Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Soal (Essay) Perbankan Syariah Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Perbankan Syariah

1. Apa saja jenis jenis yang terdapat di bank syariah?

Jawaban:
Pertama adalah bank umum syariah dan yang kedua adalah bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS). Kedua jenis usaha bank syariah tersebut memiliki fungsi dasar yang sama dalam menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat. Namun ada perbedaan dalam sistem operasi yang ditawarkan kepada nasabah.


2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bank syariah?

Jawaban:
Pengertian bank syariah adalah bank yang aktivitas atau kegiatan keuangannya mengikuti ketentuan-ketentuan syariah islam, khususnya yang menyangkut tat acara bermuamalah secara islam


3. Apa tujuan dari perbankan syariah?

Jawaban:
Tujuan bank syariah adalah menunjang pelaksanaan pembangunan nasional untuk meningkatkan keadilan, kebersamaan, dan pemerataan kesejahteraan rakyat.


4. Apa prinsip utama bank syariah?

Jawaban:
Secara filosofi, bank syariah merupakan implementasi dari nilai-nilai syariat Islam. Prinsip tersebut antara lain adalah tidak diperbolehkannya sistem bunga (riba) dalam transaksi ekonomi termasuk perbankan, dan kehalalan produk yang ditawarkan bank.


5. Apa ciri ciri bank syariah?

Jawaban:
Ciri-ciri bank syariah adalah: Adanya kesepakatan dan persamaan pemikiran ketika melakukan akad perjanjian sehingga tidak ada yang dapat dirugikan atau adanya penyesalan dari kedua belah pihak dan tidak kaku dalam melakukan tawar menawar jumlah nominal selama itu dalam batas yang wajar.


6. Apa saja keunggulan dari bank syariah?

Jawaban:
Keunggulan Bank Syariah
1. Berpedoman kepada prinsip Syariah.
2. Penyaluran dana usaha yang halal dan menguntungkan.
3. Menggunakan prinsip akad.
4. Keuntungan dihitung berdasarkan sistem bagi hasil.
5. Jumlah angsuran tetap hingga akhir pembiayaan.
6. Terjalin hubungan yang baik sebagai mitra usaha.


7. Dari mana bank syariah dapat untung?

Jawaban:
Bank syariah mendapatkan keuntungan dengan skema perhitungan membagi keuntungan dari investasi yang sudah dijalankan, yakni dari pendapatan bersih atau total pendapatan usaha dikurangi biaya operasional


8. Apakah bank syariah menggunakan sistem bunga?

Jawaban:
Bank syariah tidak menerapkan sistem bunga dalam transaksinya. Menurut syariat Islam, bunga masuk dalam kategori riba.


9. Mengapa bank syariah di Indonesia kurang diminati?

Jawaban:
Salah satu alasan kenapa bank ini kalah dari bank konvensional adalah karena sistem pada bank ini kurang dikenal oleh masyarakat luas. Pada sistem bank ini ada sistem bagi hasil


10. Apakah bank syariah riba atau tidak?

Jawaban:
Dalam sistem bank syariah, lembaga keuangan menyalurkan pihak ketiga milik nasabah untuk dikelola berdasarkan akad-akad yang diperbolehkan dalam syariah Islam. Hal ini berbeda dengan lembaga keuangan konvensional yang menambahkan bunga sehingga tergolong riba


11. Apa kelebihan bank syariah jika dibandingkan dengan bank konvensional?

Jawaban:
Salah satu keuntungan menabung di bank syariah adalah adanya produk-produk menarik yang tidak tersedia di bank konvensional, misalnya tabungan haji dan umrah, tabungan kurban, wakaf, hingga deposito syariah. Hal tersebut tentunya menjadi keuntungan yang perlu dijadikan pertimbangan.


12. Apa yang melatar belakangi munculnya bank syariah?

Jawaban:
Didirikannya bank syariah selain dilatarbelakangi oleh keinginan umat Islam untuk segera menghindari riba di dalam semua kegiatan muamalahnya, tetapi juga untuk memperoleh kesejahteraan lahir batin melalui kegiatan muamalah yang sesuai dengan perintah Islam, sebagai alternatif lain dalam menikmati jasa-jasa perbankan


13. Bagaimana cara menabung di bank syariah?

Jawaban:
Merupakan akad antara pihak bank dan nasabah yang menitipkan uangnya dengan tujuan untuk menjaga keselamatan, keamanan, serta keutuhan barang atau uang. Sehingga tidak diperbolehkan adanya bunga. Adalah akad kerjasama di mana pihak bank memperhatikan syariat islam dalam pengelolaan dana nasabah.


14. Apakah bank syariah di Indonesia sudah 100% syariah?

Jawaban:
Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) menegaskan saat ini bank syariah belum menerapkan praktek syariah secara 100 persen. Hal itu disebabkan bank syariah masih menerapkan praktek riba dalam perilaku keuangannya. "Bank syariah belum menerapkan praktek syariah secara 100 persen.


15. Berapa tahapan sejarah Perbankan Syariah?

Jawaban:
Dalam perkembangan perbankan syariah di dunia, terdapat tiga tahapan yaitu tahap pertama antara tahun 1970 – 1975, tahap kedua pada 1976 – 1980 dan tahap terakhir dari tahun 1983 – sekarang.


16. Dari mana saja sumber dana bank syariah?

Jawaban:
Sumber utama dana bank syariah adalah modal inti (core capital) dan kuasi ekuitas. Modal inti adalah modal yang berasal dari para pemilik bank, yang terdiri dari modal yang disetor oleh para pemegang saham, cadangan dan laba ditahan.


17. Produk apa saja yang ada di bank syariah?

Jawaban:
Berikut adalah produk serta jasa perbankan syariah yang dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat umum diantaranya adalah :
1. Tabungan Syariah
2. Deposito Syariah
3. Gadai Syariah (Rahn)
4. Giro Syariah
5. Pembiayaan Syariah (Ijarah)