Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

22 Soal (Essay) Perekonomian Terbuka Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Perekonomian Terbuka

1. Apa saja komponen perekonomian terbuka?

Jawaban:
Perekonomian terbuka atau perekonomian empat sektor adalah suatu sistem ekonomi yang melakukan kegiatan ekspor dan impor dengan negara lain di dunia ini. Dalam perekonomian terbuka sektor-sektor ekonominya dibedakan kepada empat golongan, yaitu: rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan luar negeri.


2. Kenapa 4 Sektor disebut perekonomian terbuka?

Jawaban:
Kegiatan ekonomi empat sektor sering disebut perekonomian terbuka. Karena kegiatan ini tidak hanya melibatkan pelaku-pelaku ekonomi di dalam negeri, tetapi juga masyarakat ekonomi di luar negeri.


3. Apa penyebab terjadinya sistem perekonomian terbuka?

Jawaban:
Alasan yang memicu terjadinya perekonomian terbuka: Perbedaan Kondisi Produk. Alasan perbedaan kondisi suatu produk ini yang lebih cenderung mengarah pada kualitas produk juga menjadi alasan terjadinya perdagangan internasional.


4. Masalah apa yang dihadapi oleh perekonomian terbuka?

Jawaban:
Masalah pokok dalam perekonomian terbuka adalah masalah pengangguran, surplus di neraca pembayaran, inflasi dan defisit di neraca pembayaran.


5. Apa saja keuntungan dalam sistem perekonomian terbuka?

Jawaban:
Memperluas pasar produk barang dan jasa perusahaan dalam negeri. Mengurangi tingkat pengangguran masyarakat suatu negara karena semakin terbukanya lowongan pekerjaan bagi masyarakat atas perluasan usaha dalam negeri, maupun kesempatan memperoleh pekerjaan dari luar negeri.


6. Sebutkan apa saja syarat keseimbangan dalam perekonomian terbuka?

Jawaban:
Keseimbangan pendapatan nasional akan dicapai pada keadaan dimana penawaran agregat sama dengan pengeluaran agregat dan suntikan sama dengan bocoran.


7. Apakah Indonesia memiliki ekonomi terbuka atau tidak?

Jawaban:
Sejak tahun 1970 Indonesia sudah menganut sistem perekonomian terbuka.


8. Bagaimana bentuk bentuk interaksi yang terjadi antara dua negara pada perekonomian terbuka?

Jawaban: 
Bentuk interaksi ekonomi antara dua negara pada ekonomi terbuka yaitu adanya kegiatan ekspor dan impor. Rasio Ekspor dan impor tersebut sangat berpengaruh pada GDP negara yang bersangkutan. Perekonomian terbuka membawa masuk “pasar luar negeri” ke dalam proses keseimbangan umum.