Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Soal (Essay) Masalah Dalam Sistem Ekonomi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Masalah Ekonomi Dalam Sistem Ekonomi

1. Jelaskan masalah apa saja yang muncul pada sistem ekonomi?

Jawaban:
Menurut Samuelson, ada tiga masalah utama ekonomi, yaitu apa yang diproduksi dan berapa banyak, bagaimana memproduksinya, dan untuk siapa barang diproduksi.


2. Apa yang dimaksud dengan masalah ekonomi dan sistem ekonomi?

Jawaban:
Masalah pokok ekonomi adalah masalah yang muncul ketika sumber daya yang digunakan terbatas untuk memenuhi permintaan. Masalah ekonomi ini akan selalu muncul dalam kehidupan sehari-hari. Intinya adalah kebutuhan dan kebutuhan manusia begitu banyak dan tidak terbatas.


3. Masalah ekonomi ada berapa?

Jawaban:
Ada masalah ekonomi klasik dan masalah ekonomi modern


4. Apa kaitan permasalahan ekonomi dengan sistem ekonomi?

Jawaban:
Hubungan masalah ekonomi dengan sistem ekonomi ialah sistem ekonomi ada jika masalah ekonomi ada. Jika tidak ada masalah ekonomi buat apa ada sistem ekonomi karena sistem ekonomi digunakan sebagai solusi dari berbagai masalah ekonomi yang muncul.


5. Apakah permasalahan utama ekonomi di Indonesia?

Jawaban:
Masalah yang dihadapi pemerintah dalam bidang ekonomi, yaitu pengangguran, kemiskinan, harga, pendapatan, inflasi, utang, ekonomi politik, dan masalah ekonomi lainnya.


7. Bagaimana cara mengatasi masalah ekonomi melalui sistem ekonomi?

Jawaban:
Sistem ekonomi pasar atau liberal, cara mereka mengatasi permasalahan ekonomi yaitu menyerahkannya kepada kekuatan tawar menawar atau mekanisme pasar. Sistem ekonomi campuran, mereka mengatasi permasalahan ekonomi secara bersama-sama akan tetapi aset-aset vital dikuasai oleh negara demi kemakmuran bersama.


8. Apa saja contoh masalah ekonomi klasik?

Jawaban:
Menurut Aldila Septiana dalam buku Pengantar Bisnis dan Manajemen (2016), ada tiga masalah pokok ekonomi klasik, yaitu: Masalah produksi. Masalah distribusi. Masalah konsumsi.