Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

37 Soal (Essay) Pasar Keuangan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Pasar Keuangan

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar keuangan?

Jawaban:
Pasar keuangan dan pasar uang adalah dua istilah yang berbeda. Pasar keuangan (financial market) adalah pasar dimana berbagai jenis instrumen keuangan diperdagangkan, termasuk saham, obligasi, instrumen pasar uang, komoditas, mata uang, dan lain-lain.


2. Apa yang menjadi fungsi pasar keuangan?

Jawaban:
Manfaat pasar keuangan adalah untuk mempertemukan para peminjam dana dengan pihak yang meminjam atau membutuhkan dana. Apabila perusahaan mengalami kelebihan dana yang tidak digunakan dalam jangka pendek, maka mereka meminjamkan dana tersebut melalui pinjaman jangka pendek yang disebut pasar uang


3. Pasar keuangan ada berapa?

Jawaban:
Adapun jenis- jenis pasar keuangan antara lain adalah pasar uang, pasra modal, pasar valuta asing, pasar hipotek, pasar kredit konsumen, dan pasar komoditas.


4. Faktor faktor apa saja yang mendorong terciptanya integrasi pasar keuangan?

Jawaban:
Faktor-faktor yang mendorong terciptanya integrasi pasar keuangan adalah: Deregulasi atau liberalisasi pasar dan aktifitas peserta pasar pada pusat keuangan dunia, Kemajuan teknologi yang memungkinkan pengawasan pasar dunia, pelaksanaan pesanan dan analisis peluang keuangan,


5. Siapa saja yang paling berkepentingan terhadap pasar keuangan?

Jawaban:
Pelaku dalam pasar uang terdiri dari bank sentral (Bank Indonesia), lembaga-lembaga pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta, bank-bank komersial, yayasan, lembaga dana pensiun, perusahaan asuransi, perantara pedagang efek (broker dan dealer), serta lembaga keuangan lainnya maupun individu masyarakat.


6. Mengapa pasar uang digunakan dalam perekonomian suatu negara?

Jawaban:
Dengan adanya pasar uang, masyarakat bisa menempatkan kelebihan dana yang dimiliki melalui penjualan surat-surat berharga berjangka pendek. Surat berharga jangka pendek ini diterbitkan oleh pemerintah guna memperoleh tambahan modal untuk mendukung pembangunan negara.


7. Mengapa pasar keuangan begitu penting dalam perekonomian yang sehat?

Jawaban:
Pasar keuangan penting bagi kesehatan perekonomian karena memungkinkan perusahaan atau perorangan mengumpulkan dana dari obligasi atau saham, sehingga dapat melakukan mengembangkan usaha yang menggerakkan pertumbuhan perekonomian.


8. Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari pasar uang?

Jawaban:
1. Komisi biaya yang diterapkan.
2. Suku bunga yang diterarapkan.
3. Penjuaan dan pembelian surat berharga atau aset lainnya.
4. Pinjaman


9. Apakah berinvestasi di pasar uang lebih tinggi resikonya dibandingkan di pasar modal?

Jawaban:
Perbedaan pasar uang dan pasar modal pun dapat dilihat dari tingkat risikonya. Risiko berinvestasi di pasar uang cenderung rendah, sedangkan risiko berinvestasi di pasar modal termasuk tinggi.


10. Apa kelebihan dan kekurangan dari pasar uang?

Jawaban:
Kelebihan dan Kelemahan Pasar Uang
1. Kelebihan Pasar Uang. Yaitu sebagai berikut: Sarana untuk mencari pinjaman dana jangka pendek bagi perusahaan yang mengalami kesulitan likuiditas
2. Kelemahan atau Resiko Pasar Uang. Resiko yang mungkin dihadapi dalam kegiatan investasi di pasar uang antara lain: Resiko pasar (Market Risk)


11. Apa yang membedakan antara pasar modal dengan pasar uang?

Jawaban:
Keduanya memiliki perbedaan dari sisi otoritas atau pengawas tertingginya. Pasar uang diatur oleh bank sentral. Di Indonesia yang memiliki otoritas atas pasar uang adalah Bank Indonesia. Untuk pasar modal, Kementerian Keuangan Republik Indonesia merupakan otoritas tertinggi yang mengawasi kegiatan di bursa efek


12. Instrumen apa yang banyak digunakan dalam pasar uang di Indonesia saat ini?

Jawaban:
Jenis Instrumen Pasar Uang
1. Sertifikat Bank Indonesia (SBI) 
2. Surat Berharga Pasar Uang (SPBU)
3. Surat berharga Komersial
4. Deposito
5. Banker's Acceptance
6. Surat Perbendaharaan Negara (SPN)


13. Apakah investasi pada pasar uang itu bisa mengalami kerugian?

Jawaban:
Reksadana berbasis pasar uang juga memiliki kemungkinan mengalami kerugian, namun kemungkinan tersebut relatif lebih kecil. Nilai Reksadana berbasis pasar uang cenderung terus naik dan mengalami kemajuan yang cukup pesat.