Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

95 Soal (Essay) Perilaku Organisasi dan Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Perilaku Organisasi

1. Apa yang dimaksud dengan perilaku dalam organisasi?

Jawaban:
Perilaku Organisasi adalah penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang, individu, dan kelompok bertindak dan bereaksi dalam suatu organisasi, untuk mencapai dan mencapai kualitas kinerja tertinggi, dan hasil yang dominan.


2. Mengapa kita perlu memahami perilaku organisasi?

Jawaban:
Perilaku organisasi akan membantu setiap individu dalam memahami perilaku mereka sendiri dan juga orang lain yang berada di dalam organisasi, sehingga bisa meningkatkan hubungan interpersonal antar setiap individu yang berada di dalam organisasi tersebut.


3. Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku kelompok dalam organisasi?

Jawaban:
Perilaku organisasi mengajarkan tiga factor penentu perilaku dalam organisasi meliputi : Individu, Kelompok dan Struktur (Kreitner dan Kinicki. 2005). Robbins (1993) menjelaskan bahwa perilaku organisasi adalah studi yang mengambil pandangan mikro – memberi tekanan pada individu-individu dan kelompok-kelompok kecil.


4. Bagaimana mengembangkan perilaku organisasi?

Jawaban:
Adapun langkah-langkah pengembangan organisasi adalah sebagai berikut:
1. Mengenali permasalahan yang dihadapi organisasi.
2. Mengumpulkan data untuk menentukan iklim organisasi dan masalah perilaku anggota-anggotanya.
3. Melakukan umpan balik dari data tersebut dan konfrontasi.
4. Merencanakan strategi untuk melakukan perubahan.


5. Bagaimana cara membangun perilaku organisasi yang baik?

Jawaban:
1. Tetapkan Visi dan Misi Secara Bersama
2. Kembangkan Standard Perilaku Sebagai Nilai-Nilai
3. Komunikasikan Secara Efektif
4. Implementasikan Melalui Pelatihan & Pengembangan
5. Dukunglah Dengan Apresiasi dan Konsekuensi
6. Evaluasi ke Dalam Penilaian Kinerja Secara Berkala


6. Bagaimana yang anda ketahui terkait perilaku individu dalam organisasi?

Jawaban:
Perilaku individu dalam organisasi adalah bentuk interaksi antara karakteristik individu dengan karakteristik organisasi. Setiap individu dalam organisasi, semuanya akan berperilaku berbeda satu sama lain, dan perilakunya adalah ditentukan oleh masing-masing lingkungannya yang memang berbeda.


7. Bagaimana menerapkan perilaku organisasi pada perusahaan atau organisasi?

Jawaban:
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia Anda. Meningkatkan kualitas dan juga produktivitas di dalam perusahaan. Mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Memberdayakan dan memanfaatkan kemampuan dari sumber daya yang Anda punya.


8. Apakah perilaku individu dapat mempengaruhi kinerja kelompok atau organisasi?

Jawaban:
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan budaya organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.


9. Bagaimana budaya organisasi dapat mempengaruhi perilaku organisasi?

Jawaban:
Budaya organisasi sangat berpengaruh terhadap perilaku para anggota organisasi karena sistem nilai dalam budaya organisasi dapat dijadikan acuan perilaku manusia dalam organisasi yang berorientasi pada pencapaian tujuan atau hasil kinerja yang ditetapkan


10. Mengapa persepsi itu penting dan berpengaruh dalam perilaku organisasi?

Jawaban:
Persepsi itu penting dalam studi perilaku organisasi karena perilaku orang yang didasarkan pada persepsi mereka mengenai apa itu realitas dan bukan mengenai realitas itu sendiri. Individu itu memprekdisikan suatu benda yang sama berbeda- berbeda, hal ini dipengaruh oleh bebrapa faktor.


11. Apakah aspek penting dalam mempelajari perilaku organisasi?

Jawaban:
4 hal penting dalam perilaku organisasi adalah:
Budaya, gaya manajemen, organisasi informal dan persepsi dan komunikasi.


12. Mengapa motivasi sangat diperlukan dalam meningkatkan efektivitas kerja dalam organisasi?

Jawaban:
Karena dengan motivasi yang tinggi dapat meningkatkan efektifitas kerja. Guna meningkatkan efektifitas kerja para pegawai untuk tecapainya prestasi yang optimal pada organisasi adalah dengan memberikan motivasi kerja kepada pegawai sebaik mungkin.


13. Mengapa kita sebagai manusia perlu mempelajari perilaku organisasi?

Jawaban:
Tujuan pertama mempelajari perilaku organisasi adalah untuk dapat memahami dan menjelaskan kejadian-kejadian yang terjadi dalam organisasi. Dengan demikian kita dapat mengembangkan cara berpikir tentang kejadian- kejadian di dalam lingkungan organisasi.


14. Apa saja faktor yang mempengaruhi perilaku kelompok dalam organisasi?

Jawaban:
Tiga faktor penentu perilaku dalam organisasi: 1.Faktor kelompok meliputi komunikasi, kekuasaan dan politik, dinamika kelompok, konflik dan negosiasi, serta kepemimpinan.


15. Bagaimana hubungan persepsi terhadap pengambilan keputusan dalam organisasi?

Jawaban:
Seseorang dengan kemampuan persepsi diri yang tinggi atau bagus, akan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan baik. Dan apabila seseorang memiliki kemampuan persepsi diri yang rendah, maka semakin kurang baik pula keputusan yang akan diambilnya.


16. Coba Anda jelaskan apa yang dimaksud dengan keterampilan intelektual dan bagaimana hubungannya dengan organisasi?

Jawaban:
Hubungan kemampuan intelektual dengan perilaku organisasi adalah kemampuan intelektual dibutuhkan dalam berorganisasi, karena cara berpikir serta nalar mampu membawa kita mencapai tujuan organisasi.


17. Tuliskan pengertian menurut Timothy A. Judge!

Jawaban:
Timothy menjelaskan bahwa perilaku organisasi adalah suatu bidang studi yang menyelidiki dampak yang dipunyai oleh suatu individu, kelompok, dan juga struktur pada perilaku yang ada di dalam suatu organisasi. Tujuan dari perilaku organisasi adalah untuk menerapkan ilmu pengetahuan agar bisa meningkatkan keefektifan suatu organisasi.


18. Tuliskan pengertian menurut Thoha!

Jawaban:
Thoha menerangkan bahwa perilaku organisasi adalah suatu studi yang berhubungan dengan berbagai aspek tingkah laku manusia di dalam organisasi ataupun kelompok tertentu.


19. Tuliskan pengertian menurut Khaerul Umam!

Jawaban:
Menurut khaerul umam, perilaku organisasi adalah suatu bidang studi yang mempelajari dampak dari perorangan, kelompok, dan struktur pada perilaku organisasi agar bisa menerapkan pengetahuan terkait tentang berbagai hal tersebut demi perbaikan efektivitas suatu organisasi.


20. Tuliskan pengertian menurut Syamsir Torang!

Jawaban:
Syamsir Torang berpendapat bahwa perilaku organisasi adalah tentang apa yang dilakukan oleh mereka yang ada di dalam organisasi dan bagaimana perilaku mereka mampu memberikan dampak pada performa organisasi tersebut.


21. Apa manfaat dari perilaku organisasi

Jawaban:
Beberapa manfaat dari mempelajari perilaku organisasi adalah sebagai berikut ini:
1. Perilaku Organisasi akan bertindak sebagai map untuk kehidupan anggota yang ada di dalam organisasi.
2. Melakukan penelitian yang sistematis dan berguna untuk memahami dan juga memprediksi kehidupan organisasi tersebut.
3. Perilaku organisasi akan membantu setiap individu dalam memahami perilaku mereka sendiri dan juga orang lain yang berada di dalam organisasi, sehingga bisa meningkatkan hubungan interpersonal antar setiap individu yang berada di dalam organisasi tersebut.
4. Membantu setiap manajer untuk bisa memahami dan juga memengaruhi lingkungan dan juga kejadian ataupun masalah yang ada pada organisasinya.
5. Analisa perilaku organisasi juga akan sangat membantu mencegah adanya masalah dalam organisasi.
6. Memberikan motivasi dasar pada setiap manajer agar bisa memberikan pengarahan dan mengontrol bawahannya secara lebih efektif.
7. Perilaku organisasi juga berguna untuk menjaga setiap hubungan industrial perusahaan.
8. Jika berbagai prinsip manajemen bisa diterapkan secara efektif di dalam organisasi, maka akan sangat membantu dalam hal memberikan motivasi pada karyawan dan juga mempertahankan mereka di dalam organisasi.


22. Umumnya, terdapat 4 elemen penting yang mampu mempengaruhi perilaku organisasi. Empat elemen yang mampu mempengaruhi organisasi adalah berasal dari internal organisasi dan eksternal organisasi. Uraikanlah !

Jawaban:
1. Manusia
Manusia adalah sistem sosial di dalam internal organisasi. Mereka terdiri dari individu ataupun kelompok tertentu. Artinya, kelompok tersebut bisa dalam jumlah yang kecil atau besar, informal atau formal, tidak resmi ataupun tidak resmi. Pada dasarnya, kelompok manusia ini sifatnya dinamis, artinya mudah dibentuk, berubah, dan juga bubar. Manusia yang membuat kelompok ini lalu akan mencoba berbagai cara agar bisa mencapai tujuan dan sasaran yang sudah dibuatnya. Sehingga, adanya organisasi akan membantu melayani setiap orang dan bukan orang yang ada untuk melayani organisasi tersebut.
2. Struktur
Struktur adalah hubungan pada setiap orang yang terdapat di dalam suatu organisasi. Mereka yang berada di dalam suatu organisasi tentu diberikan peran yang berbeda, dan mereka mempunyai hubungan tertentu dengan yang lainnya. Struktur ini kan mengarah pada pembagian kerja, sehingga setiap orang bisa melakukan tugas ataupun pekerjaannya agar bisa mencapai tujuan organisasi. Seluruhnya akan saling berkaitan agar bisa mencapai tujuan secara lebih terkoordinasi. Sehingga, struktur organisasi ini akan berkaitan dengan kekuasaan dan juga tugas. Mereka yang memiliki wewenang dan lainnya memiliki kewajiban untuk mematuhi wewenang tersebut.
3. Teknologi
Teknologi mampu menanamkan kondisi fisik dan juga ekonomi dimanapun orang bekerja. Sifat dari teknologi ini akan sangat tergantung dari sifat organisasi dan juga akan turut mempengaruhi pekerjaan ataupun kondisi kerja perusahaan. Sehingga, teknologi akan membawa efektivitas dan juga memberikan batasan setiap orang dengan berbagai caranya.
4. Sistem Sosial
Sistem sosial ini akan menyediakan lingkungan eksternal tempat organisasi bergerak. Sistem sosial ini akan memberikan pengaruh pada sikap orang, kondisi kerja dan yang paling penting adalah mampu memberikan persaingan untuk sumber daya dan juga kekuasaan.


23. Apa saja elemen elemen perilaku organisasi?

Jawaban:
Elemen Utama Perilaku Organisasi (Organization Behavior)
1. Kepemimpinanan
2. Budaya Perusahaan
3. Struktur organisasi
4. Metode komunikasi


24. Disiplin ilmu apa saja yang memberikan kontribusi dalam perilaku organisasi?

Jawaban:
Disiplin ilmu yang memberikan kontribusi terhadap perilaku organisasi maksudnya adalah perilaku organisasi merupakan bidang ilmu terapan yang dibentuk berdasarkan kontribusi dari sejumlah bidang yang berkaitan dengan perilaku. Bidang-bidang yang utama adalah psikologi dan psikologi sosial, sosiologi, dan antropologi


25. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang gerakan hubungan kemanusiaan dalam perkembangan perilaku organisasi?

Jawaban:
Gerakan hubungan kemanusiaan dalam perkembangan Perilaku Organisasi the human relations movement adalah suatu gerakan yang menitik beratkan pada penekanan hubungan kerjasama dalam sebuah organisasi dan semangat kerja yang tinggi atau moral dari karyawan.


26. Apa yang menyebabkan perbedaan perilaku manusia di dalam organisasi?

Jawaban:
Kepribadian, intelegensia, bakat dsb. pendidikan; agama; kebudayaan; lingkungan; dan sosial ekonomi. Faktor tersebut sedikit banyak mempengaruhi perilaku seseorang, begitu pula dalam perilakunya di sebuah organisasi.


27. Apa kendala yang sering dijumpai dalam proses perubahan organisasi?

Jawaban:
Diantara hambatan-hambatan perubahan yang perlu kita ketahui adalah: Karyawan kurang terlibat; gagal melibatkan karyawan dalam proses perubahan. Komunikasi tidak efektif; hanya mengeluarkan pengumuman dan strategi perubahan, sementara karyawan juga ingin tahu perihal dampak dari perubahan tersebut.


28. Apa yang ingin dicapai dalam pengembangan organisasi?

Jawaban:
Meningkatkan keharmonisan hubungan kerja antara pimpinan dengan karyawan. Meningkatkan kemampuan dalam problem solving. Semakin terbuka dalam berkomunikasi. Semangat kerja para anggotanya semakin meningkat


29. Apa saja karakteristik perilaku organisasi?

Jawaban:
Proses yang dimaksud adalah adanya interaksi yang berkaitan dengan interaksi yang terjadi antara anggota organisasi. Proses organisasi ini meliputi komunikasi, kepemimpinan, dan proses pengambilan keputusan dan kekuasaan, dalam sebuah organisasi.


30. Apa hubungan antara organisasi dengan perilaku?

Jawaban:
Perilaku dalam sebuah organisasi dipengaruhi oleh pendapat dan tingkah laku dari individu-individunya karena organisasi diisi oleh orang-orang. Di dalam organisasi bisa terdiri dari kelompok-kelompok yang bisa bertolak belakang sehingga memengaruhi identitas organisasi itu sendiri.


31. Pendekatan apa saja yang bisa di terapkan dalam mempelajari perilaku organisasi?

Jawaban:
Dengan adanya interaksi atau hubungan antar individu dalam organisasi, maka penelaahan terhadap perilaku organisasi haruslah dilakukan melalui pendekatan-pendekatan sumber daya manusia (suportif), pendekatan kontingensi, pendekatan produktivitas dan pendekatan sistem.


32. Apa saja ruang lingkup kajian perilaku organisasi?

Jawaban:
Terdapat beberapa ruang lingkup prilaku organisasi yakni sebagai berikut: Mempelajari perilaku manusia dalam organisasi melalui tiga tingkatan analisis. Tingkatan Individu : karakteristik bawaan individu dalam organisasi. Tingkatan Kelompok : dinamika perilaku kelompok dan faktor-faktor determinannya.