah. Akibatnya, sumber daya yang ada tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.


8. Apa hubungan ilmu ekonomi dengan kehidupan?

Jawaban:
ilmu ekonomi berhubungan dengan kehidupan manusia karena ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memanfaatkan ataupun memilih kebutuhan yang terbatas, tanpa adanya ilmu ekonomi manusia akan kesulitan untuk menentukan kebutuhan yang terbatas dengan menggunakan skala prioritas.