Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Soal (Essay) Sejarah Perekonomian Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sejarah Perekonomian

1. Apa yang dimaksud dengan sejarah perekonomian Indonesia?

Jawaban:
Sejarah perekonomian Indonesia merupakan suatu catatan penting untuk melihat bagaimana perkembangan Indonesia dalam perjalanan waktunya. Kondisi perekonomian Indonesia mengalami berbagai dinamika seiring perputaran waktu. Hal ini relevan diungkapkan sebagai bagian untuk mengetahui realita perekonomian Indonesia.


2. Apa yang dimaksud dengan sejarah ekonomi?

Jawaban:
Sejarah ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara fenomena ekonomi berubah dilihat dari sudut pandang historisnya. Analisis dalam sejarah ekonomi dilakukan menggunakan gabungan metode sejarah, metode statistik dan teori ekonomi terapan sampai peristiwa bersejarah.


3. Sejak kapan kegiatan ekonomi muncul?

Jawaban:
Ekonomi ada sejak manusia menciptakan, memasok, serta mendistribusikan barang atau jasa.


4. Siapa nama bapak ekonomi dunia?

Jawaban:
Pada 229 tahun yang lalu, lahir seorang tokoh ekonomi sekaligus filsuf yang cukup populer di dunia, yakni Adam Smith. Pemikiran dan karyanya sampai sekarang terus relevan dan menjadi bahan kajian generasi saat ini.


5. Kenapa lahir ilmu ekonomi?

Jawaban:
Ilmu ekonomi timbul karena membantu dalam pengambilan keputusan sehingga kegiatan yang dilakukan efektif dan efisien. Dengan Ilmu ekonomi kita dapat memahami kegiatan kegiatan ekonomi. Dengan Ilmu Ekonomi kita dapat memahami masalah-masalah internasional seperti ekspor impor


6. Siapa yang pertama kali menemukan istilah ekonomi?

Jawaban:
adam smith, Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani oikos yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan nomos, atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga."


7. Mengapa Adam Smith disebut sebagai tokoh ekonomi?

Jawaban:
sejauh ini dikenal sebagai Bapak Ilmu Ekonomi, karena jasanya yang telah mengubah ilmu ekonomi dari kategori filsafat spekulatif menjadi ilmu yang bersifat positivistik- empirisistik. 


8. Siapa bapak ekonomi di Indonesia?

Jawaban:
Karena berbagai jasanya, Bung Hatta juga disebut sebagai "bapak Kedaulatan Rakyat dan Bapak Ekonomi Rakyat".


9. Siapa bapak ekonomi klasik?

Jawaban:
Pemikiran David Ricardo berpengaruh besar terhadap perkembangan ilmu ekonomi di kemudian hari. Ekonom Amerika Serikat menempatkan Ricardo sebagai pemikir kedua yang paling berpengaruh dalam ilmu ekonomi sebelum abad ke-20, setelah Adam Smith. Secara teoretis, Ricardo dianggap sebagai bapak ekonomi klasik.


10. Apa saja teori ekonomi Adam Smith?

Jawaban:
Adam Smith mengemukakan teori bahwa mekanisme pencapaian tingkat kemakmuran dapat tercapai melalui kekuatan tangan tak terlihat (invisible hand), yaitu tanpa adanya campur tangan pemerintah, dimana mekanisme pasar akan menjadi alat alokasi sumber daya yang efisien.


11. Apa ciri ciri ekonomi klasik?

Jawaban:
Perekonomian memiliki sistem bebas berusaha, artinya secara otomatis kembali ke posisi seimbangan dengan sendirinya. Dalam terjadinya sistem, pemerintah tidak ikut campur tangan. Peran pemerintah adalah untuk menegakkan hukum dan membangun infrastruktur pendukung ekonomi.


12. Siapa tokoh teori pertumbuhan ekonomi modern?

Jawaban:
Teori pertumbuhan ekonomi ini sebenarnya merupakan perkembangan dari teori klasik yang telah lebih dulu diperkenalkan oleh Adam Smith. Tokoh yang mengemukakannya adalah dua ekonom senior bernama Robert Solow dan T. W. Swan


13. Siapa tokoh utama kapitalisme?

Jawaban:
Kelahiran kapitalisme dibidani oleh tiga tokoh besar, diantaranya; Adam Smith, Martin Luther, dan Benjamin Franklin. Kapitalisme sebagai pola perekonomian dunia terkait erat dengan sistem kolonialisme. Berdasarkan penemuan Karl Marx, sistem kapitalisme mulai dipraktekkan dipenghujung abad XIV dan awal abad XV.


14. Sistem ekonomi di dunia ada berapa?

Jawaban:
Secara umum sistem ekonomi terbagi menjadi empat, yaitu sistem ekonomi tradisional, sistem komando atau terpusat, sistem ekonomi pasar atau liberal, dan sistem ekonomi campuran.


15. Berapa fase kah perkembangan ekonomi Indonesia terbagi?

Jawaban:
INDONESIA mengalami tiga fase perekonomian di era Presiden Soekarno. Fase pertama yakni penataan ekonomi pasca-kemerdekaan, kemudian fase memperkuat pilar ekonomi, serta fase krisis yang mengakibatkan inflasi


16. Jelaskan sistem ekonomi apakah yang di pakai oleh bangsa Indonesia hingga masa reformasi?

Jawaban:
Ini adalah sistem ekonomi yang kita pakai sampai sekarang. Sistem ekonomi yang berlandaskan pasal 33 UUD 1945. Sistem ekonmi ini mengedepankan pihak pemerintah dan swasta dalam mengelola perekonomian.