Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

47 Soal (Essay) Sistem Keuangan Pusat dan Daerah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sistem Keuangan Pusat dan Daerah 

1. Bagaimana hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah?

Jawaban:
Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah adalah suatu sistem penyelenggaraan keuangan yang mengatur hak dan kewajiban keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah yang dilaksanakan secara adil, transparan, akuntabel, dan selaras berdasarkan undang- undang.


2. Apa yang dimaksud dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah?

Jawaban:
Perimbangan Keuangan antara Pemerintah dan Pemerintahan Daerah merupakan bagian pengaturan yang tidak terpisahkan dari sistem Keuangan Negara, dan dimaksudkan untuk mengatur sistem pendanaan atas kewenangan pemerintahan yang diserahkan, dilimpahkan, dan ditugasbantukan kepada Daerah


3. Mengapa Penting adanya perimbangan keuangan pusat dan daerah?

Jawaban:
Dana Perimbangan bertujuan mengurangi kesenjangan fiskal antara Pemerintah dan Pemerintahan Daerah dan antar-Pemerintah Daerah. Pinjaman Daerah bertujuan memperoleh sumber pembiayaan dalam rangka penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah.


4. Bagaimana siklus yang berlangsung dalam pengelolaan keuangan daerah?

Jawaban:
Siklus pengelolaan keuangan daerah merupakan suatu rangkaian proses pengelolaan keuangan daerah yang dimulai dari penganggaran yang ditandai dengan ditetapkannya apbd, pelaksanaan dan penatausahaan atas apbd, serta pertanggungjawaban pelaksanaan apbd


5. Dari mana sumber keuangan daerah?

Jawaban:
Sumber pendapatan daerah terdiri atas sumber-sumber keuangan, sebagai berikut: Pendapatan Asli Daerah (PAD), meliputi pajak daerah, hasil retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lainnya. Dana Perimbangan, meliputi Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus


6. Bagaimana cara pemerintah daerah dalam mempertanggung jawabkan keuangan daerah?

Jawaban:
Upaya pemerintah daerah dalam mempertanggung jawabkan keuangan daerah adalah dengan memberikan laporan setiap triwulan kepada DPRD dan setiap tahun anggaran berakhir.


7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keuangan daerah?

Jawaban:
Berdasarkan PP 12 tahun 2019 yang dimaksud dengan Keuangan Daerah adalah semua hak dan kewajiban Daerah dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang dapat dinilai dengan uang serta segala bentuk kekayaan yang dapat dijadikan milik Daerah berhubung dengan hak dan kewajiban Daerah tersebut.


8. Siapa yang mengelola keuangan daerah?

Jawaban:
Pejabat Pengelola Keuangan Daerah yang selanjutnya disingkat PPKD adalah kepala satuan kerja pengelola keuangan daerah yang mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan APBD dan bertindak sebagai bendahara umum daerah.


9. Apa saja yang meliputi ruang lingkup keuangan daerah?

Jawaban:
Ruang lingkup keuangan daerah meliputi : hak daerah untuk memungut pajak daerah dan retribusi daerah serta melakukan pinjaman, kewajiban daerah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah dan membayar tagihan pihak ketiga, penerimaan daerah, pengeluaran daerah, kekayaan daerah yang dikelola sendiri


10. Bagaimana sistem pencatatan yang digunakan pada sistem akuntansi keuangan daerah?

Jawaban:
Dalam sistem akuntansi keuangan daerah, terdapat tiga metode pencatatan, yaitu Single entry, Double entry dan Triple entry.


11. Mengapa pengelolaan keuangan daerah sangat penting?

Jawaban:
Pentingnya posisi keuangan daerah bagi permerintah daerah dalam membiayai berbagai kegiatan program pembangunan dalam rangka pemerataan dan laju pertumbuhan daerah yang seimbang dan sesuai dengan kemampuan keuangan daerahnya, maka paling tidak daerah tersebut harus mampu menutupi belanja rutinnya dengan pendapatan asli


12. Mengapa pengelolaan keuangan daerah harus dilakukan?

Jawaban:
Tujuan pengelolaan keuangan daerah adalah keinginan untuk mengelola keuangan daerah secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat.


13. Apa yang dimaksud dengan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat?

Jawaban:
Pengertian dari Laporan Keuangan Pemerintah Pusat itu sendiri adalah laporan keuangan yang dibuat oleh Pemerintah Pusat dalam rangka transparansi dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).


14. Mengapa pemerintah memakai sistem akuntansi pemerintah daerah?

Jawaban:
Adapun manfaat penerapan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah (SAPD) berdasarkan standar akuntansi pemerintahan yaitu bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan keandalan pengelola keuangan pemerintah melalui penyusunan dan pengembangan standar akuntansi.


15. Mulai kapan pemerintah pusat mempunyai laporan keuangan jelaskan alasannya?

Jawaban:
LKPP diterbitkan setiap tahun, dan pertama kali diterbitkan pada tahun 2004 sejak Indonesia merdeka sebagai bentuk pertanggungjawaban keuangan pemerintah. LKPP disusun oleh Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan Indonesia.


16. Mengapa pemerintah daerah melakukan pencatatan akuntansi?

Jawaban:
Salah satu tujuan akuntansi keuangan daerah adalah untuk menyediakan informasi keuangan dalam bentuk laporan keuangan yang lengkap, cermat, akurat dan transparan sehingga dapat menyajikan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat digunakan sesuai kebutuhan para pengguna laporan keuangan